Sepertinya pandemi Covid-19 di Indonesia sedang terjadi wabah gelombang kedua. Sebab beberapa minggu terakhir perkembangan kasus positif Covid-19 kembali meningkat tajam. Bahkan menembus angka 20ribu kasus per harinya. Hampir tiga kali lipat lebih tinggi dibanding dua bulan sebelumnya. Rumah sakit dan fasilitas kesehatan dimana-mana penuh dengan pasien Covid-19.

Apalagi kabarnya virus Covid 19 varian delta yang saat ini banyak menyerang lebih cepat menulardibanding varian sebelumnya. Saya sekeluarga pun memutuskan untuk kembali membatasi kegiatan keluar rumah. Terlebih di lingkungan tempat tinggal saya pun, banyak keluarga yang juga terpapar Covid19.

Pergi ke pasar saya lakukan sejarang mungkin. Beberapa bahan makanan saya beli secara online agar tidak harus keluar rumah kalau tidak terpaksa sekali.Yang paling utama saat ini adalah menjaga kesehatan diri dan keluarga agar imunitas tubuh tetap tinggi dan mampu menangkal virus.

Selain membiasakan diri dengan pola hidup sehat, meminum ramuan obat tradisional juga bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh. Terlebih negara kita terkenal dengan kekayaan sumber daya alam sehingga bisa dilakukan pemanfaatan obat tradisional dari bahan-bahan alami untuk pemeliharaan kesehatan, perawatan kesehatan dan pencegahan penyakit.

Merujuk surat edaran dari Kementrian Kesehatan RI, ada beberapa ramuan obat tradisional yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh terutama untuk menangkal virus Covid19. Saya share resepnya di bawah ini ya.

A. Ramuan 1

1) Bahan
a) Jahe merah : 2 ruas jari
b) Jeruk nipis : 1 buah
c) Kayu manis : 3 jari
d) Gula merah : secukupnya
e) Air : 3 cangkir

2) Cara pembuatan
Cuci bersih semua bahan, jahe merah dicuci bersih dan digeprek. Rebus air sehingga mengeluarkan banyak uap, kecilkan api dan rebus semua bahan yang sudah disiapkan bersama dengan gula merah selama 15 menit kemudian saring dalam keadaan dingin.

3) Cara pemakaian
Ramuan diminum 1 kali sehari sebanyak 1 ½ cangkir.

B. Ramuan 2

1) Bahan
a) Kunyit : 1 ruas ibu jari
b) Lengkuas : 1 ruas ibu jari
c) Jeruk nipis : 1 buah
d) Air : 3 cangkir
e) Gula merah : secukupnya

2) Cara pembuatan
Cuci bersih semua bahan, kunyit dan lengkuas digeprek. Kemudian rebus air hingga mendidih, kecilkan api dan masukkan semua bahan, tunggu kira-kira hingga setengahnya dan matikan, saring dalam keadaan dingin.

3) Cara pemakaian
Ramuan diminum 1 kali sehari sebanyak 1 ½ cangkir.

C. Ramuan 3

1) Bahan
a) Pegagan : 1 ruas ibu jari
b) Jahe merah : 1 ruas ibu jari
c) Temulawak : 1 buah
d) Air : 1,5 gelas
e) Gula aren : secukupnya

2) Cara pembuatan
Pegagan dicuci sampai bersih, kemudian rebus air sampai mendidih, setelah mendidih kecilkan api dan masukkan pegagan yang sudah disiapkan. Tunggu sampai air tersisa kira kira 2 gelas, sesudah dingin disaring, tambah perasan jeruk nipis.

3) Cara pemakaian
Diminum 2 x sehari 1 gelas

D. Ramuan 4

1) Bahan
a) Kencur 50 gram yang sudah dikupas
b) Beras 100 gram
c) Daun pandan 3 lembar
d) Gula aren secukupnya
e) Air 2300 ml

2) Cara pembuatan
Sangrai beras sehingga kekuningan, haluskan beras, kencur dan gula. Masukkan ke dalam air hingga mendidih, tambahkan pandan kemudia disaring.

3) Cara pemakaian
Minum 2 kali sehari

E. Ramuan 5

1) Bahan
a) Daun kelor 2 genggam
b) Air 2 cangkir

2) Cara pembuatan
Rebus air sampai mendidih, masukkan daun kelor lalu matikan api dan saring sesudah dingin.

3) Cara pemakaian
a) Dewasa 2 kali sehari 1 cangkir
b) Anak 2 kali sehari ½ cangkir

F. Ramuan 6

1) Bahan
Bawang putih tunggal (lanang 2 butir
Air hangat 1 gelas
Madu secukupnya

2) Cara pembuatan
Bawang putih dicuci bersih dan dimemarkan sampai halus, kemudian campurkan ke dalam air hangat dan tambahkan madu, aduk hingga larut.

3) Cara pemakaian
Minum 2 kali sehari sebanyak secukupnya

Demikian, 6 resep ramuan obat tradisional yang berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menangkal virus Covid-19. Semoga bermanfaat!

usaha dirumah
muslim fashion

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.