Tips Menghilangkan Noda Membandel Pada Pakaian

Saya ingin tau kondisi air tanah di daerah tempat tinggal anda. Apakah bersih dan layak untuk air minum dan memenuhi kebutuhan sehari-hari?

Atau sebaliknya? Boro-boro buat minum, buat mandi dan cuci aja kurang memenuhi syarat standar air bersih.

Airnya tampak keruh, menguning dan agak berbau.

Seperti itulah kondisi air tanah di rumah saya.

Walupun sudah menggunakan filter hingga airnya menjadi jernih, jika dipakai untuk mencuci pakaian, lama kelamaan warna pakaian akan tampak kusam. Apalagi pakaian berwarna putih, lam-lama pasti berubah warnanya menjadi krem hehe…

Baru beberapa hari ini saya mendapat tips yang cukup ampuh untuk mengatasi masalah baju yang menguning akibat kondisi air tanah yang jelek ini. Dan saya sudah membuktikannya sendiri lho.

Seorang ibu teman Hanum di TK berbagi tips tersebut.

Setelah dicuci dan dibilas, rendam pakaian dalam larutan asam sitrat atau lebih dikenal dengan sitrun. Takarannya pun hanya dikira-kira. Sebungkus sitrun dilarutkan dalam 10  liter air. Rendam pakaian selama kurang lebih 2-3 jam. Kemudian bilas dengan air bersih. Maka pakaian putih terlihat seperti baru kembali.

Jadi kayak iklan TV aja hehe.

Ternyata sitrun ini pun dapat digunakan untuk menghilangkan noda membandel pada pakaian, seperti noda saus, kecap, coklat dan lain-lain.

Taburkan sedikit bubuk sitrun ke atas pakaian yang bernoda. Diamkan beberapa saat. Kemudian kucek sedikit lalu bilas dengan air bersih. Insya Allah nodanya sudah hilang tak berbekas.

Gimana, mau mencobanya sendiri?

YOU MIGHT ALSO LIKE

  • mbaratna
    December 4, 2011

    @trisna, aku sih belum pernah coba..tp kata yg ngasih tips bisa untuk segala jenis bahan kain..selamat mencoba yah 😀

  • SRI
    May 20, 2011

    wah jadi enak ya nyuci karna pakai asam sitrun nak coba ahhh :peluk :2thumbup :thumbup

  • ada-akbar.com
    November 3, 2010

    wah..
    sukses buat Sitrum Detergennya kwakakakakak

    nice share bu . ..
    bisa dicoba. . ne ,terutama di pengungsian… 😀

    • Mba Ratna
      November 5, 2010

      @ada-akbar.com, haiyah..nyari sitrun di pengungsian mah susah kali pak… mending pake sabun colek aja xixixi

  • Nugs
    October 31, 2010

    Sitrun sama sabun cuci mahalan mana mbak..

    • Mba Ratna
      October 31, 2010

      @Nugs, kayanya sama deh, sitrun dan detergen yang ukuran sachet rentengan tu sama seribu perak

  • arif
    October 30, 2010

    sebagai anak kos, klo nyuci seadanya,hihihih 🙂

    • Mba Ratna
      October 31, 2010

      @arif, masih lumayan udah mau nyuci sendiri yaa 😀

  • anhie
    October 29, 2010

    mbak, asam sitrun tuch dapat di mana? belinya dimana yach? asam sitrun tuch yg kayak gimana??

    • Mba Ratna
      October 29, 2010

      @anhie, kalo saya sih beli di warung deket rumah mba 😀
      biasanya dijual di toko-toko bahan-bahan kue atau bahan kimia, berbentuk kristal putih, rasanya sangat asam, biasa digunakan dalam membuat es cocktail buah

Leaver your comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.