Day 12: 5 Tips Hidup Sehat Versi Ratna

Day 12: 5 Tips Hidup Sehat Versi Ratna

Tips hidup sehat versi saya sendiri? Waduh…tema yang satu ini cukup berat buat saya. Alasannya karena saya merasa belum hidup cukup sehat hingga saat ini. Masih banyak kebiasaan-kebiasaan kurang sehat yang kadang-kadang saya lakukan hehe..

Tapi baiklah. Saya coba aja dulu. Barangkali dengan menulis tips hidup sehat ini, saya menjadi lebih termotivasi untuk hidup lebih sehat lagi.

Berikut ini 5 tips hidup sehat versi Ratna. Selamat menyimak yaa…

1. Tips hidup sehat yang pertama : rutin berolah raga

Saya punya kebiasaan baru. Well… sebenarnya belum jadi kebiasaan sih. Lebih tepatnya berusaha membiasakan diri 😀

Kurang lebih selama 1 bulan terakhir ini, saya suka olah raga jalan kaki di treadmill selama 10-15 menit setiap pagi. Ini saya lakukan hampir setiap hari, kecuali saat saya puasa senin – kamis.

Saya sengaja membeli treadmil manual, bukan otomatis. Alasannya selain harganya lebih ekonomis, ada energi ekstra yang dikeluarkan saat berjalan kaki di treadmill manual. Tidak heran, meski hanya 15 menit berjalan kaki di treadmill dengan kecepatan sedang, keringat saya bisa bercucuran membuat kaos yang saya pakai lembab oleh keringat.

tips hidup sehat

2. Tips hidup sehat yang kedua : memperbanyak minum air putih

Kebiasaan minum air putih minimal 8 gelas per hari kelihatannya mudah, tapi pada kenyataannya cukup sulit bagi saya. Saya seringkali lupa minum. Sepagian sibuk persiapan anak sekolah, tau-tau sudah jam 9, baru teringat kalo saya belum minum barang satu gelaspun.

Kebiasaan inilah yang mau saya ubah. Sedikit demi sedikit saya mulai membiasakan diri rajin minum air putih, sesuai dengan jadwal agar mendapatkan manfaat yang optimal.

Berikut ini jadwal minum air putih yang tepat:

  • segera setelah bangun tidur, membantu mengaktifkan organ-organ internal dan membantu mengeluarkan racun dari dalam
  • sebelum mandi pagi, membantu menurunkan tekanan darah
  • jam 9 pagi, menambah asupan cairan tubuh
  • sebelum makan siang, membantu proses pencernaan
  • sesudah makan siang, membantu penyerapan zat zat gizi
  • sebelum mandi sore, membantu menurunkan tekanan
  • sebelum makan malam, membantu proses pencernaan
  • sesudah makan malam, membantu penyerapan nutrisi
  • sebelum tidur, mencegah dehidrasi saat tidur.

3. Tips hidup sehat yang ketiga : pola makan sehat

Meski kadang-kadang masih suka melanggar, saya berusaha menjaga pola makan yang sehat dengan mengurangi gula dan pati, memperbanyak makan buah dan sayuran, berhenti minum minuman bersoda, dan mengurangi makan makanan olahan kemasan.

Bagi penikmat jengkol dan petai seperti saya, rasanya sulit untuk tidak makan nasi sama sekali.  Pantang menolak undangan liwetan dong ah hahaha…Tapi alhamdulillah sedikit demi sedikit porsi nasi mulai bisa dikurangi. Kadang-kadang saya juga tidak makan nasi saat makan malam.

Saya usahakan kalau masak dalam porsi kecil untuk sekeluarga, agar tidak ada makanan berlebih untuk dihangatkan keesokan harinya. Sehingga makanan yang disajikan untuk keluarga selalu dalam keadaan segar baru dimasak.

Saya juga suka mencoba membuat makanan olahan sendiri, untuk mengurangi bahan pengawet yang ada dalam makanan olahan dalam kemasan. Membuat fillet ayam goreng crispy sebagai pengganti nugget ayam adalah salah satunya.

