Laptop Asus VivoBook 14 A416 Hadiah Tahun Baru Terbaik Untuk Hanum

Laptop Asus VivoBook 14 A416 Hadiah Tahun Baru Terbaik Untuk Hanum

Semester genap tahun pelajaran 2020-2021 baru saja dimulai. Sama seperti semester sebelumnya, oleh karena kondisi pandemi, anak-anak sekolah masih belajar dari rumah.

Anak pertama saya, Hanum, sekarang duduk di kelas 10 Jurusan Multimedia di SMKN 48 Jakarta. Meski belajar dari rumah, setiap pagi di hari sekolah, Hanum sudah duduk manis ditemani dua gawai andalannya, telepon pintar dan laptop. Siap mengikuti pelajaran jarak jauh dari guru-gurunya.

Untuk menyelesaikan tugas-tugas dari sekolah, Hanum membutuhkan laptop dengan performa yang mumpuni. Terlebih Hanum bersekolah di SMK jurusan multimedia. Pelajaran-pelajaran yang berkaitan erat dengan multimedia seperti desain grafis, animasi, editing audio dan video, dll tentu membutuhkan perangkat dengan performa grafis cukup tinggi.

Kebetulan laptop yang Hanum gunakan sekarang merupakan laptop lama yang sudah bertahun-tahun dipakai. Performanya juga sudah menurun sehingga sering lemot ketika melakukan kerja multitasking. Bahkan tidak jarang laptop tiba-tiba nge-hang saat sedang dipakai bekerja.

Saya kasihan juga melihat Hanum uring-uringan saat laptop tiba-tiba nge-hang. Pastinya mengganggu sekali kan.

Sepertinya saya sudah harus membelikan Hanum laptop baru. Apalagi di kelas selanjutnya nanti, mata pelajaran multimedia akan lebih banyak dibanding saat kelas 10 sekarang.

Namun kondisi keuangan saat ini tidak memungkinkan saya untuk membeli laptop dengan spesifikasi tinggi yang berharga mahal. Saya harus mencari rekomendasi laptop untuk multimedia dengan harga yang lebih terjangkau dan tetap memiliki spesifikasi yang memadai.

Langsung aja googling ketemu banyak pilihan produk keluaran ASUS. Ga heran sih. Sebab sudah lebih dari 30 tahun lamanya, merk ASUS terkenal di pasar laptop Indonesia maupun dunia dengan pilihan produknya yang beragam dan berkualitas tinggi.

Satu hal yang membuat saya lebih tertarik, ASUS baru saja meluncurkan VivoBook 14 (A416). Yaitu produk laptop terbaru dari ASUS yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan para pelajar dan pekerja yang banyak beraktivitas dari rumah.

ASUS VivoBook 14 A416 Untuk Produktivitas Sehari-hari

Cocok benar dengan laptop yang dibutuhkan oleh Hanum saat ini.

Memang ASUS memahami benar kebutuhan masyarakat di saat pandemi seperti sekarang, dimana kegiatan sekolah dan kantoran banyak dilakukan secara online.

Hanum misalnya, dalam seminggu ada 3x jadwal kelas daring melalui Zoom Meeting atau Google Meet. Belum lagi mengerjakan tugas merangkum pelajaran yang harus dibuat ke dalam bentuk file presentasi powerpoint. Lalu ada praktek-praktek teknik desain menggunakan photoshop dan sebagainya.

Hampir setiap  hari, Hanum tidak pernah lepas dari laptop. Dan kalau sudah bekerja laptop akan menyala hampir sepanjang hari.

Dengan ritme dan beban pemakaian laptop yang cukup berat itu tentunya membutuhkan laptop yang tangguh dan dapat diandalkan.

Nah, ASUS VivoBook 14 (A416) hadir untuk menjawab tantangan itu.

Ini juga sesuai dengan pernyataan Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia. Bahwa ASUS sebagai produsen laptop terdepan di Indonesia, memiliki komitmen dalam menghadirkan laptop berkualitas tinggi untuk semua kalangan.

VivoBook 14 (A416) yang didukung oleh berbagai teknologi serta fitur terkini, merupakan laptop yang selalu dapat diandalkan oleh siapapun, kapanpun dan di manapun.

Salah Satu Laptop All Round 14 inch Paling Ringkas di Dunia

Hal pertama dari laptop ASUS VivoBook 14 (A416) yang membuat saya terkesan adalah bentuk tampilannya yang simpel dan ringkas. Dengan bobot kurang lebih 1,6 kg dan ketebalan hanya 19,9 mm,  laptop ini sangat ringan dan mudah dibawa bepergian.

Dengan bodi ringkas dan ringan, VivoBook 14 (A416) juga dilengkapi dengan charger yang ringkas dan mudah dimasukkan ke berbagai kompartemen dalam tas.

VivoBook 14 A416 Yang Ringkas dan Ringan

ASUS VivoBook 14 (A416) Yang Ringkas dan Ringan

Pastinya cocok banget dengan Hanum yang berperawakan mungil, akan sangat mudah membawa laptop ini dalam tas sekolahnya jika nanti kegiatan belajar tatap muka di sekolah diperbolehkan.

Mengapa VivoBook 14 (A416) bisa tampil dengan bodi lebih ringkas dan ringan dibanding laptop all round 14 inch sejenis lainnya?

Ternyata rahasianya ada pada teknologi NanoEdge Display. Yaitu teknologi eksklusif dari ASUS  yang disematkan pada laptop tersebut. Teknologi inilah yang memungkinkan bezel di keempat sisi layar pada VivoBook 14 (A416) dapat tampil sangat tipis sehingga dapat meminimalisir penggunaan rangka.

Tampilan layar yang maksimal dan desain tampak frameless ini menyebabkan VivoBook 14 (A416) memiliki screen-to-body ratio hingga 82%. Area layar menjadi lebih luas dengan resolusi full HD. Juga dilengkapi dengan lapisan anti silau (anti-glare) serta memiliki sudut pandang hingga 178 derajat, untuk mengurangi gangguan dari pantulan dan silau yang tidak diinginkan sehingga bisa lebih fokus bekerja.

Keunggulan teknologi NanoEdge Display inilah yang mampu memberikan pengalaman bekerja yang imersif  bahkan jika hanya digunakan untuk bermain game atau menikmati konten multimedia sekalipun.

Apalagi didukung oleh kualitas audio dari speaker Sonic Master yang menghasilkan suara kencang, jernih dan nyaman di telinga. Kegiatan live streaming, webinar, menonton videeo atau sekedar mendengarkan musik pastinya menjadi pengalaman yang mengesankan.

Laptop Andalan Bertenaga Maksimal

Tampilan boleh ringkas dan ringan, tapi urusan kinerja tetap maksimal dong.  VivoBook 14 (A416) ditenagai oleh prosesor Intel® Core ™ i5 generasi ke-10 yang dapat diandalkan untuk berbagai produktivitas sehari-hari.

Varian tertinggi VivoBook 14 (A416) dengan prosesor Intel Core i5-1035G1 memiliki konfigurasi 4 core dan 8 thread, serta boost clock hingga 3,6GHz. Hal ini membuat VivoBook 14 (A416) menjadi lebih kencang dan gesit saat digunakan untuk berbagai aktivitas. Mulai  dari bekerja, berselancar di internet, atau menikmati konten multimedia.

Bagi pengguna yang membutuhkan performa grafis ekstra seperti Hanum, VivoBook 14 (A416) merupakan pilihan yang tepat karena dilengkapi juga dengan chip grafis NVIDIA GeForce MX330. Kehadiran NVIDIA GeForce MX330 memungkinkan VivoBook 14 (A416) dapat menjalankan berbagai aplikasi yang membutuhkan performa grafis ekstra seperti aplikasi photo editing, video editing, hingga game kasual.

prosesor vivobook a416

Disamping mesin yang handal, ASUS VivoBook 14 (A416) dibekali baterai 2 -Cell 37 Wh lithium-polymer yang memiliki kapasitas baterai 50Whrs yang hemat daya dan fast charging. Hanya butuh waktu 69 menit untuk mengisi baterai hingga 60% dan mampu aktif tanpa charger hingga 7,5 jam.

