Diet GM Hari Keempat

Diet GM hari keempat berhasil saya lalui dengan lancar. Alhamdulillah.

Secara teknis sih ga kelaparan. Tapi godaannya luar biasa 😀 dibanding diet GM hari ketiga kemarin.

Pasalnya siang tadi Zhafif minta dimasakin mie goreng instan. Tau sendiri aroma sedapnya kayak apa. Apalagi saya jarang makan mie instan kalo ga bener-bener kepengen. Kebetulan sudah lama sekali sejak saya terakhir makan mie instan. Jadi sempet ngiler juga hehe…

Untungnya masih bisa ditahan. Tapi godaan berikutnya saya hampir aja gagal bertahan.

Diet GM Hari Ketiga

Di hari ketiga ini saya tepar seharian. Bukan karena diet GM, tetapi karena flu berat sejak kemarin. Kepala rasanya berat dan pusing. Begitu tugas pagi selesai, saya tiduran hampir sepanjang hari.

Untungnya Zhafif lagi mau naik sepeda ke sekolah, jadi tugas antar jemput hari ini libur dulu. Tugas jemput Hanum pun saya alihkan ke Gojek. Alhamdulillah ada ojek online, nyari ojek aja bisa sambil rebahan di tempat tidur 😀

Diet GM hari ketiga lumayan lancar. Berhubung diet GM hari ketiga jatuh pada hari Kamis, giliran saya puasa, saya ga kelaparan seperti pada diet GM hari pertama dan kedua hari sebelumnya. Padahal sahur cuma dengan 1 buah mangga dan segelas air putih saja.

Diet GM Hari Kedua

Alhamdulillah, kondisi saya setelah melakukan Diet GM di hari kedua lebih baik dibanding diet GM hari pertama kemarin.

Diet GM di hari kedua ini saya tidak terlalu kelaparan seperti hari kemarin. Ini mungkin karena di hari kedua saya dianjurkan untuk makan sayuran yang mengandung banyak serat sehingga membuat rasa kenyang lebih lama.

“Nafsu’ makan saya juga lebih bisa dipuaskan karena olahan sayuran lebih bervariasi. Selain bisa dimakan mentah, sayuran juga bisa ditumis atau direbus dan diberi bumbu sehingga rasanya lebih enak. Kalaupun dibuat jus sayuran, saya menambahkan sedikit garam biar ada rasanya.

Diet GM Hari Pertama

Sejak saya mencapai usia 40 tahun setahun lalu, saya mulai merasa tidak nyaman terutama soal berat badan yang semakin bertambah.

Sebelum usia 40 tahun, berat badan saya stabil di angka normal 50kg. Kadang-kadang naik sampai 52kg. Namun biasanya bisa kembali normal dengan sarapan segelas Nutrishake di pagi hari dan berenang seminggu sekali.

Mengatasi Susah Buang Air Kecil

Saat saya mengantar Zhafif  ke dokter gigi minggu yang lalu, ga sengaja saya bertemu teman yang sudah lama ga bertemu.

Setelah ngobrol panjang lebar kesana kemari, saya diberitahu bahwa teman saya itu menderita kesusahan saat buang air kecil atau sering dikenal dengan penyakit anyang-anyangan.

Saya pribadi belum pernah mengalami anyang-anyangan…haduuuh jangan sampai deh…

Bersahabat Dengan Jerawat Berkat Derma Angel

Jerawat. Masalah kulit yang satu ini sudah menjadi bagian dari rutinitas perawatan harian kulit saya. Sejak masih gadis remaja dulu hingga sekarang sudah mencapai kepala empat ini, jerawat selalu setia menghiasi wajah saya, terutama ketika saya sedang datang bulan.

Kadang muncul sebagai jerawat kecil yang tak mengganggu. Menempel dengan imutnya di area sekitar dahi dan dagu. Lalu bekasnya menghilang tanpa ragu.

Lain hari muncul sebagai jerawat batu yang membengkak dan memerah. Kadang suka saya pencet hingga pecah dan berdarah. Akhirnya saya cuma bisa pasrah.

Pemanfaatan Buah dan Sayuran

Sabtu kemarin Grup WA Belajar Hidroponik Ikatan Alumni IPB bikin kegiatan lagi. Kali ini temanya pengolahan buah dan sayuran untuk dibuat minuman sehat.

Sayangnya saya berhalangan datang, tapi baiknya teman-teman yang hadir berbagi ilmunya di grup. Supaya ga lupa, saya tulis ulang disini.

 

Tips Diet Sehat Ala Rasulullah

Menyambung dari tulisan saya tentang Mengapa Buah Tidak Boleh Dikonsumsi Bersama Susu, ternyata ini merupakan kebiasaan diet Rasulullah  yang sudah dilakukannya sejak berabad-abad yang lalu, jauh sebelum ada penjelasan ilmiah mengenai hal ini.

Diet Rasulullah menyebabkan beliau Rasulullah SAW tak pernah sakit perut sepanjang hayatnya karena pandai menjaga makanannya sehari-hari.

Kebetulan saya dapat info dari siaran di grup Whatsapp yang menjelaskan tentang Tips Diet Rasulullah yang Insya Allah kalau Anda ikut diet Rasulullah ini, Anda takkan menderita sakit perut ataupun keracunan makanan.

Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Limbah Rumah Tangga

Salah satu ilmu baru yang saya dapatkan saat belajar menanam hidroponik di grup Hidroponik Ikatan Alumni IPB adalah cara membuat pupuk organik cair dari limbah rumah tangga.

Pemanfaatan limbah rumah tangga untuk membuat pupuk organik cair ini sangat mudah, memanfaatkan barang bekas yang ada di sekitar rumah kita.

Berikut ini bahan dan cara membuat pupuk organik cair dari limbah rumah tangga yang bisa Anda praktekan sendiri di rumah.

Belajar Menanam Hidroponik

Sejak bergabung di grup Whatsapp Hidroponik Ikatan Alumni IPB, saya jadi belajar banyak tentang seluk beluk cara menanam dengan hidroponik.

Awalnya sih karena saya kepingin memanfaatkan lahan seuprit di teras rumah untuk ruang hijau. Maunya nanam sayuran yang bisa dikonsumsi sehari-hari.

Baca sana sini, katanya cara yang tepat untuk lahan terbatas seperti daerah perkotaan adalah menanam secara hidroponik. Pastinya lebih sehat dong dan yang penting… bisa ngirit! Hihihi…

Alhamdulillah keinginan belajar menanam hidroponik bisa terlaksana sejak ikut grup WA hidroponik ini.

Soalnya bingung juga belajar sendiri. Bingung mulai dari mana. Harus ngapain dulu. Apa yang harus dibeli. Beli dari mana dan sebagainya.