Siapapun tau, tugas seorang ibu rumah tangga itu luar biasa banyak dan besar tanggung jawabnya. Menurut Wikipedia, definisi ibu rumah tangga adalah seorang wanita yang bekerja menjalankan atau mengelola rumah keluarganya, bertanggung jawab untuk mendidik anak-anaknya, memasak dan menghidangkan makanan, membeli barang-barang kebutuhan keluarga sehari-hari, membersihkan dan memelihara rumah, menyiapkan dan menjahit pakaian untuk keluarga, dan lain sebagainya.

Bila mencermati dari definis tersebut, tampak bahwa tugas dan tanggung jawab seorang ibu rumah tangga ini sungguh berat, tidak hanya bagi seorang istri yang baru menikah tetapi juga bagi istri yang sudah bertahun-tahun menjalankan kehidupan rumah tangga.

Bila seorang istri tidak pandai mengatur dan mengelola pekerjaannya, bukan tidak mungkin pertengkaran dan konflik kerap timbul dalam rumah tangganya. Tidak jarang konflik yang terjadi dipicu oleh hal-hal yang kelihatannya sepele namun ternyata berdampak cukup besar dalam kehidupan rumah tangga.

Misalnya istri yang tidak pantai mengatur keuangan keluarga, boros dalam pengeluaran, tidak bisa memasak, rumah yang selalu berantakan, anak-anak rewel dan lain sebagainya.

Bila hal ini dibiarkan terus berlanjut, bukan hanya Ibu yang mengalami stres, akan tetapi seluruh anggota keluarga lainnya juga turut merasakan tekanan. Hubungan suami istri menjadi tidak harmonis dan bahkan mungkin berujung pada perceraian. Pada akhirnya anak-anaklah yang akan menjadi korban.

Duh, jangan sampai terjadi demikian pada keluarga kita ya, Buuun.

Untuk mencegah hal-hal buruk terjadi, ada baiknya kita sebagai ibu rumah tangga harus mau belajar untuk meningkatkan kemampuan diri. Misalnya dengan belajar ilmu perdapuran. Memang sih, tidak ada sekolah atau lembaga pendidikan formal bagaimana menjadi seorang ibu rumah tangga yang baik.

Namun saat ini ada banyak cara bagaimana ibu rumah tangga bisa belajar banyak hal mengenai ilmu perdapuran, manajemen keuangan keluarga, belajar memasak atau mengatur rumah tangga. Misalnya berkaca dari pengalaman ibu-ibu lain, mengambil kursus masak/menjahit/atau keterampilan lain dan lain sebagainya.

Nah, buat Bunda yang mau meng-upgrade diri salah satu caranya bisa belajar ilmu perdapuran dari kelas-kelas online di Lafina Indonesia, lho.

Lafina Indonesia, sebuah komunitas ibu rumah tangga yang digagas oleh Mbak Kade, penulis buku best seller Ratu Pawon Manajemen Lengkap Mengurus Dapur, menyelenggarakan Kelas Bundling Lafina, khususnya pada edisi bulan Juni 2022 ini ada kelas Pawon, Mini Class Frozen Food dan Kelas Meal Prep.

Dengan mengikuti Kelas Bundling Lafina, Bunda bisa belajar ilmu perdapuran lengkap mulai dari menyusun rencana keuangan keluarga, mencegah keborosan, menyusun menu gizi seimbang (meal plan) dan food preparation, mempelajari rahasia masak kilat sampai mengatur dapur agar tampak rapi dan bersih.

Selain itu Bunda juga bisa belajar bagaimana cara membuat frozen food homemade yang lebih terjamin kualitas gizi dan kebersihannya namun tetap hemat dan praktis. Dan bagi ibu bekerja yang super sibuk, di Kelas Meal Prep Bunda bisa belajar cara menyajikan makanan sehat bergizi bagi keluarga tanpa harus memasak setiap hari.

Informasi Kelas Bundling Lafina selengkapnya bisa dipelajari pada flyer berikut ini.

Oh ya Bun, kenapa saya menyarankan untuk ambil Kelas Bundling Lafina? Alasannya adalah lebih hemat harga per kelasnya cuma 20ribuan saja dibanding kalo Bunda ambil kelasnya satu per satu. Jadi mumpung lagi ada kesempatan promo hemat begini, sebaiknya segera daftar sebelum tanggal 10 Juni 2022.

Selain biaya pendaftaran yang sangat terjangkau, benefit lain yang akan Bunda dapatkan dengan mengikuti Kelas Bundling Lafina adalah :

Bagaimana caranya belajar di Kelas Lafina? Gampang aja kok. Belajarnya online di grup whatsapp. Materi bisa diakses selamanya dan bisa dipelajari ulang sewaktu-waktu Bunda membutuhkannya. Jika kelas sudah selesai, Bunda bisa bergabung di grup alumni yang kini sudah mencapai 81ribu lebih bunda-bunda dari banyak kota di Indonesia bahkan dari luar negeri pun ada. Di grup alumni Bunda bisa sharing dan belajar banyak bareng alumni lainnya.

Kalo mau tanya-tanya dulu tentang Kelas Bundling Lafina silakan chat saya di whatsapp ya Buuun 🙂

Yuk ah, jangan sampai kelewatan lho Buuun 🙂

belajar manajemen dapur

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.