Day 1: Kenapa Menulis Blog – Dunia Ratna Begins

Day 1: Kenapa Menulis Blog – Dunia Ratna Begins

Ga terasa sekarang sudah mendekati penghujung tahun 2018. Kalo sudah dekat-dekat akhir tahun begini, biasanya saya jadi nostalgia. Selalu menengok lagi ke belakang. Saat-saat awal memutuskan kenapa menulis blog. Saat domain mbaratna.com online untuk pertama kalinya.

Sesuai dengan judul kisah kali ini Kenapa Menulis Blog Dunia Ratna Begins.

Laahhh..ko ya saya jadi tiba-tiba merinding begini 😀

Pasalnya saya sudah menulis blog ini selama 8 tahun sejak domain mbaratna saya beli pada tahun 2010. Delapan tahun waktu yang cukup lama lho. Sepertinya banyak juga teman-teman blogger yang saat itu saling berbagi link, sudah tidak memperpanjang domainnya lagi.

Saya bisa tahu hal ini karena sempat mengevaluasi broken link di blog saya ini yang ternyata jumlahnya cukup banyak. Dari situ baru ketahuan kalo link-nya sudah mati karena pemiliknya tidak memperpanjang domain.

kenapa menulis di blog

Saya bersyukur, saya bisa konsisten menulis blog ini. Hingga hari ini. Walopun ada juga masanya saat saya jenuh, kehabisan ide, dan faktor-faktor lainnya yang membuat saya tidak meng-update blog secara berkala.

Kalo mengenang lagi masa lalu, saya jadi ingat alasan kenapa menulis blog. Faktor utamanya adalah duit 😀

Saat itu, empat tahun setelah berhenti kerja karena pindah ke lain kota ikut suami, saya sehari-harinya hanya di rumah, dengan kesibukan mengurus dua anak balita yang sedang masa-masanya aktif, membuat saya merasa jenuh dengan rutinitas yang itu-itu saja.

Ingin bekerja lagi tapi susah cari ART. Ga tega juga sih ninggalin dua balita itu sendirian dengan pengasuh. Belum lagi usia saya yang sudah tidak muda lagi, sulit bersaing dengan mereka-mereka yang masih muda dalam mencari pekerjaan.

Saat itu saya juga masih menjadi kontributor di salah satu majalah wanita terkenal dengan bayaran honor yang tidak seberapa. Menerima pekerjaan menghitung nilai gizi resep pada salah satu halaman di majalah tersebut, via email. Karena sering bolak balik ke warnet nge-cek email, akhirnya kepikiran ide untuk mencari peluang mendapatkan uang di internet.

Browsing sana sini, ketemu salah satu cara mendapatkan uang dari internet yaitu dengan menulis blog.  Lalu saya belajar otodidak membuat blog untuk berjualan dengan WordPress.  Sampai saya beli CD panduan  WordPress, dan bergabung di komunitas Cafebisnis untuk menimba ilmu dan pengetahuan cara berbisnis online.

Baca juga: Dimana Belajar Bisnis Online Untuk Pemula?

Awal mula saya beli domain mbaratna.com di bulan Desember 2009, saya jadikan domain ini sebagai toko online dengan nama tokonya Bidadari Shop. Beberapa bulan kemudian, tepatnya bulan April 2010, saya beli domain bidadarishop.com untuk memisahkan web toko online dengan mbaratna.com sebagai blog pribadi, dengan nama blog Dunia Ratna.

Bulan berikutnya, bulan Mei 2010 saya membeli domain baru usahadi-rumah.com sebagai web untuk mempromosikan bisnis-bisnis saya secara online. Saat itu saya baru bergabung di Bisnis Abe dan pada saat yang hampir bersamaan saya juga bergabung dengan  d’BC Network dan menjalankan Bisnis Oriflame secara online.

