Belajar Bisnis Online

Sabtu Seru di Acara Festival Lapak Perpuseru

Sabtu sore kemarin saya menghadi undangan acara talkshow yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Festival Lapak Perpuseru yang berlangsung di Grand Atrium Kota Kasablanka, Jakarta sejak tanggal 28-30 September 2018.

Tidak hanya acara talkshow, Festival Lapak Perpuseru juga diramaikan dengan kegiatan konser artis-artis penyanyi ibu kota, dan pameran produk UMKM dari berbagai daerah di Indonesia.

festival lapak perpuseru
Konser Musik – Festival Lapak Perpuseru
festival lapak perpuseru
Salah Satu Stand UMKM – Festival Lapak Perpuseru

Perpuseru merupakan program pengembangan perpustakaan yang didukung oleh Cocacola Foundation Indonesia dan Bill & Melinda Gates Foundation. Perpuseru yang didirikan tahun 2011 ini bertujuan menjadikan perpustakaan sebagai pusat belajar dan berkegiatan masyarakat berbasis teknologi informasi dan komunikasi, yang pada akhirnya berdampak ada peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Perpuseru bermitra dengan perpustakaan daerah, di 16 provisinsi di Indonesia. Hingga kini ada sudah ada 335 perpustakaan baik di kota maupun kabupaten yang bermitra dengan Perpuseru dan masih akan bertambah luas.

Kembali ke acara Festival Lapak Perpuseru kemarin, acara talkshow pada Sabtu sore ini menghadirkan mbak Aprijanti seorang Beauty Blogger terkenal yang berbagi ilmu tentang materi SEO  untuk blog,  khususnya bagi pelaku UMKM yang ingin Go Online agar usahanya lebih berkembang lagi.

talkshow festival lapak perpuseru
Talkshow Materi SEO Bersama Aprijanti – Festival Lapak Perpuseru
festival lapak perpuseru
Profil Aprijanti Narasumber Talkshow UMKM Go Online – Festival Lapak Perpuseru

Peluang UMKM yang dijalankan secara online sangat besar potensinya. Dari data yang ditunjukkan oleh Mbak Aprie, setengah dari populasi Indonesia sudah menggunakan internet. Artinya ada sekitar 130 juta penduduk Indonesia yang sudah melek internet, dan 67% diantaranya pengguna aktif internet lewat ponsel pintar.

talkshow festival lapak perpuseru
Data Pengguna Internet di Indonesia – Talkshow SEO untuk Blog Festival Lapak Perpuseru

Saya jadi ingat bisnis Beras Gotong Royong ISC yang sedang saya jalani sekarang, tentu potensi peluangnya bertambah besar jika bisa berkembang secara online. Sebab selain produk fashion dan kecantikan, makanan termasuk produk yang banyak dicari di internet.

Baca juga : Peluang Usaha Emak Zaman Now Bisnis Beras Gotong Royong ISC

festival lapak perpuseru
Kenapa Harus Online? Festival Lapak Perpuseru

Menurut Mbak Aprie, senjata utama pelaku UMKM bisa Go Online adalah dengan memiliki website, atau sekurang-kurangnya memiliki blog. Di website bisa dicantumkan informasi-informasi penting selain deskripsi produk yang dijual. Diantaranya profil perusahaan, data alamat dan kontak perusahaan, testimoni produk, dan lain sebagainya.

Adanya website juga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen. Terlebih karena online, tidak terjadi tatap muka antara si penjual dan pembeli (konsumen). Oleh karena itu, adanya website sebagai sumber informasi produk bisa membuat konsumen merasa nyaman dan aman bertransaksi secara online.

Selain itu, dengan memiliki website bisa menyebabkan produk dengan kata kunci tersebut muncul di halaman pertama mesin pencari Google, yang tentunya akan berdampak pada peningkatan penjualan.

festival lapak perpuseru
Keuntungan Memiliki Website – Festival Lapak Perpuseru

Hal-hal teknis yang perlu diperhatikan pada saat mengembangkan sebuah website untuk produk atau toko online agar terindex Google, antara lain:

