Bolu Kukus Ubi Ungu

Sejak punya mixer baru saya jadi rajin bikin kue hehe 😀 Kali ini bikin Bolus Kukus Ubi Ungu yang resepnya saya modifikasi dari resep bruder tape, resep yang tercantum dalam petunjuk penggunaan mixer dari kemasan dusnya.

Walopun coba-coba, bolu hasil modifikasi cukup memuaskan. Beda banget dengan cake tape yang sesuai resep aslinya. Mungkin karena saya ganti cara mengolah kue dari dipanggang menjadi dikukus, bolu kukus ubi ungu terasa lebih lembut, padat dan aroma margarinnya lebih tajam.

Continue reading

Bola-Bola Nasi Untuk Sarapan & Bekal Sekolah

Nyari ide bikin sarapan atau bekal buat anak-anak makan di sekolah itu susah-susah gampang. Ga mau yang susah maunya yang gampang karena pagi-pagi biasanya ribet sama persiapan mau berangkat sekolah. Belom lagi kalo anaknya pas lagi susah dibangunin, jadinya telat mandi telat juga sampe di sekolah boro-boro deh sempet sarapan.

Trus ide bikin Bola-Bola Nasi ini munculnya tiba-tiba saat ngeliat nasi yang tinggal sedikit lagi plus ada kerak-keraknya sisa makan semalam, nanggung banget buat dibikin nasi goreng. Akhirnya cuma ditambahin air segelas trus dimasak lagi di magic com, jadilah nasi yang agak sedikit lembek ditambah mentega, trus diaduk sampai rata. Boleh dikasih sedikit garam atau bubuk kaldu untuk menambah rasa. Abis itu dikasih isian lalu dibentuk bola-bola, jadi deh Bola-Bola Nasi, bisa untuk sarapan darurat di pagi hari atau dibawa sebagai bekal ke sekolah.

Continue reading

Tumis Kembang Durian

Siapa tak kenal buah durian? Walopun ga semua orang suka mengonsumsinya, hampir semua orang mengenal buah yang beraroma tajam ini. Ternyata, bukan cuma buahnya yang bisa dikonsumsi, bunganya pun ternyata bisa diolah menjadi masakan yang lezat, seperti Tumis Kembang Durian yang akan saya bagikan resepnya berikut ini.

Cara membuat Tumis Kembang Durian cukup mudah. Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan juga sederhana.  Yang bikin istimewa adalah ini pengalaman pertama saya mengolah kembang durian menjadi masakan. Hasilnya sangat memuaskan dan saya suka rasanya. Agak sedikit crunchy dan pedas. Cocok untuk menu makan siang.  Saya hampir menghabiskannya sendirian, hihihi..

Continue reading

Resep Ayam Kukus Cabe Hijau

Sejak mengikuti Kelas Food Combining bersama Pak Wied Harry minggu lalu, saya mulai mempraktekkannya dalam menu makan sehari-hari.  Dan hari ini saya  mencoba membuat resep baru hasil rekaan sendiri :p Ternyata hasilnya cukup memuaskan. Anak-anak bilang enak dan mereka suka sekali bahkan minta dibuatkan lagi.

Sesuai dengan prinsip dasarnya, supaya lebih sehat dengan food combining saya memilih memasak daging ayam dengan cara dikukus. Dipadu dengan bumbu-bumbu sederhana dan dimasak dengan panci bertekanan (pressure cooker), menghasilkan ayam kukus cabe hijau yang empuk, lezat dan gurih.

Continue reading

Resep Nutrishake Tropicana

Nemu resep aneka jus buah di majalah jadi muncul ide bikin resep Nutrishake Tropicana. Mulanya agak sangsi karena salah satu bahan yang dipakai yaitu jahe, membuat saya meringis duluan.

Kebayang kaaan, jahe rasanya gimana. Biasanya dipakai untuk bumbu masak atau dibuat obat tradisional. Kok ini malah dijus. Kayak apa tuh yaaa 😀

Continue reading