Untuk beberapa waktu saya fokus memisahkan antara kegiatan menulis blog bisnis dan menulis blog pribadi. Segala hal yang berkaitan dengan bisnis Oriflame saya tulis di blog usahadi-rumah. Sedangkan blog mbaratna adalah tempat saya menulis segala hal yang berkaitan dengan anak-anak dan berbagi resep makanan. Sementara bidadarishop.com lebih dikhususkan untuk berbagi tips dan info seputar kecantikan dan berjualan produk.

Selain itu saya juga menulis blog tentang info-info yang didasarkan atas pengalaman saya sendiri dalam mengerjakan sesuatu, baik hal-hal yang berhubungan dengan bisnis online, maupun hal-hal umum lainnya. Saya berharap orang lain bisa ikut mendapatkan manfaat yang saya rasakan dari membaca tulisan-tulisan saya di blog.

Eha saya juga sempat menulis beberapa puisi saat lagi mood juga lho 😀

Barangkali ada yang mau nengok seperti apa puisi karya saya, silahkan untuk ngubek-ngubek kategori unek-unek di blog ini ya 😀

Sampai pada suatu saat ga sengaja ketemu dengan Komunitas Blogger Perempuan. Setelah membaca apa dan bagaimana komunitas tersebut, tanpa pikir panjang lagi saya langsung minta bergabung dan mendaftar menjadi bagian dari Blogger Perempuan Network. Di komunitas ini saya belajar bagaimana sebuah blog bisa di-monetize atau dengan kata lain menghasilkan uang dari hasil menulis blog.

Waah…ini sepertinya Allah Maha Baik sedang mewujudkan impian saya.

Menulis blog itu menyenangkan. Bisa berbagi manfaat itu juga merupakan perbuatan baik. Dan rasanya jadi lebih menyenangkan lagi, ketika bisa berbagi manfaat, saya mendapatkan rezeki ekstra berupa materi. Bukankah begitu?

Tapi koook… jadi kelihatannya ga ikhlas ya hehe…

Terlepas dari masalah materi yang saya dapatkan dari menulis, saya cukup bahagia jika tulisan saya dirasa ada manfaatnnya untuk pembaca.  Oleh karena itu, tak henti-hentinya saya bersyukur kepada Allah SWT. Alhamdulillahirobbil alamiin

Toh tidak semua tulisan saya dibuat untuk mendapatkan materi. Paling hanya ada 2-3 artikel sponsor post dalam setahun yang memang sengaja dibuat untuk tujuan itu. Selebihnya tidak.

Lalu seiiring dengan berjalannya waktu terjadi perubahan besar pada blog saya. Usahadi-rumah.com yang sekarang ini, tidak lagi mempromosikan bisnis Oriflame. Web tersebut kini saya dedikasikan sebagai web replika untuk mempromosikan Peluang Usaha di Rumah dengan Bisnis ISC. Setiap member ISC di jaringan saya berhak mendapatkan fasilitas web replika ini secara gratis.

Sedangkan bidadarishop tetap saya posisikan sebagai etalase toko online saya yang dilengkapi dengan informasi dan tips seputar dunia kecantikan. Bahkan saya membuatkan subdomain pada web utama bidadarishop apabila dirasa perlu membuat satu web khusus untuk promosi produk tertentu.

Sementara disini, mbaratna.com, titik awal bermulanya saya eksis secara online, masih akan berfungsi sebagai wadah berbagi cerita sesuai dengan alasan saya kenapa menulis blog. Sama seperti tagline blog ini.

kenapa menulis di blog

Dunia Ratna : kisah tentang aku, bisnisku dan keluarga kecilku.

Mohon doakan saya ya. Semoga alasan saya kenapa menulis blog menjadi motivasi bagi saya untuk bisa konsisten menulis selama yang saya bisa.

Catatan: Tulisan ini  adalah artikel hari pertama dari BPN 30 Day Challenge Tahun 2018. #Day1  #bloggerperempuan BPN30dayChallenge2018

YOU MIGHT ALSO LIKE

Leaver your comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.