Praktek Cara Menabung Unik The Power of 20 Ribu

Praktek Cara Menabung Unik The Power of 20 Ribu

Cara menabung unik yang dikenal luas dengan metode the power of 20 ribu, sudah lama saya ketahui. Banyak sudah kisah yang saya baca, dari  hasil menabung 20 ribu ada yang bisa membeli motor, jalan-jalan ke tempat wisata impian bahkan sampai ke luar negeri.

Saya tertarik sekali dengan cara menabung unik ini. Tapi ada aja halangannya saat mau mulai. Bagi mereka yang punya pendapatan harian, seperti jualan dan sejenisnya, mendapatkan uang pecahan 20 ribu setiap hari mungkin lebih mudah. Dibanding saya, yang hanya terima gaji suami setiap bulan.

Eh tapiii, saya juga jualan sih. Punya bisnis juga. Ada toko online di Tokopedia dan Bisnis ISC. Tapi karena online,  transaksinya juga via transfer. Jadi pasti jarang-jarang terima uang tunai. Mau kapan tabungan bisa ngumpul banyak kalo begitu? Demikian pikir saya pada awalnya.

Hingga sampai April 2019 tahun lalu, saya mulai bertekad. Kenapa ga dicoba dulu. Menabung sedapatnya. Lalu lihat hasilnya seberapa banyak yang bisa terkumpul.

Maka mulailah saya menabung unik sejak saat itu. Setiap kali ada uang 20 ribu dari kembalian belanja atau isi bensin, segera saya masukkan botol.

menabung unik

Dan seperti yang telah saya duga, saya jarang sekali menabung. Karena jarang ketemu uang 20 ribu 😀 Biasa mengisi bensin seminggu sekali. Belanja ke pasar juga mingguan. Apalagi kalau musim hujan tiba, malas banget untuk keluar rumah. Jadi ya seketemunya aja.

Hingga sampai awal tahun baru 2020 kemarin, botol sudah terlihat agak penuh. Sebetulnya karena saya memasukkan lembaran uangnya yang tidak digulung rapi, sehingga membuat botol tampak penuh. Tapi saya sudah penasaran. Ingin tau sudah berapa banyak uang yang sudah terkumpul.

the power of 20ribu

Akhirnya saya keluarkan semua lembaran uang dalam botol dan menghitungnya. Ternyata terkumpul uang sebesar Rp 1.500.000 selama kurang lebih 10 bulan. Wow… banyak juga 😀

Kalau dihitung-hitung, rata-rata sebulan saya bisa menabung kurang lebih 150 ribu. Padahal kalo menabung secara konvensional, saya biasanya hanya bisa menyisihkan 100 ribu per bulan. Dengan cara menabung unik 20 ribu ini, saya bisa menabung lebih banyak tanpa saya sadari. Saya jadi kagum sendiri. Ternyata bisa juga ya 😀

Walaupun sering juga, karena kepepet saya pakai juga uang 20 ribu yang semula saya niatkan untuk ditabung. Soalnya saya jarang simpan uang tunai banyak-banyak di dompet. Hanya seperlunya saja. Padahal mah memang adanya segitu-gitunya hahaha…

Tapi saya senang sekali. Saya berhasil praktek cara menabung unik 20 ribu ini. Begitu rupanya makna the power of 20 ribu. Jangan anggap remeh selembar uang 20 ribu yang sepertinya kelihatan receh ini. Jika serius menabung, rutin dan konsisten, ternyata bisa besar juga hasilnya.

Sesuai dengan pepatah “sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit”.

Terus katanya biar semangat dan konsisten menabung, harus ada tujuan tabungannya untuk apa.

Waktu saya mulai menabung bulan April 2019 lalu, saya niatkan hasilnya nanti untuk menambah beli ponsel baru dengan fitur NFC yang saya idam-idamkan sejak lama. Eh pas kebeneran ada flash sale Xiaomi Redmi Note 8 Pro di Shopee.  Harganya juga pas sesuai bujet maksimal yang sudah saya tetapkan.

Alhamdulillah akhirnya saya punya ponsel impian. Tahun baru hape baruuu 🙂

Insya Allah, kebiasaan menabung ini akan saya lanjutkan. Supaya tetap semangat saya tetapkan tujuan menabung berikutnya untuk traveling ke luar negeri. Kepingin mewujudkan impian anak-anak yang sudah bisa menikmati serunya perjalanan wisata.

Ga usah jauh-jauh. Negara ASEAN dulu deh untuk tahap awal.

Duuhh..sudah terbayang excited-nya mereka 😀 Saya jadi makin semangat hanya dengan membayangkan wajah bahagia anak-anak ketika mereka naik pesawat. Seperti pada waktu pengalaman umroh pertama saat libur akhir tahun kemarin.

Bismillah, semoga lancar rezekinya dan masih dikasih kesempatan oleh Allah SWT .

Aamiin Allahumma Aamiin…

 

YOU MIGHT ALSO LIKE

Leaver your comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.