Pagi ini saya bangun kesiangan. Terpaksa deh menyiapkan roti panggang coklat keju untuk bekal Hanum ke sekolah. Menu bekal yang gampang dan cepat waktu membuatnya.

Kadang-kadang saya suka bingung memikirkan bekal apa yang akan dibawa Hanum setiap pagi.  Soalnya saya membiasakan Hanum untuk membawa bekal buatan sendiri, bukan makanan jajanan atau kue-kue beli jadi di abang-abang yang suka lewat depan rumah.

Cari-cari di Tabloid Nova Online, ketemu deh resep yang yummie punya dan Hanum pasti suka. Pas dengan selera anak-anak saya yang doyan banget makan makaroni. Bahan-bahannya simple dan gampang cara buatnya. Tapi saya ga pake penyedap karena Hanum  alergi terhadap MSG.

Waktu digoreng aroma harum menyebar ke seluruh rumah. Maklum rumah mungil. Kemana-mana deket. Asap di dapur aja nyampe ke teras rumah. Hehe…

Sebagai Sarjana Ilmu Gizi (masih malu menyebut diri ahli gizi :P), gatel rasanya kalo liat resep ga ada informasi nilai gizinya. Maka saya hitung-hitung sendiri dan jadilah Bakwan Makaroni lengkap dengan nilai gizi berikut ini.

Selamat mencoba yaa 🙂

Bakwan Makaroni

Sumber gambar dan resep: nova.grid.id

Foto: Fadoli Barbathully

Bahan:
300 gr makaroni
4 sdm kornet sapi
1 btr telur ayam, kocok lepas
½ sdt lada bubuk
1 sdt garam
1 siung bawang putih,haluskan
½ sdt peyedap rasa (kalau suka)
minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:
1. Rebus makaroni sampai matang, tiriskan.
2. Aduk kornet, telur, lada, garam, bawang putih, dan penyedap rasa.
3. Sendokkan adonan ke minyak goreng panas, masak sampai matang. Angkat lalu tiriskan.

Untuk 5 Orang

Nilai gizi per porsi
Energi: 313 kkal
Karbohidrat: 54.1 g
Protein: 7.8 g
Lemak:  3.4 g

Mau coba resep makanan untuk bekal sekolah lainnya? Resep Bola-bola nasi untuk sarapan dan bekal sekolah yang sat ini bisa jadi pilihan loh!

9 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.