Saus Teriyaki Buatan Sendiri

Saus Teriyaki Buatan Sendiri

Ceritanya ini lagi kepingin banget makan beef teriyaki yang banyak bawang bombay dan paprikanya. Tapi kebanyakan saus teriyaki yang ada di pasaran mengandung MSG di dalam bahan pembuatnya. Hanum kan alergi MSG jadi ga bisa makan dong nantinya.

Kemudian saya cari-cari di Google bagaimana cara membuat saus teriyaki sendiri. Ada sih beberapa tapi bahannya menggunakan kecap jepang yang saya tau belum ada label halal di kemasannya.

Akhirnya saya coba-coba sendiri, menggabungkan beberapa resep jadi satu dan inilah hasilnya. Saus teriyaki ala mbaratna yang tak kalah sedapnya 😀

Saus Teriyaki Buatan Sendiri

Bahan:

½ cangkir kecap manis
½ cangkir kecap asin
4 sdm gula merah
½ sdm jahe parut
3 siung bawang putih parut
1 cup nenas parut
1 sdm air jeruk nipis
1 sdm tepung maizena

Cara membuat:

  • Campurkan kecap manis dan kecap asin di dalam panci, didihkan.
  • Masukkan gula merah, bawang putih, dan jahe, biarkan mendidih selama 15 menit.
  • Masukkan nenas dan air jeruk nipis, aduk rata.
  • Cairkan tepung maizena dengan sedikit air, tuang ke dalam campuran kecap, aduk hingga mengental.
  • Tambahkan air secukupnya untuk mengurangi rasa asin.

Saus teriyaki ini dapat dipakai untuk merendam daging. Biarkan 15-30 menit hingga bumbu meresap lalu daging ditumis dengan bawang bombay dan paprika.

Daann ini dia hasilnya..tadaaaa 😀

Gunakan saus teriyaki buatan sendiri secukupnya dan simpan kelebihannya di dalam lemari pendingin untuk dipakai sewaktu-waktu.

Selamat mencoba 😀

Baca juga : Ayam Saus Kedelai

YOU MIGHT ALSO LIKE

  • bundanya zayb
    May 26, 2016

    terimakasih mbak infonya. sangat bermanfaat sekali. barokallohu fiik

    • mbaratna
      September 4, 2016

      @bundanya zayb, sama-sama bun 🙂

  • betty
    April 19, 2016

    salam kenal mbak Ratna, makasih ya resepnya, seandainya saus ini saya pakai untuk bikin sosis kir2 bisa ga ya ? beberapa kali nyoba bikin sosis rasa teriyaki tapi wktu di open pada rontok semua

    • mbaratna
      May 18, 2016

      Dicoba aja mbak hehe..

  • novi
    July 19, 2013

    mba,u nanas 1 cup itu skitar brp ukurannya? Makasih

    • mbaratna
      July 20, 2013

      @novi, kira-kira 100-150 ml

  • Anisa
    July 1, 2013

    kecap asin non msg merk apa ya? 🙂

    • mbaratna
      July 3, 2013

      @Anisa, sepertinya komunitas organik ada yg jual, coba aja googling
      kalo saya suka bikin sendiri, kecap manis + garam kasih air

  • andri
    June 2, 2013

    makasih resepnya mba 🙂

    • mbaratna
      June 3, 2013

      @andri, sama-sama yaaa 🙂

  • nora puspita
    May 26, 2013

    wah asiikkk…. mau coba aahh

    • mbaratna
      June 3, 2013

      @nora, silahkaaan 🙂

  • luhur
    May 19, 2013

    mb.. ane mau cba resep tw buat dijual ma batagor keren kan

    • mbaratna
      May 20, 2013

      @Luhur, emang enak ya batagor di cocol saus teriyaki hehe

  • maria
    May 18, 2013

    mba, mau tanya kalau nanasny boleh diganti tdk? Kalau tdk pakai nanas gantiny apa? Trims

    • mbaratna
      May 18, 2013

      @maria, heemmm..belom pernah nyoba pake buah lain
      mungkin bisa dicoba dengan buah yg mirip karakteristiknya sama nanas? silahkan berkreasi sendiri siapa tau lebih oke jadinya 🙂

  • daun bidara
    May 7, 2013

    emang gak disalahin, tapi lidahnya bisa salah nantinya. hehehhe
    Salam kenal Mbak Ratna

    • Ratna
      May 7, 2013

      salam kenal @daun bidara
      makasih atas kunjungannya yaaa 🙂

  • Rakhel
    March 31, 2013

    Mbak,

    1/2 cangkir itu kira2 brp ml ya? Soalnya ukuran cangkir kan beda2 takut salah 🙂 makasih

    Resepnya berguna sekali krn saya jg tdk konsumsi MSG

    Makasih

    • mbaratna
      April 3, 2013

      @Rakhel, kira-kira 100-150 ml
      tenang aja ga akan disalahin kalo beda juga hehe

  • Ratna
    January 24, 2013

    @al-hasna, saya belum pernah buat dengan bahan selain nanas. Silahkan dicoba sendiri aja yaa 🙂

  • al-hasna
    January 22, 2013

    untuk nenasnya bisa di ganti yg lain ga ya?

  • NITA
    October 20, 2012

    mba..salam kenal
    mau nanya klo saos ini bisa lngsung dipake utk cocolan? ato khusus utk olahan spt daging?ayam yg dimasak lg ?
    tq

    • mbaratna
      October 23, 2012

      @Nita, aku belom pernah coba sih dicocol langsung, mungkin bisa juga kalo Nita mau coba-coba, nanti mampir sini lagi kalo udah nyoba yaaa 🙂

  • astri
    October 18, 2012

    mba, kalo disimpan di kulkas, sausnya tahan berapa lama ya?

    • mbaratna
      October 18, 2012

      @Astri, aku pernah simpan sampai 2 bulan masih bisa dipake

  • Nieken
    July 12, 2012

    Salam kenal mb Ratna….

    Makasiy utk resep saus teriyakinya….

    Rgds,
    Nieken

Leaver your comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.