Gold Risk Gold Return Part 1

Suatu ketika ada tasyakuran ulang tahun salah satu sahabat millenial, kado berisi emas yang kami berikan nampak insecure baginya, lantaran merasa ada “beban” yang tidak ringan untuk menyimpannya. Katanya sih rumahnya pernah dimasuki “orang tak diundang”. Yang pasti jarang ada orang yang tidak begitu senang diberi hadiah emas heheu..

Sempat kami berfikir kritis.. apa iya karena ia tidak langsung merasakan keuntungan daripada emas ya? Apa jangan-jangan banyak lagi kaum millenial yang sudah terpola pikir digital, uang digital, investasi digital bahkan emas pun milih yang digital.

Alhamdulillah hikmahnya kami bisa introspeksi diri dan menjadi bahan tulisan emas kali ini..

Apapun itu, tanggung jawab kita semua adalah membantu meng-emaskan impian demi masa depan emas orang-orang sekitar kita. Right ?

Jika ditanya dimana penyimpanan emas paling aman di rumah ? Jawabannya adalah: simpan di tempat yang tidak terduga. Menyimpan emas di laci atau lemari tentu sudah biasa. Hal ini membuat orang yang berniat tidak baik itu mudah menemukan lokasi penyimpanan. Apalagi jika emas disimpan dalam kotak perhiasan yang mudah ditebak.

Untuk itu, ada baiknya menyimpan emas di tempat yang tidak terduga seperti dalam buku, kolong tempat tidur, tempat beras, di jam dinding, dsb. Namun, sebelum disimpan pastikan untuk letakkan emas ke tempat yang sesuai dengan kondisi tempat penyimpanan agar mudah diingat.

Jadi, pilihan menjadi keputusan masing-masing. Ada baiknya memang di tempat yang tidak diduga oleh orang lain. Namun, sebelum disimpan pastikan untuk letakkan emas ke tempat yang sesuai dengan kondisi tempat penyimpanan agar mudah diingat. Tempat tersebut sebaiknya juga terkunci.

Jika jumlah emas yang dimiliki cukup banyak, brankas dapat menjadi pilihan terbaik untuk mengatasi risiko investasi. Apalagi brankas juga memiliki sistem keamanan yang cukup baik. Gunakan brangkas yang sistem kunci ganda. Mengunci brankas lalu meletakkannya ke lemari yang juga dikunci.

Namun jika Anda masih tidak nyaman menyimpannya di brankas rumah, Anda juga dapat menyewa jasa penyimpanan safe deposit box di bank syariah atau pegadaian syariah. Terjamin dan cukup murah.

Namanya simpanan ya resikonya adalah keamanan, sama halnya dengan uang atau barang berharga Anda lainnya seperti sertifikat rumah, arloji, dll. Bahkan barang pecah belah pun butuh rak almari yang aman kan?.

By the way, Risk itu artinya risiko, serapan dari bahasa arab Rizq berati Rezeki. Besarny rezeki sebanding dengan resiko yang dilalui. Mendapatkan rezeki dari jalur bisnis atau investasi adalah hasil keberanian mengolah resiko.

Yang penting, menghilangkan perasaan insecure adalah keharusan. Karena setiap orang mempunyai pilihan untuk bahagia atau sebaliknya. Sama seperti hak Anda untuk memilih investasi emas fisik atau instrumen investasi lainnya. Bebas pilihannya, tapi harus siap dengan risikonya.

Gold risk Gold return, risikonya orang invest emas adalah menjadi KAYA karena kembalinya dalam bentuk emas juga, dimana asetnya terjaga, semakin lama disimpan semakin tumbuh luar biasa biasa nilainya. Dia tidak invest insecure tapi invest in-syukur, buah syukurnya adalah keluar zakat sesuai nisabnya.

“SIMPAN emas untuk membeli cita-cita. AMANKAN emas di tempat tak terduga berkunci ganda. MULIAKAN emas dengan mengeluarkan zakatnya”.

Gold Risk Gold Return Part 2

“Pakailah instrumen investasi yang buat kita bersyukur, bukan malah buat insecure.”

Beberapa waktu lalu dalam sebuah event bertajuk “Gold Business Seminar”, beberapa peserta bertanya soal emas digital, bitcoin dan trading saham yang marak membanjiri masyarakat, dengan penghasilan yang membuaikan. Benar saja, tidak sedikit dari peserta atau keluarganya yang telah berinvestasi di instrumen tersebut..

Berbicara investasi, tentu selalu erat kaitannya dengan risiko. Karena mustahil jika ada sebuah instrumen investasi yang tidak memiliki risiko sama sekali. Risiko investasi tersebut biasanya berbanding lurus dengan imbal hasil yang akan didapatkan, yang dikenal dengan istilah high risk high return.•.

Semakin besar potensi keuntungan yang ada, maka semakin tinggi pula risiko ‘kerugian’ yang bisa terjadi. Sebagai contoh, secara historis saham mampu memberikan imbal hasil yang paling tinggi dibandingkan jenis instrumen investasi lainnya, namun perlu diingat fluktuasi harga saham juga sangat tinggi sehingga bisa mengalami penurunan tajam kapan pun.

No debate.. , karena waktu seminar sangat singkat untuk bahas dari aspek keuangan dan hukum termasuk syariahnya, tapi kami bersepakat menyimpulkan bahwa prinsipnya itu sama saja dengan “memegang angin”,
aset yang paling secure atau aman adalah yang bisa kita pegang dan lihat fisiknya. Titik itu setelah kata YAKIN.

Emas bagi masyarakat yang sudah teredukasi adalah produk investasi jangka panjang. Jadi hasilnya dinikmati beberapa tahun ke depan. Dan bukan cuma itu untungnya. Emas juga bisa jadi aset lancar.

Akhir-akhir ini hasrat pelaku pasar terhadap instrumen investasi dan aset-aset berisiko tinggi membuat emas kekurangan peminat di kalangan millenial dengan merebaknya penawaran trading saham dan crypto. Ada baiknya mereka taat kepada Orang Tua dan tradisi baik nenek-kakeknya.

Padahal, emas merupakan komoditas yang dianggap paling aman, terutama bagi investor pemula. Namun, mungkin masih ada beberapa orang yang mengetahui karateristik dari instrumen semacam ini.

Instrumen emas dianggap paling cocok bagi investor pemula. Tak hanya harga yang stabil, komoditas emas juga fleksibel mengikuti kebutuhan sang pengguna. Emas tidak hanya bisa disimpan, melainkan juga dijual kepada siapapun kapan pun, sangat likuid. Semua familiar dengan emas.

Gold risk Gold return, resikonya orang investasi emas adalah menjadi KAYA karena kembalinya retun-nya dalam bentuk emas juga, dimana asetnya terjaga, semakin lama disimpan semakin tumbuh nilainya. Dia tidak invest insecure tapi invest in-syukur. Buah syukurnya adalah keluar zakar maal sesuai nisabnya.

Akhirnya, melepaskan perasaan insecure adalah keharusan, karena setiap orang mempunyai pilihan untuk bahagia atau sebaliknya. Sama seperti hak Anda untuk memilih emas fisik atau instrumen investasi lainnya. Bebas pilihannya, tapi harus siap dengan resikonya.

Para pemilik Emas fisik, tidak invest insecure tapi invest in-syukur. Pilihanku MR Gold & Dinar KR, kamu juga kan? 😉👌

Free konsultasi Dinar Khoirur Rooziqiin dan MR Gold

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.