Mengingat Hanum yang sering menggunakan laptop sepanjang hari, fitur ini sangat membantu sekali dalam menghemat listrik. Lumayan bisa menghemat biaya tagihan setiap bulannya hehe 😀

Menyimpan Lebih Banyak Dengan Aman

VivoBook 14 (A416) memiliki ruang penyimpanan lebih besar karena dilengkapi dengan pilihan dua jenis penyimpanan yaitu 2.5” SATA atau M.2 PCIe. Pilihan kapasitas penyimpanan dapat di-upgrade hingga 1 TB HDD dan 256 GB SSD. Baik HDD atau SSD dapat disematkan pada laptop ini dengan penyesuaian pada konfigurasinya.

Pengguna seperti Hanum yang sering menggunakan berbagai perangkat lunak untuk desain grafis semisal photoshop, sebaiknya menginstal aplikasi di SSD untuk respons dan waktu load yang lebih cepat. Sedangkan file-file besar seperti file musik, film, album foto, hasil-hasil editan gambar, video, audio atau gabungan ketiganya dapat disimpan dalam HDD.

Kerusakan fisik pada HDD akibat guncangan dan getaran ketika laptop dibawa bepergian merupakan hal yang paling sering dikhawatirkan oleh pengguna. Untuk mencegah hal tersebut, ASUS melengkapi HDD pada VivoBook 14 (A416) dengan pengamanan ekstra.

Fitur peredam getaran HDD E-A-R® untuk melindungi kerusakan data akibat benturan fisik. Fitur ini aktif secara otomatis mendeteksi guncangan dan getaran sehingga secara efektis melindungi kemungkinan kerusakan HDD.

Saya bayangkan bisa menggunakan laptop dengan tenang tanpa khawatir terjadi kerusakan data, bahkan ketika dalam kendaraan yang bergerak sekalipun.

Sisi mobil pada laptop diperkuat yang juga berfungsi melindungi dari benturan. Selain itu juga mendukung struktur cover, layar dan engsel yang memungkinkan laptop dapat dibuka-tutup dengan mulus.

Konstruksi engsel dan komponen internal dilindungi oleh penahan logam di bawah keyboard sehingga laptop tampak lebih kokoh dan stabil.

Berbicara soal penyimpanan data, tentu tidak dapat dipisahkan dari data memori. Seperti halnya standar laptop modern lainnya, VivoBook 14 (A416) telah menggunakan memori DDR4 dengan kapasitas yang dapat di-upgrade hingga 16GB.

Tak perlu lagi khawatir dengan laptop jadi lemot ketika melakukan pekerjaan  multitasking karena memori yang besar.

Konektivitas Tanpa Batas

ASUS VivoBook 14 A416 memiliki fitur konektivitas yang sangat lengkap untuk menghubungkan semua perangkat yang dibutuhkan. Tidak hanya port USB 3.2 Gen 1 Type-A, VivoBook 14 (A416) juga dilengkapi port  USB 3.2 Gen 1 Type-C yang memberikan kecepatan transfer data hingga 10Gbps.

Selain itu juga tersedia 2 port  USB 2.0, output HDMI, combo audio jack, dan pembaca kartu MicroSD sehingga pengguna dapat menghubungkan semua periferal, layar, dan proyektor dengan mudah.

port konektivitas

 

Tidak jarang ketika sedang melakukan tugas, Hanum menghubungkan perangkat telpon selularnya ke laptop untuk mentransfer data. Di sampingnya printer terpasang dengan posisi siap mencetak. Sementara headset terpasang karena Hanum bekerja sambil mendengarkan musik.

Untuk kebutuhan koneksi jaringan internet, laptop ASUS VivoBook 14 (A416) dilengkapi fitur Wi-Fi 5 (802.11 ac) yang memiliki jangkauan frekuensi lebih luas sehingga lebih stabil menangkap sinyal wifi.

Kenyamanan Dalam Estetika

Laptop ASUS  VivoBook 14 (A416) tampil estetis dengan pilihan  lapisan Transparent Silver atau Slate Grey. Keduanya tampak elegan dan mewah. Tidak kalah dengan laptop premium lainnya.

Ketipisannya Tidak Kalah Dengan Laptop Premium

Untuk pengalaman kenyamanan extra bagi pengguna, ASUS menyiapkan fitur-fitur pilihan yang didesain khusus seperti fingerprint sensor, numberpad baru dan backlit pada keyboard VivoBook 14 (A416).

Sebelum mulai menggunakan laptop, Hanum biasanya butuh waktu beberapa menit untuk persiapan mulai dari menyalakan laptop hingga bisa akses dengan mengetikkan kata sandi atau pin setiap kali membuka laptop. Maklumlah namanya juga laptop lama yang performanya sudah menurun.

Namun dengan adanya fitur fingerprint sensor, VivoBook 14 (A416) bisa menyala dalam waktu kurang lebih 10 detik. Dengan sensor sidik jari bawaan di touchpad dan Windows Hello, pengguna juga tidak perlu mengetikkan kata sandi atau pin setiap kali mengakses laptop. Cukup dengan sentuhan jari, maka laptop akan siap untuk digunakan.

Untuk urusan kenyamanan pengguna, ASUS memang tidak main-main. Apalagi dengan adanya fitur ASUS Numberpad terbaru yang membuat pengetikan angka menjadi semakin mudah. Cukup dengan mengetuk ikon panel sentuh untuk mengubah panel sentuh menjadi panel angka yang diterangi LED.

Tidak hanya itu. Keyboard  full size pada VivoBook 14 (A416) didesain secara ergonomis dengan kontruksi satu bagian yang kokoh. Setiap tombol pada keyboardnya memiliki key travel sejauh 1,4mm  yang sangat ideal untuk mengetik sehingga keyboard dapat dioperasikan dengan nyaman dan lancar.

Pengalaman mengetik menjadi semakin nyaman terutama ketika laptop digunakan dalam kondisi gelap. Keyboard VivoBook 14 (A416) dilengkapi backlit dengan tingkatan yang bisa diatur hingga 3 level sesuai kebutuhan penggunanya.

Iih keren banget kan. Hanum yang terkadang mengerjakan tugas hingga tengah malam bisa tenang bekerja dalam ruangan dengan minim cahaya.

Lebih Personal Dengan MyASUS

Satu lagi kelebihan VivoBook 14 (A416) yang membuat saya tertarik adalah adanya aplikasi bawaan MyASUS. Aplikasi ini merupakan pusat kontrol yang didesain untuk membantu pengguna melakukan perawatan sistem dan pembaruan perangkat lunak pada laptop VivoBook 14 (A416).

Biasanya jika ada kerusakan pada laptop saya selalu memanggil tukang service langganan.  Saya yang awam soal komputer sering merasa kesulitan. Tidak tahu apa yang harus dilakukan.

Apalagi jika laptop yang sudah lama dipakai seperti laptop milik saya di rumah, biasanya sering mengalami gangguan. Entah itu memori terlalu penuh, lemot, nge-hang dan lain sebagainya.

Nah, dengan adanya aplikasi MyASUS, pengguna bisa memantau status laptopnya sekaligus melakukan troubleshooting secara mandiri. Pembaruan perangkat lunak dan optimasi kinerja laptop bisa dilakukan otomatis dengan bantuan MyASUS. Tidak hanya itu, MyASUS juga dapat memperlihatkan status garansi perangkat serta fasilitas untuk menghubungi layanan konsumen ASUS.

Yang paling menarik dari fitur MyASUS adalah adanya fasilitas Link to MyASUS. Melalui fasilitas ini pengguna bisa menghubungkan telpon pintar dengan laptop supaya bisa lebih produktif.

link to my asus

Berbagai fungsi telpon masih dapat digunakan dengan lancar pada saat kedua perangkat terhubung, menggunakan keyboard, tetikus, touchpad dan sistem audio pada laptop. Mulai dari fasilitas berbagi file secara instan sampai melakukan panggilan telpon dari laptop.

Kebayang deh, saat sedang mengerjakan tugas sekolah di laptop, Hanum masih bisa menerima pesan dan notifikasi dari telpon pintarnya di layar laptop. Bahkan bisa membuat layar telpon pintar menjadi layar kedua untuk laptop jika diperlukan.

Untuk personalisasi aplikasi sesuai kebutuhan pengguna, hadir ASUS AppDeals. Pusat aplikasi resmi dari ASUS ini  memberikan banyak pilihan aplikasi populer dan penawaran spesial. Fasilitas ini adalah cara mendapatkan aplikasi paling aman untuk dipasang di laptop.

Satu hal utama yang sangat penting, pada VivoBook 14 (A416) sudah terpasang sistem operasi Windows 10 serta Office Home dan Student 2019 original. Jadi saya tidak perlu meng-instal pernagkat lunak bajakan lagi karena tidak mampu membeli yang asli yang harganya lumayan mahal.

Seperti yang umum diketahui, memasang perangkat lunak bajakan dari sembarang sumber di internet sering menjadi pintu masuknya virus atau malware  yang sering menyebabkan gangguan pada sistem komputer. Atau yang lebih parah lagi, bisa kena hack!

Duh, jangan sampai deh 😀

Selain kedua fitur MyASUS yang saya sebutkan di atas, masih ada fitur lainnya seperti Battery Health Charging, Splendid, Tru2Life, Function Key Lock, dan Smart Wifi. Pengaturan semua fitur-fitur tersebut bisa disesuaikan agar tampilan dan kinerja laptop bisa optimal.

Spesifikasi Lengkap ASUS VivoBook 14 (A416)

spesifikasi asus vivobook a416

 

Setelah saya mengamati semua keunggulan-keunggulan yang ada pada ASUS VivoBook 14 (A416), laptop ini memang ideal untuk digunakan sehari-hari. Semua kebutuhan daring mulai dari bekerja, menikmati hiburan film dan musik, membuat konten multimedia hingga bermain game kasual sekalipun sangat cocok menggunakan laptop ASUS ini.

Dapat dipastikan, laptop ASUS VivoBook 14 (A416) merupakan pilihan terbaik sebagai hadiah tahun baru untuk Hanum. Saya bisa memilih varian laptop yang sesuai dengan bujet namun tetap memenuhi spesifikasi yang dibutuhkan bagi seorang pelajar jurusan multimedia.

Sudah bisa saya bayangkan, betapa senangnya Hanum nanti memiliki laptop baru yang sudah lama ia idam-idamkan.

Hanum laptop asus

Hanum Saat Mengikuti MPLS SMKN 48 Jakarta Secara Daring Tahun 2020 Lalu

Disclaimer: Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS VivoBook 14 A416 Blog Competition #VivoBookA416ID #EasyPortability #EffortlessProductivity yang diselenggarakan oleh ASUS Indonesia bersama Kang Didno.


Referensi:

  • ASUS VivoBook 14 A416: https://www.asus.com/id/Laptops/ASUS-Laptop-14-X415JP/
  • Press Release – ASUS VivoBook 14 (A416), Laptop dengan Fitur Modern untuk Semua Kalangan
  • Foto Pendukung: Dokumen Pribadi, Foto Produk dari  IG @didno76 dan ASUS Channel Site https://channel.asus.com/ExternalFile.aspx?path=aba3122a603e4cd6a06f2086de0cfd6a

YOU MIGHT ALSO LIKE

Leaver your comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.