Liburan Akhir Tahun 2018

Liburan Akhir Tahun 2018

Liburan akhir tahun 2018 yang bertepatan dengan libur sekolah semester ganjil kali ini pas waktunya berbarengan dengan acara pernikahan keponakan di kampung. Jadi saya dan anak-anak bareng keluarga besar Pak Suami pulang kampung bersama-sama layaknya mudik di waktu lebaran.

Walaupun sudah beberapa kali pulang kampung, saya baru mengetahui bahwa ada tempat-tepat wisata yang belum pernah kami kunjungi, yang lokasinya cukup dekat dengan tempat tinggal kami di Desa Caruban. Di antaranya ada Taman Reptil dan Kampung Inggris Kebumen.

Meskipun dekat, kami tidak sempat berkunjung kesana. Karena waktu yang terbatas, kami hanya sempat main ke Krakal, tempat pemandian air panas dan wisata sejarah Benteng Van Der Wijck.

Dalam perjalanan pulang kembali ke Jakarta, kami sempatkan mampir ke Lokawisata Baturraden dan Small World di Purwokerto.

Wisata Kuliner Kebumen

Tempat jajanan yang selalu dikunjungi setiap kali saya mudik ke Kebumen adalah Bakso Cendrawasih Pak Bani. Lokasinya tidak jauh dari alun-alun Kebumen. Baksonya memang spesial dan tempatnya selalu ramai pengunjung.

Sama juga seperti waktu mudik sebelumnya, berkunjung ke alun-alun Kebumen tentu saja tidak boleh dilewatkan pada saat liburan akhir tahun kali ini. Makan nasi goreng di bawah pohon di alun-alun Kebumen juga menjadi salah satu menu wajib saat mudik. Lokasinya di seberang Masjid Agung Kebumen. Karena saya datang ketika hari masih sore, alun-alun Kebumen saat itu masih terlihat sepi.

Pemandian Air Panas Krakal

Pada liburan akhir tahun 2018 kemarin, saya juga sempat berkunjung ke tempat Pemandian Air Panas Krakal. Ini adalah kunjungan saya yang kedua kalinya. Tempatnya sudah jauh lebih bagus dibanding waktu saya kesini pertama kali. Ternyata, selain tempat pemandian air panas, disini ada pula tempat pemeliharaan rusa. Kalau saya tidak salah ingat, ada 4-5 ekor rusa jantan dan betina yang dipelihara.

Selain itu, ada acara Pasar Jaten Alian setiap hari minggu. Yaitu pasar tradisional yang berlangsung di hutan jati yang terletak di area belakang Krakal. Sayangnya saya datang pada hari Jumat disaat tidak ada hari pasaran.

Wisata Sejarah Benteng Van Der Wijck

Hari berikutnya kami berkunjung ke Benteng Van Der Wijck. Benteng yang dibangun pada zaman Belanda ini sudah dipugar kembali dan pengelolaannya menjadi satu bagian dengan Hotel Wisata yang berlokasi tidak jauh dari benteng.

Disini ada juga fasilitas tempat bermain anak-anak, kolam renang dan gedung serba guna yang disewakan untuk pesta pernikahan ataupun pertemuan.

Mengunjungi Lokawisata Baturraden

Saat perjalanan pulang kembali ke Jakarta, kami menyempatkan untuk mampir ke Lokawisata Baturraden. Mungkin karena pas hari Minggu dan bertepatan dengan liburan akhir tahun, tempat wisata ini dipadati oleh pengunjung. Di setiap sudut lokasi wisata dipenuhi orang-orang, sehingga kami tidak berlama-lama disana.

Wisata Small World Purwokerto

Tidak jauh dari Lokawisata Baturraden, ada wisata taman miniatur dunia Small World. Disini ada berbagai ikon terkenal dari berbagai negara di dunia, seperti menara kembar, patung Merlion , Patung Liberty, rumah tradisional Korea Hanok, dan masih banyak lagi.

Berkunjung kesini seperti keliling dunia dalam satu hari. Anggap aja sebagai gladi resik dulu sebelum berkunjung ke tempat aslinya hehe..

 

YOU MIGHT ALSO LIKE

Leaver your comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.