Keluarga

Belajar Agama Online di Rumah Via Youtube

Belajar agama online di rumah via Youtube merupakan salah satu alternatif yang sudah lama saya pikirkan sejak anak-anak menyelesaikan sekolah madrasah di DTA Al Husnayain. Setelah Zhafif lulus pada tahun 2017 dan Hanum tahun 2016 lalu, mereka praktis hanya belajar agama di sekolah saja.

Padahal waktu masih sekolah madrasah, Hanum dan Zhafif belajar agama setiap sore hari mulai Senin hingga Jumat. Tidak hanya hapalan Quran, mereka juga belajar Akidah Akhlak, Fikih, Al-Quran Hadist, Bahasa Arab dan Sejarah Kebudayaan Islam.

Materi-materi yang dipelajari di sekolah madrasah tentu saja melengkapi materi pelajaran agama di sekolah umum yang hanya sekali dalam satu minggu.

Makanya ketika anak-anak sudah tidak lagi sekolah madrasah, saya bingung juga bagaimana cara melanjutkan pelajaran agama di rumah.

Memang sudah seharusnya sayalah sebagai orang tua yang utama bertanggung jawab dalam pendidikan agama anak-anak. Bukan sekolah atau madrasah. Karena orangtua, adalah madrasah pertama untuk anak-anaknya.

Oleh karenanya saya terlebih dahulu harus belajar menambah ilmu agama untuk bekal mengajarkan anak-anak nantinya. Yang sudah saya lakukan selama ini rutin mengikuti kajian bersama ibu-ibu sekitar komplek rumah setiap seminggu sekali.

Sekali waktu saya suka mendengarkan ceramah para ustadz yang banyak beredar di Youtube. Tinggal ketik aja kata kunci tema yang ingin dipelajari di Youtube. Pasti banyak pilihan, terutama ustadz-ustadz yang populer di masyarakat seperti Ustadz Abdul Somad, Ustadz Adi Hidayat, Ustadz Khalid Basalamah, dan nama-nama ustadz lain yang cukup banyak jumlahnya.

belajar agama online
Belajar Agama online Via Youtube

Begini caraย  saya belajar agama online di rumah via Youtube, supaya biaya langganan internet setiap bulan di rumah ga keluar sia-sia, cuma dihabiskan untuk main game dan nonton drama korea online …hehe ๐Ÿ˜€

Dulu sekali, kalo tidak salah pada tahun 2011 saya pernah ikut kuliah Belajar Islam Online bersama Ustad Yusuf Mansur. Tapi sepertinya sekarang sudah tidak update lagi.

Memang belajar agama online sangat fleksibel karena bisa disesuaikan kapan waktu belajarnya dan bebas bisa dimana saja. Namun kelemahannya, saya tidak bisa konsisten. Atau mungkin tepatnya tidak bisa disiplin terhadap jadwal waktu belajar agama yang sudah ditetapkan di rumah.

Terkadang hari ini belajar, besok lupa.

Lain hari ingat, tapi waktunya yang gak ada.

Macam-macam aja kendalanya.

Akhirnya saya buat peraturan baru.

Saya buat kesepakatan dengan anak-anak. Setiap hari Senin sampai Jumat, ba’da Isya, kami akan belajar agama sama-sama dengan memanfaatkan internet di rumah.

Materi belajar setiap harinya berebeda-beda, disesuaikan dengan materi waktu sekolah madrasah dulu, sebagai berikut:

Senin : Fikih
Selasa : Akidah Akhlak
Rabu : Al quran dan Hadist
Kamis : Bahasa Arab
Jumat : Sejarah Kebudayaan Islam

Seperti contoh Senin lalu, saat kami baru menyelesaikan video fikih sholat oleh Ustadz Abdul Somad. Video-video lainnya yang sudah kami lihat pada minggu sebelumnya, saya cantumkan juga dibawah ini.

Belajar Agama Via Online Materi Fikih Sholat

Belajar Agama via Online Materi Akidah – Akhlak

Belajar Agama Online Materi Al Quran dan Hadist

Untuk materi hadist minggu lalu saya dapatkan dari link berikut ini : Kumpulan Hadist Pendek Untuk Anak Yang Mudah Dihapal

Belajar Agama Online Materi Bahasa Arab

Belajar Agama Online Materi Sejarah Kebudayaan Islam – Kisah Salahuddin Al Ayubi


Minggu ini adalah minggu kedua saya dan anak-anak mulai belajar agama online. Semoga bisa konsisten dan terus berlanjut pada minggu-minggu berikutnya.

Mohon doanya yaa ๐Ÿ™‚

2 Comments

Tinggalkan Jejak

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: