Day 22: Menjadi Blogger Part Time Yang Sukses

Day 22: Menjadi Blogger Part Time Yang Sukses

Menjadi blogger part time yang sukses? Wah, saya mau banget tuh. Mendapatkan manfaat ekonomis dari aktivitas menulis di blog, bagi seorang ibu rumah tangga seperti saya ini, sungguh merupakan hal yang luar biasa.

Gimana enggak, coba. Sehari-harinya saya sebagai ibu rumah tangga dengan segala rutinitas pekerjaan yang ga ada habis-habisnya. Di sela-sela rutinitas itu, saya meluangkan waktu untuk menulis di blog. Lalu dari hasil menulis itu saya dapat penghasilan.

Asyik ga tuh.

Menjadi blogger part time yang sukses adalah pekerjaan impian saya banget itu mah.

Lalu bagaimana caranya untuk menjadi  blogger part time yang sukses itu? Saya coba nyari-nyari di Google. Ketemu beberapa artikel yang membahas tips sukses untuk menjadi blogger part time. Saya coba rumuskan berikut ini ya.

Tips pertama untuk menjadi blogger part time yang sukses adalah menemukan ide tulisan.

Selama ini saya memang suka kebingungan mau menulis apa. Apalagi blog saya termasuk jenis blog gado-gado. Tidak mengusung tema tertentu. Kalo bahasa kerennya mah blog lifestyle ceritanya.

Padahal kenyataannya mah maksa hehe 😀 Karena ga ada tema spesifik, akhirnya segala macam ditulis. Dari curcol hingga bisnis online semua ada. Tapi selagi menulis macam-macam itu, saya tetap berharap bahwa apa yang saya tulis bisa ada manfaatnya bagi para pembaca.

Meskipun blog lifestyle yang cenderung gado-gado, ada tips yang menyebutkan agar blogger harus bisa fokus pada minat terbesarnya. Misalnya saya minat pada pembelajaran bisnis online, maka pada tema itulah, sebagian besar ide saya tuangkan dalam tulisan-tulisan saya.

Seperti contohnya pada tulisan saya tentang bagaimana saya memulai bisnis beras gotong royong ISC. Kemudian mempersiapkan web replika usahadi-rumah.com untuk mempromosikan bisnis ISC tersebut. Semuanya saya tuliskan di blog ini pada kategori belajar bisnis online.  Dan seterusnya.

Baca juga : Peluang Usaha Emak Zaman Now Bisnis Beras Gotong Royong ISC

Tips kedua untuk menjadi blogger part time yang sukses adalah menulis konten yang berkualitas.

Agar tulisan menjadi konten yang berkualitas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Termasuk didalamnya harus memperhatikan unsur SEO agar tulisannya masuk halaman pertama mesin pencari Google.

Saya berusaha semaksimal mungkin, konten yang saya tulis adalah orisinal hasil pemikiran saya sendiri. Bukan artikel hasil copas dari artikel orang lain. Kalaupun ada referensi dari situs lain, biasanya saya tulis ulang dengan bahasa saya sendiri dengan tetap menyebutkan sumber aslinya.

Untuk urusan SEO, saya percayakan pada plugin Yoast SEO yang saya pasang di blog ini. Alhamdulillah sangat membantu sekali setiap kali saya menulis artikel. Saya tinggal mengikuti sarannya agar tulisan saya memenuhi kaidah SEO.

blogger part time yang sukses

Tips ketiga untuk menjadi blogger part time yang sukses adalah menulis secara konsisten dan rutin.

Selama ini saya cukup konsisten dalam menulis, namun belum terjadwal dengan teratur. Kadang seminggu sekali ada update terbaru. Lebih sering tidaknya hehe…

Pilihan menjadi blogger part time tidak berarti penulisnya suka-suka kapan aja dalam menulis. Ada baiknya menyusun jadwal rutin dan terencana kapan tulisan akan diterbitkan.

Termasuk juga rutin dalam mempromosikan blog agar terjadi peningkatan trafik blog. Caranya  dengan mempromosikan blog melalui sosial media. Ataupun dengan blogwalking dan menulis komentar di artikel blog lain.

Nah blogwalking ini juga belum rutin saya lakukan. Biasanya saya blogwalking kalau saya sedang membutuhkan informasi tentang sesuatu. Padahal blogwalking ini cukup penting peranannya untuk meningkatkan trafik.

Sepertinya di masa yang akan datang saya juga harus menyisihkan waktu online untuk lebih rajin blogwalking.  Biasanya saya gunakan waktu online lebih banyak untuk menonton drama Korea hehe..

Baca juga : Daftar Blog Yang Dikunjungi Seminggu Terakhir

Tips keempat untuk menjadi blogger part time yang sukses adalah dengan terus belajar.

Dunia blogging seperti halnya teknologi yang akan terus berubah dan berkembang seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu jangan cepat berpuas diri dengan pencapaian saat ini. Seorang blogger part time harus senantiasa meningkatkan ilmunya dengan terus belajar.

Saya sangat bersyukur, dulu  memutuskan bergabung dengan Cafebisnis sebagai wadah saya belajar bisnis online.  Banyak ilmu baru yang saya dapatkan disana, termasuk tentang blogging dan SEO, dan terus update hingga saat ini.

Selain itu saya juga bergabung di komunitas Blogger Perempuan Network dan WordPress Blogger Indonesia, dimana saya bisa terus belajar dan meningkatkan kompetensi saya sebagai blogger part time.

Semoga saja saya bisa terus melakukan keempat tips menjadi blogger part time yang sukses di atas.

Ada yang punya tips lain? Silakan tuliskan di komentar ya 🙂

Catatan: Tulisan ini adalah artikel ke-22 dari 30 hari tantangan menulis blog oleh Blogger Perempuan Network. #bloggerperempuan #Day22 #BPN30DayChallenge2018

YOU MIGHT ALSO LIKE

  • Aprilely Ajeng Fitriana
    December 11, 2018

    saya juga pingin pakai yoast SEO. tapi kalau pakai blogger nggak bisa. 🙁
    padahal itu lumayan banget lho bantu SEO-SEO-annya.

    • mbaratna
      December 11, 2018

      iya betul saya merasa terbantu sekali pakai yoast seo

  • Lulu
    December 11, 2018

    Pluginnya itu cuma buat WordPress kah?

    • mbaratna
      December 11, 2018

      sepertinya begitu mbak, maaf saya kurang paham juga

Leaver your comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.