Cake Tape Singkong

Seperti biasa, kalo lagi buntu ga ada ide mau nulis apa, saya mau bagi-bagi resep makanan aja. Kali ini saya bikin Cake Tape Singkong. Bikinnya gampang banget. Rasanya? Jangan ditanya. Pasti enak dong. Makin disayang suami deh pokoknya. Hehehe…

Yuk mulai mencatat yaaa

Tuna Kukus Saus Wijen

Masakan ini merupakan salah satu favorit keluarga saya. Mudah makannya karena bebas duri. Mudah pula pengolahannya. Praktis, cepat dan ngga ribet.

Rasanya gurih dengan aroma khas daun kemangi. Bila suka pedas dapat ditambahkan irisan cabe rawit sehingga bercita rasa pedas yang menggugah selera.

Tidak percaya? Buktikan sendiri deh!

Kue Serabi Gulung

:cendolbig Seperti yang sudah saya janjikan di artikel sebelumnya (lihat Generasi Google ala Mba Ratna), kali ini saya mau berbagi resep hasil googling. Namun dengan resep modifikasi seperti yang biasa saya lakukan.

Ini memang kebiasaan saya. Kalau lagi timbul hasrat ingin ngemil tapi ngga ada camilan untuk dimakan. Maka saya aduk-aduk isi lemari dapur melihat bahan-bahan yang ada, lalu mencari ide makanan apa yang sesuai dengan bahan-bahan tersebut di Google.

Martabak Manis

Waduh..pagi-pagi begini langit mendung. Hawanya bikin males ngapa-ngapain. Biasanya nih…kalau udara dingin seperti sekarang anak-anak bawaannya lapar melulu. Termasuk ibunya sih hehehe… Jadi saya bongkar-bongkar isi lemari dapur. Kira-kira ada bahan apa aja ya untuk dibuat cemilan. Hmm…setelah dilihat-lihat ternyata oke juga nih kalau membuat martabak martabak. Resepnya saya dapat darimana lagi kalau bukan hasil googling.  Dan pastinya sudah saya modifikasi sedikit 🙂

Kali ini saya sertakan fotonya. Memang bukan foto asli martabak yang saya buat sendiri tapi saya copy dari blog Resep Masakan Lengkap. Maaf ya, solanya saya merasa artikel ini jadi garing tanpa foto. Ibarat masakan kurang garam, rasanya jadi tidak sedap kan. Mudah-mudahan kamera digital saya yang rusak bisa cepat diganti.  Langsung saja yuk.

Sup Ikan Sedap Pedas

Sejak lama saya ingin membuat sup ikan tapi saya belum berani. Lho kok mau masak aja butuh keberanian segala hehe… Soalnya dilihat dari bahan dasarnya aja ikan, sudah terbayang lebih dulu bau amis dan lendir  dalam supnya…ih no way!

Tapi setelah mencoba makan sup ikan buatan Mas Bambang, kakak iparku yang hobi masak…persepsiku berubah total. Ternyata kok seger ya. Mungkin karena rasanya yang pedas dan tercium aroma khas daun kemangi. Bau amis ikan tidak tercium sama sekali.

Ayam Bumbu Hijau

Resep Ayam Bumbu Hijau saya peroleh dari Oma-nya Lula, temen Hanum di Bimba AIUEO. Dapet resepnya sih udah sebulan lalu tapi baru sempet saya praktekkan sekarang. Karena di resep aslinya Oma tidak mencantumkan takaran bumbu maupun daging ayamnya, jadi saya modifikasi sendiri deh resepnya.

Hasilnya??? Wuiihh..muantabss… Sayangnya ga ada fotonya, berkat Zhafif yang sudah merusakkan kamera digital miniku…hiks

Mangga dicoba 🙂

Crunchy Curma Cake

Saya bikin kue ini khusus untuk keponakan saya, Bram,  yang mengalami kecelakaan lalu lintas beberapa bulan lalu. Waktu itu saya ga bisa ikut nengok Bram di rumah sakit, sebagai gantinya saya kirimkan kue ini melalui kakak ipar saya yang pergi kesana. Saya buat kue ini dari bahan-bahan yang ada di rumah. Ide awalnya sih mau bikin brownies, memang mirip dikit sih cuma saya tambahkan kurma dari hasil bongkar-bongkar isi kulkas. Hasilnya ya gitu deh, saya ga nyicipin sih tapi katanya mah enak hehe..

Roti Isi Kukus

Roti kukus ini merupakan modifikasi resep cake dengan sedikit telur. Cara pembuatan pada resep aslinya sih dengan dipanggang, namun kemudian setelah beberapa kali praktek saya mencoba untuk mengukus alih-alih memanggang. Ternyata hasilnya malah lebih lembut dan empuk. Anak-anak dan suami saya suka banget dan makanan ini menjadi makanan favorit mereka. Kalau saya bikin sekejap aja sudah ludes dilahap. Roti unyil aja kalah deh hehe…

Puding Kacang Hijau

Waktu saya pulang mudik kemarin ke kampung halaman Bapak-Ibu mertua saya di Caruban-Bulak, Karanganyar Kebumen, bertepatan waktunya dengan panen raya kacang hijau. Jadi sepulangnya dari kampung, saya dibawakan oleh-oleh kacang hijau sekarung kecil. Setelah saya timbang ternyata ada sekitar7 kg-an. Wuih banyak banget! Sampe sekarang tu kacang ijo masih aja numpuk di bawah tangga. Padahal sebagian udah saya bagi-bagi dan sebagian lagi di masak jadi bubur kacang ijo, tetap belum habis juga.

Saya bingung juga, selain dimasak jadi bubur dimasak apalagi yang enak ya? Setelah browsing di mbah Gugel akhirnya saya dapat resep istimewa juga dari Majalah Sedap. Rencananya besok akan saya masak untuk teman berbuka puasa. Mudah-mudahan seenak penampilannya 🙂