  • artikel menarik yang ditulis dengan kaidah storitelling
  • didukung oleh gambar-gambar yang jelas dan bersih
  • tampilan blog/website yang bersih, dan sederhana
  • menerapkan kaidah SEO sederhana
festival lapak perpuseru
Kaidah SEO untuk Blog – Festival Lapak Perpuseru
festival lapak perpuseru
Foto Pendukung di Website – Festival Lapak Perpuseru

Selain memiliki website, mendaftarkan usahanya ke Google Map juga merupakan salah satu upaya UMKM untuk Go Online. Dengan tercantumnya usaha UMKM di Google Map, akan memudahkan konsumen untuk menemukan toko atau mendapatkan informasi produk sejelas-jelasnya sehingga penjualan bisa meningkat.

festival lapak perpuseru
Google Map – Festival Lapak Perpuseru

Agar UMKM masuk di Google Map, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun di Google Bisnis dan mendaftar di Yellow Pages.

Upaya UMKM Go Online lainnya adalah berjualan di market place. Dengan berjualan di banyak market place yang ada seperti Lazada, Tokopedia, Blibli, Shopee, dan lain sebagainya, ibaratnya seperti membuka cabang dimana-mana namun dengan biaya relatif lebih murah dibandingkan dengan membuka toko fisik yang pastinya membutuhkan modal besar.

Membuka toko di market place tidak perlu membayar uang sewa toko, bayar listrik, dan biaya-biaya lainnya, sebab membuka akun di market place biasanya gratis. Yang dibutuhkan cukup kuota internet yang memadai dan stok foto produk yang jelas serta deskripsinya sedetil mungkin.

festival lapak perpuseru
Market Place di Indonesia – Festival Lapak Perpuseru

Upaya lain yang tidak kalah pentingnya adalah memiliki akun-akun sosial media pendukung, seperti Instagram dan Facebook yang populer sebagai wadah promosi online secara gratis.

festival lapak perpuseru
Media Sosial – Festival Lapak Perpuseru

Manfaatkan juga testimoni atau review pengguna atau konsumen, baik dalam bentuk artikel review di blog atau website, saluran Youtube, atau sosial media lainnya. Jangan malas untuk membalas komentar-komentar di sosial media karena bisa jadi, dari diskusi di kolom komentar bisa memberikan ulasan produk yang positif atau bahkan mendapatkan konsumen baru.

festival lapak perpuseru
Testimoni Pelanggan – Festival Lapak Perpuseru

Mbak Aprie juga mengingatkan agar website selalu update supaya tetap terindex Google. Minimal sebulan sekali ada artikel baru yang terbit.

Walaupun Talkshow UMKM Go Online ini berlangsung cukup singkat, materi yang disampaikan Mbak Aprie cukup padat, terutama menyangkut teknis penerapan kaidah SEO sederhana untuk blog agar terindex Google.

Saya memang sudah belajar SEO sejak lama tapi masih belum mahir juga sampai sekarang 😀 Dari mengikuti talkshow UMKM kemarin saya jadi lebih mengerti tentang SEO dan dapat ilmu baru yang bisa langsung saya praktekan.

Sayang, karena sudah magrib dan saya buru-buru pulang, saya jadi ga sempat foto-foto dengan Mbak Aprie dan juga teman-teman Komunitas Blogger Perempuan Network (BPN) yang sama-sama menghadiri acara ini.

Oh iya, di awal saya lupa menyebutkan bahwa undangan ini saya dapatkan infonya dari BPN. Saya memang belum banyak mengikuti kegiatan-kegiatan BPN sejak saya bergabung di sana.

Baca juga Bergabung dengan Komunitas Blogger Perempuan network

Talkshow ini adalah kegiatan kedua yang saya ikuti. Sebelumnya saya menghadiri Konser IOEF yang berlangsung di Taman Ismail Marzuki bulan Agustus lalu.

Saya sempat ngobrol dengan salah seorang member BPN yang sudah lama bergabung dan mendapatkan benefit yang sangat besar ketika mengikuti kegiatan-kegiatan seperti ini, baik sebagai blogger maupun buzzer.

Sepertinya influencer merupakan profesi yang cukup menjanjikan di era digital seperti sekarang ini. Berarti keputusan saya bergabung di komunitas BPN adalah langkah yang sangat tepat.

Mau bergabung juga? Silakan isi form berikut Pendaftaran Anggota Blogger Perempuan Network

Tinggalkan Jejak

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: