Ide Bisnis Rumahan di Era Digital Yang Patut Dicoba

Ide Bisnis Rumahan di Era Digital Yang Patut Dicoba

Bekerja sekarang bisa dari mana saja. Asalkan ada jaringan Internet yang memadai dan juga gawai dengan spesifikasi cukup, kita bisa bekerja dari rumah.

Bahkan, beberapa kantor sendiri sudah mulai memberlakukan bekerja secara remote dari rumah untuk karyawannya. Jika kantoran saja bisa menerapkan ini, apalagi dengan entrepreneur?

Tentu saja usaha mandiri juga bisa dilakukan di rumah. Kita tidak lagi memerlukan banyak biaya untuk memulai usaha. Karena bekerja dari rumah akan bisa menghemat modal yang dibutuhkan setiap bulannya.

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa ide bisnis rumahan di era digital yang cocok untuk dicoba.

Menjual Karya Kerajinan Sendiri Secara Online

Kita tentunya punya hobi. Jika hobi yang kita miliki berkaitan dengan kerajinan dan kesenian, akan lebih baik untuk menjualnya. Jadi selain kita melakukan hobi, kita juga bisa menghasilkan sesuatu dari situ.

Cara paling mudah untuk memasarkannya adalah melalui Internet atau secara online. Dan semua ini bisa dilakukan di rumah.

Kita bisa membuat kerajinannya terlebih dahulu, kemudian memasarkannya lewat sosial media. Instagram sendiri sangat bisa dimanfaatkan sebagai katalog karya Anda. Untuk proses pemesanan dan pengiriman barang, kita bisa ikut memasarkannya di beberapa market place yang ada. Misalnya di Tokopedia, Bukalapak, Shopee, sampai OLX.

Nge-blog!

Memang sudah banyak blog dan website yang ada di dunia Internet. Paling tidak sekitar 10.000 blog dan website dibuat setiap menitnya di seluruh dunia.

Tapi, bukan berarti hal tersebut merupakan sebuah masalah yang besar. Karena tidak semuanya memiliki kualitas konten yang diperlukan dan bisa dinikmati pembaca. Karena itu ada peluang besar yang bisa dimanfaatkan.

Kita bisa membuat blog dengan memilih niche yang pas dan tepat juga kita kuasai. Sehingga segala bahasan yang kita buat di blog bisa dinikmati banyak orang.

Saya sendiri sudah mulai nge-blog sejak tahun 2010. Namun sampai sekarang baru sebatas hobi belaka. Ke depannya saya ingin melakukan optimasi blog lebih serius lagi sehingga benar-benar bisa mendatangkan penghasilan.

Desainer Grafis

Jika kita memang memiliki keahlian dalam mendesain konten, maka menjadi seorang desainer grafis lepas akan bisa membantu. Dengan begitu kita bisa melakukan desain dari rumah tanpa harus ke kantor.

Di zaman yang serba digital seperti sekarang, permintaan kebutuhan akan desainer grafis semakin melonjak. Karenanya, menjadi seorang desainer grafis lepas bisa sangat menguntungkan.

Desainer grafis yang baik paling tidak bisa menguasai beragam software atau aplikasi desain seperti Adobe Photoshop, Adobe InDesign, Adobe Illustrator, hingga CorelDRAW. Bisa juga memanfaatkan situs desain online seperti Canva.

Social Media Manager

Manager sosial media adalah sebuah pekerjaan yang relatif baru dan kini semakin berkembang seiring waktu. Tidak mengherankan ketika pekerjaan ini ada di tengah serbuan penggunaan media sosial oleh banyak anak muda.

Pekerjaan manager media sosial sendiri kini dicari untuk mengatur konten media sosial bisnis. Sehingga banyak orang yang tertarik pada bisnis tersebut.

Dengan jam kerja yang relatif bebas dan pendapatan yang lumayan, maka pekerjaan ini cocok untuk dijadikan pilihan. Hanya saja kita perlu menjadi ahli dalam penggunaan media sosial seperti Facebook, LinkedIn, Tumblr, Twitter, dan yang paling populer: Instagram.

YouTuber

Walaupun kita bukan seseorang yang senang untuk beraksi di depan kamera, kita tetap bisa menjadi seorang YouTuber. Karena ada banyak konten yang bisa lakukan di platform berbasis video ini.

Mulai dari cover lagu, membuat diskusi, podcast, hingga beragam konten lainnya, tentu akan ada orang yang menonton. Kita hanya perlu membuat konten yang menarik, mudah dipahami, dan juga disukai banyak orang.

YouTuber sendiri kini bisa dibilang banyak yang sukses. Salah satunya adalah dengan cara memilih salah satu fokus utama channel YouTube. Apakah itu gaming, traveling, kuliner, profesional, dan lainnya. Semuanya memiliki audiens yang tidak sedikit.

Gimana, setelah membaca ulasan di atas apakah Anda menemukan ide bisnis rumahan yang cocok?

Baca juga : Peluang Usaha Emak Zaman Now Bisnis Beras Gotong Royong ISC

YOU MIGHT ALSO LIKE

Leaver your comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.