Ayam Saus Kedelai

Ini asli resep coba-coba hihi… Masak dari bahan-bahan seadanya. Ceritanya beli filet dada ayam mau dibikin ayam saus asam manis. Tapi karena anak-anak lagi pada batuk, saya menghindari masakan yang digoreng. Bingung juga mau dimasak apa daging ayam ni.

Nengok bumbu-bumbu di kulkas, cuma ada minyak zaitun sama saus teriyaki. Trus ngeliat ada sisa susu kedelai ga habis diminum Zhafif, daripada dibuang sayang, saya tuang aja ke dalam masakan akhirnya jadi deh tu ayam saus kedelai.

Continue reading

Saus Teriyaki Buatan Sendiri

Ceritanya ini lagi kepingin banget makan beef teriyaki yang banyak bawang bombay dan paprikanya. Tapi kebanyakan saus teriyaki yang ada di pasaran mengandung MSG di dalam bahan pembuatnya. Hanum kan alergi MSG jadi ga bisa makan dong nantinya.

Kemudian saya cari-cari di Google bagaimana cara membuat saus teriyaki sendiri. Ada sih beberapa tapi bahannya menggunakan kecap jepang yang saya tau belum ada label halal di kemasannya.

Continue reading

Brokoli Goreng Tepung

Brokoli adalah salah satu sayuran favorit saya. Saya masih ingat persis kapan dan dimana pertama kalinya saya makan brokoli.

Waktu itu saya masih berusia sekolah dasar, sedang menginap di Kebun Raya Cibodas, disuguhi sarapan pagi dengan mi instan yang dicampur brokoli.  Makan mi yang panas dalam cuaca dingin memang merupakan kombinasi yang pas banget. Rasanya masih bisa saya bayangkan sampai sekarang 😀

Untungnya kesukaan makan brokoli menurun pada anak-anak saya. Terutama Zhafif. Apalagi kalo saya masak cah brokoli dengan jamur, dengan nasi hangat pula. Waaahh… makannya pasti lahap.

Continue reading

Asinan Sawi Segar

Kalo lagi pusssssyyyiiiing kaya gene… maunya nih.. makan yang pedes-pedes..yang asem-asem..yang bikin cenat cenut di kepala langsung hilang. Tapiii.. kalo harus keluar siang-siang panas begini…ogah benerrr.

Jadi deh obrak abrik isi kulkas yang isinya ga seberapa 😀 Untung masih ketemu sawi putih yang bisa dibuat asinan segar.

Resepnya aku dapat dari pengasuhnya Hanum dulu yang pernah kerja di keluarga Korea. Dia sih bilangnya resep kimchi tapi saya lebih suka menyebutnya Asinan Sawi Segar karena lebih terasa Indonesia-nya.

Continue reading

Pisang Aroma

Teringat dulu waktu makanan camilan pisang aroma lagi booming, dimana-mana banyak penjual makanan jenis ini. Harganya pun cukup murah hanya Rp 500,- per buah.  Saya sering beli sepulang kuliah untuk oleh-oleh ke rumah.

Sekarang pisang aroma cukup sulit ditemui.  Sejak saya pindah ke Bekasi, belum pernah menemui penjual pisang aroma di lokasi sekitar rumah. Mungkin juga sudah tidak ada lagi yang menjualnya. Padahal  mudah sekali cara membuatnya. Bahan-bahannya juga bisa dengan gampang diperoleh di pasar atau di supermarket.

Saya mencoba membuatnya tapi tidak dengan bentuk pisang aroma yang asli. Sebab aslinya, pisang aroma itu bukan pisang tetapi kulit lumpia berisi keju, coklat meses, irisan nangka, atau irisan pisang, yang digoreng hingga kering. Karena bentuknya seperti pisang tapi ada aroma makanan lain maka disebut pisang aroma.

Continue reading