Resep Masakan Khas Ramadhan So Good Sosis Saus Manis

Resep Masakan Khas Ramadhan tahun ini cukup banyak diwarnai dengan masakan serba praktis dan cepat.  Ga cuma untuk menu berbuka, tetapi juga menu untuk sahur setiap hari di bulan Ramadhan.

Apalagi Ramadhan tinggal beberapa hari lagi. Sudah mulai malas masak hehe… Sudah beberapa hari ini saya selalu beli di luar, terutama makanan untuk berbuka. Malah kalau diingat-ingat lagi, rasanya saya baru sekali masak kolak biji mutiara. Itu pun akhirnya saya sulap jadi es podeng karena ga laku hehe.

Menu Buka Puasa Dengan Kebab dan Pizza Roll

Menu buka puasa Ramadhan tahun ini tidak banyak berbeda dengan Ramadhan tahun-tahun sebelumnya. Seperti biasanya saya mengutamakan selera anak-anak saat mengatur menu buka puasa.

Anak-anak cenderung memilih makanan yang bercita-rasa asin dan gurih untuk menu buka puasa dibanding berbuka dengan makanan yang manis-manis. Mungkin karena efek lapar ingin memuaskan nafsu makan yang tertahan seharian.

Sudah 14 hari berpuasa, menu buka puasa yang paling sering saya buat adalah kebab. Kebetulan saya sudah punya langganan tempat beli kulit kebab yang enak. Beli 1 pak isi 20 lembar kulit kebab bisa habis hanya dalam 4-5 hari aja.

Cara membuatnya juga mudah. Isiannya bisa apa aja tergantung persedian yang ada. Kadang sosis, atau ayam suwir. Dicampur dengan mayones atau saus yogurt favorit saya lalu tambahkan sayuran. Dalam waktu sebentar saja kebab sudah siap disajikan sebagai menu buka puasa.

Bosan dengan menu kebab hampir setiap hari, sekali waktu saya buat Pizza Roll untuk menu buka puasa. Gara-garanya sih pergi ke supermarket yang ada counter makanan jadi-nya. Waktu itu pas banget lagi bikin pizza.

Mencium sedapnya aroma pizza membuat saya jadi ngiler ingin membuat sendiri di rumah. Kebetulan bahan-bahan yang dibutuhkan juga tersedia lengkap. Cari-cari resep pizza di cookpad ketemu resep yang gampang disini.

Sengaja saya pilih Pizza Roll karena pengen roti pizza yang tebal tapi empuk. Langsung deh saya eksekusi.

Setelah jadi adonan kulit pizza saya ratakan di loyang.

Menu Sahur Dengan Susu Kocok Campur Oat dan Kurma

Menu sahur di bulan Ramadhan tahun ini agak berbeda dengan Ramadhan tahun-tahun sebelumnya. Biasanya saya mengkonsumsi nasi lengkap dengan lauk pauknya untuk sahur.

Ramadhan kali ini saya rutin minum shake dari campuran oat, kurma dan susu UHT (kadang-kadang diganti susu kedelai) untuk menu sahur.

Dari beberapa referensi yang saya baca, oat termasuk salah satu jenis bahan makanan terbaik untuk sahur. Kenapa? Berikut ini beberapa alasannya.

  • Oat itu bahan makanan yang sangat baik untuk di konsumsi karena memiliki kandungan protein dan serat larut yang paling tinggi. Karena kandungan serat larutnya, maka fungsi oat seperti sponge yang bisa menyerap kolesterol jahat dalam darah.
  • Kandungan serat oat yang tinggi, akan menimbulkan efek kenyang lebih lama, sehingga lebih tahan lapar bila dibanding dengan memakan makanan olahan yang berbahan dasar tepung gandum atau nasi yang berbahan dasar beras. Maka wajar saja jika oat ini dianjurkan untuk orang yang sedang menjalankan program diet sehat atau puasa.
  • Oat termasuk sumber karbohidrat kompleks yang memiliki nilai GI (Indeks Glikemik) rendah. Indeks Glikemik (GI) adalah nilai yg diberikan untuk makanan kaya karbohidrat berdasarkan efeknya pada gula darah. Pada proses metabolisme, tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna dan menyerap karbohidrat kompleks, sehingga menyebabkan pankreas dapat bekerja lebih lambat.

Pada akhirnya, kadar gula darah dan tingkat insulin menjadi lebih stabil dan ini tentunya tidak hanya baik bagi penderita diabetes,

Kumpulan Resep Kue Nastar Enak dan Istimewa Untuk Lebaran

Resep kue nastar paling dicari terutama di bulan Ramadhan seperti sekarang ini. Pasalnya kue nastar merupakan salah satu jenis kue kering yang umum disajikan pada saat lebaran. Kue dengan isian selai nanas ini menjadi kue khas lebaran yang wajib ada disamping hidangan lebaran lainnya.

Meski demikian, saya pribadi jarang bikin kue nastar sendiri. Biasanya saya beli hanya 1-2 toples sebagai syarat wajib ada di rumah aja hehe. Penyebabnya anak-anak dan pak suami kurang suka dengan kue nastar karena mereka tidak suka dengan selai nanas.

Kumpulan Resep Nasi Goreng Enak

Bosan dengan resep nasi goreng yang cuma itu-itu saja? Sama dong dengan saya. Resep nasi goreng adalah menu paling sering yang saya buat untuk sarapan. Biasanya untuk memanfaatkan sisa nasi semalam. Daripada dibuang kan sayang.

Makanya di rumah selalu sedia telur untuk resep nasi goreng standar. Palingan tambahannya ayam suir atau sosis, dengan bumbu standar juga yakni bawang merah iris dengan kecap manis.

Puding Pisang Selai Kacang Skippy

Saya selalu sedia selai Skippy di rumah, tapi biasanya cuma dikonsumsi sebagai pelengkap makan roti. untuk sarapan. Baru tau ternyata banyak sekali cara untuk menikmati lezatnya selai Skippy, ketika saya menerima penawaran Skippy Blog Competition dari Blogger Perempuan Network.

Tanpa pikir panjang saya langsung daftar untuk mengikuti kompetisi tersebut. Menang atau kalah tidak jadi soal. Yang penting saya bisa menyalurkan kreativitas saya dalam hal mengolah makanan.

Meski tidak berharap menang juara 1 dengan hadiah uang 5 juta rupiah. Minimal saya bisa dapat hadiah hiburan Voucher MAP senilai Rp 300.000,-. Itu aja sudah senang banget. Kalo dapet kan lumayan bisa ngajak anak-anak makan di luar sesekali  Ngarep juga dink hehee…

Praktek Membuat Roti Boy Nasi Merah

Punya sisa nasi banyak hampir sebaskom, bingung mau diapain. Karena bocah lanang lagi suka jajan roti boy di kedai roti dekat rumah, akhirnya kepikiran buat roti dari nasi. Bosen juga kan mengolah sisa nasi jadi pempek atau siomay melulu.

Cari-cari deh di google resep roti nasi ketemu disini.  Trus dikasih topping ambil dari salah satu resep roti boy di cookpad.

Awalnya agak sangsi adonan rotinya bakal mengembang sempurna. Pasalnya, ragi yang dipakai sudah lama tersimpan di lemari dapur. Khawatirnya si ragi sudah tidak aktif, apalagi setelah saya coba campur dengan gula dan air hangat tidak muncul buih seperti yang diharapkan.