Tapi kadang-kadang masih kepingin ngemil juga sih. Apalagi kalo camilannya unik macam Ciomy dan Banarolla yang alami dan bebas pengawet, jualan saya di Toko Camilan Bidadarishop. Godaannya mana tahaann 😀

4. Tips hidup sehat yang keempat : keep positive

Saya berusaha selalu positif dalam segala hal. Misalnya berada dalam lingkungan yang positif  dengan menjauhkan diri dari orang-orang yang memiliki sikap negatif,  tidak hanya dalam kehidupan nyata tetapi juga di sosial media.

Lebih banyak meluangkan waktu membaca buku-buku atau artikel yang memotivasi dan menginspirasi. Kalaupun lagi menghibur diri dengan menonton drama Korea, berusaha mengambil nilai-nilai baik dan positif dari kisah drama tersebut. Tidak semata-mata hiburan saja.

Ada satu hal lagi yang menurut saya harus dilakukan dalam menjaga lingkungan yang positif. Yaitu menahan diri untuk tidak menyebar hoaks, atau berkomentar julid, mencela atau menghina orang lain yang berbeda pendapat dengan kita di sosial media. Terutama pada saat situasi sekarang yang mulai memanas karena mendekati pemilu.

5. Tips hidup sehat yang kelima : memperbanyak ibadah

Yang terakhir ini yang paling utama menurut saya pribadi. Meningkatkan ibadah dalam rangka ketakwaan kita kepada Allah SWT. Memohon doa agar diberikan kesehatan dan keselamatan bukan hanya untuk diri pribadi, tetapi juga untuk keluarga, masyarakat dan juga bangsa dan negara kita tercinta ini.

Berdoa agar diberikan rizki yang halal, yang banyak, yang berkah agar bisa beribadah dengan sebaik-baiknya. Sebab apalah gunanya hidup sehat, umur panjang tapi tidak barokah karena tidak menjalankan perintah Allah dan Rasul-Nya.

Pada saat melakukan aktivitas lain di luar ibadah, saya usahakan juga untuk selalu ingat kepada Allah. Misalkan ketika sedang olah raga, agar bernilai ibadah, saya berdzikir sambil mendengarkan ceramah agama, dalam mengiringi langkah-langkah saya di treadmill. Setelahnya, badan saya menjadi lebih segar dan saya jadi lebih bersemangat untuk menjalankan aktivitas pada hari itu.

Ketika memasak, saya berdoa agar makanan yang saya sajikan untuk keluarga menjadikan sebab tubuh menjadi lebih sehat dan semangat ketika beribadah.

Tips yang terakhir ini terutama untuk menasehati dan pengingat bagi saya pribadi. Tidak ada maksud sedikit pun untuk menggurui orang lain. Sebab siapa lah saya, hanya seorang ibu rumah tangga biasa yang ingin menjadi pribadi yang lebih bermanfaat, istri sholehah dan ibu yang baik bagi kedua anak-anak saya.

Nah, itu tadi 5 tips hidup sehat versi Ratna. Versimu sendiri gimana?

Catatan; Tulisan ini adalah artikel ke-12 dari 30 hari tantangan untuk menulis blog dari Blogger Perempuan Network. #bloggerperempuan #Day12 #BPN30DayChallenge2018

YOU MIGHT ALSO LIKE

  • Lelly A. Fitriana
    December 10, 2018

    mbak, beli treathmillnya di mana? kok jadi kepingin punya di rumah

  • niklosebelas
    December 1, 2018

    (((Terutama pada saat situasi sekarang yang mulai memanas karena mendekati pemilu))) –> saya sampe harus unfollow temen dan sodara gara-gara politik ini. Risih aja liat timeline isinya saling tuding sana-sini. zzzz

    • mbaratna
      December 3, 2018

      betul sekali, sama saya juga begitu mas

  • Ewafebri
    December 1, 2018

    Terima kasih Tips meminum airnya mbak . Saya harus bookmark kayaknya.. saya susah minum air putih

    • mbaratna
      December 3, 2018

      sama-sama mbak, senang bisa membantu 🙂

Leaver your comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.