Mudah Menghafal Quran Dengan Aplikasi Hafalan Quran

Mudah Menghafal Quran Dengan Aplikasi Hafalan Quran

Sekarang menghafal Quran makin mudah dengan adanya aplikasi Hafalan Quran yang bisa diunduh secara gratis dari playstore. Kegiatan menghafal Quran menjadi lebih praktis dan mudah karena bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Sejak sebulan terakhir saya menggunakan aplikasi Mudah Hapal Al Quran untuk menghafal Juz 30. Aplikasi ini saya rasakan begitu besar manfaatnya terutama ketika saya menyelesaikan hafalan surat-surat yang panjang-panjang  dari Juz 30.

Resolusi 2019 : Menghapal Juz 30

Sebelumnya saya ingin cerita dulu. Sudah sejak lama saya ingin bisa menghafal Al Quran Juz 30. Malu sama anak-anak yang sudah lebih dulu menghafal.

Hanum yang pertama menyelesaikan hapalan Juz ke-30 dan telah mengikuti Wisuda Quran Al Husnayain pada tahun 2016. Bisa dibaca gimana cerita Hanum mengikuti Wisuda Quran pada kisah Wisuda Al Quran Akbar 1437 H Al Husnayain.

Lalu dua tahun berikutnya menyusul Zhafif mengikuti acara yang sama pada tahun 2018. Ceritanya bisa diikuti di kisah Wisuda Quran Al Husnayain Tahun 2018.

Nah saya juga ga mau ketinggalan dong. Saya tak ingin jadi orang tua yang hanya menyuruh anak-anaknya menghafal Quran, tetapi dirinya sendiri ga hafal hehehe… Sehingga di akhir tahun lalu menghafal Juz 30 menjadi salah satu resolusi yang ingin saya wujudkan di tahun 2019.

Alhamdulillah niat saya itu dicatat sama malaikat. Ga disangka-sangka Ibu Ustadzah guru majelis taklim tempat saya mengaji mau mengadakan semacam Wisuda Al Quran untuk jamaahnya yang ada di beberapa komplek perumahan yang berdekatan. Dan saya terpilih sebagai salah satu perwakilan majelis taklim dari komplek perumahan saya.

Untuk bisa mengikuti Wisuda Al Quran tersebut saya ngebut menghafal 11 surat pertama dari Juz 30 yang lumayan panjang-panjang itu dalam waktu kurang lebih satu bulan. Saya setor hapalan  hampir setiap hari.

Untungnya rumah Ibu Ustadzah satu komplek dengan rumah saya. Jadi pagi-pagi sambil nunggu cucian selesai, saya mampir ke rumah Bu Ustadzah sebentar untuk setor hapalan. Lumayan jadi mengurangi jatah menonton drama Korea xixixi…

Aplikasi Mudah Hapal Al Quran

Dalam proses menghafal itu saya menggunakan aplikasi Mudah Hafal Al Quran yang bisa diunduh secara gratis di playstore. Berikut ini linknya Aplikasi Mudah Hafal Al Quran.

Alhamdulillah aplikasi ini sangat membantu saya bisa menghafal dengan cepat. Terlebih ada fitur menghafal yang tampilannya sama dengan buku Menghapal dengan Metode At Taisir karya Ustadz Adi Hidayat.

This slideshow requires JavaScript.

Sedangkan pada fitur menghafal, ada bacaan ayat lengkap dengan artinya dan diisi oleh suara Mishad Rashid Alafasy. Selain itu juga ada fitur bookmark sebagai penanda perkembangan sampai dimana proses menghafal sudah berlangsung.

Aplikasi Game Hapalan Quran

Lalu kemudian saya terima info mengenai aplikasi game Hapalan Quran ini dari Ustadz guru mengaji Zhafif. Setelah saya pelajari ternyata bagus juga. Aplikasi game Hapalan Quran sangat membantu agar bisa lebih mudah dan cepat menghapal.

Aplikasi game Hapalan Quran bisa diunduh secara gratis di playstore. Berikut ini linknya Aplikasi Game Hapalan Quran.

aplikasi game hafalan quran

Bentuknya seperti soal menyambung ayat. Ada skor akhir pada saat menyelesaikan hapalan. Cuma saya baca-baca komentar di testimoninya, masih terdeteksi kesalahan penulisan ayat. Saya yang awam tidak bisa bahasa Arab dan tidak hapal Al Quran tentunya tidak bisa mendeteksi kesalahan ini. Mudah-mudahan pihak pengembangnya bisa segera memperbaiki kesalahan tersebut.

This slideshow requires JavaScript.

Masih banyak lagi aplikasi-aplikasi sejenis  lainnya yang bisa dijumpai di playstore. Dengan penggunaan aplikasi tersebut setidaknya bisa menambah manfaat yang bernilai ibadah dari gawai yang kita miliki selama ini.

Wallahu A’lam bishowab

YOU MIGHT ALSO LIKE

  • Susindra
    May 2, 2019

    Wah…. ini aplikasi yang seru banget! Apalagi ada games yang bisa mengurai kepenatan menghapal.

    Semoga resolusinya tercapai, Mbak

    • mbaratna
      May 8, 2019

      aamiin ya robbal alamiin

Leaver your comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.