belanja online sepatu wedges
Sahabat

Suka Duka Belanja Online Sepatu Wedges di Marketplace

Masih ngomongin seputar belanja online di marketplace. Sejak saya kenal marketplace pertama kalinya bertahun-tahun yang lalu, saya jadi terbiasa berbelanja online. Dari mulai belanja kebutuhan rumah tangga seperti alat-alat dapur; peripheral dan asesoris komputer seperti modem, flasdisk, USB cable, dst; produk fashion seperti blouse, gamis, kerudung, sepatu wedges, sandal, tas wanita dst; sampai produk makanan baik bahan makanan pokok maupun cemilan.

Dulu-dulu masih belum banyak marketplace lokal yang sering saya kunjungi. Saya hanya tau satu marketplace saja  dan sempat belanja online disitu beberapa kali. Waktu itu kalo tidak salah saya beli harddisk external dan flashdisk.

Kemudian muncul marketplace lainnya, dimana saya tidak hanya sebagai pelanggan tetapi juga membuka toko online pertama saya disana. Saya ingat waktu pertama kali mendapatkan transaksi. Bukan main senangnya saya waktu itu.

Makin kesini, makin banyak pilihan marketplace untuk dikunjungi. Tidak hanya yang berasal dari dalam negeri, tetapi juga dari luar negeri. Saya memiliki akun di beberapa marketplace ini dan rutin berbelanja beberapa kali dalam sebulan.

Apalagi dengan memasang aplikasi marketplace dari Google Play, makin memudahkan saya menerima update informasi terbaru dengan cepat, baik berupa produk-produk baru maupun promo-promo menarik, diantaranya seperti promo diskon jumbo sale sampai 70%.

belanja online di marketplace
Promo Jumbo Sale di Mataharimall

 

Satu hal yang menjadi pertimbangan mengapa saya suka sekali belanja online di marketplace adalah faktor keamanannya.

Bertransaksi di marketplace menghindarkan saya kena tipu online shop-online shop yang tidak bertanggung jawab. Sudah sangat sering saya baca di timeline FB, teman-teman saya membagikan info tentang penipuan yang marak terjadi di dunia perniagaan online. Malah tidak sedikit dari mereka sendiri yang menjadi korbannya juga.

Nah, belanja online di marketplace, pembayaran dilakukan ke rekening perusahaan pemilik situs marketplace, bukan ke rekening pribadi si pemilik lapak. Mereka ini, para pemilik lapak yang berjualan di marketplace, tidak bisa mengambil atau mencairkan dana, sebelum pelanggan melakukan konfirmasi penerimaan. Sehingga kecil kemungkinannya untuk mereka melakukan penipuan.

Meskipun begitu, sekali dua kali pernah juga sih kejadian saya belum juga mendapatkan barang yang dipesan hingga batas waktunya berakhir. Tapi uang saya tetap aman dan saya mendapat pengembalian uang 100%, sejumlah harga barang yang saya pesan.

Selain faktor keamanan, saya suka belanja online di marketplace karena lebih praktis bisa menghemat waktu dan tenaga, dibanding berbelanja secara langsung di toko.

Saya juga ga perlu capek pindah dari toko satu ke toko lainnya untuk menanyakan harga dan melakukan survey produk.

Kalo belanja online di marketplace, saya tinggal duduk manis depan laptop atau sambil pegang ponsel. Saya buka semua situs marketplace yang ingin dikunjungi, lalu cari produk yang diinginkan. Mau itu produk kebutuhan rumah tangga atau produk fashion macam sepatu wedges, saya tinggal klik untuk memilih produk, membandingkan harga dengan situs marketplace lainnya, ataupun survey produk.

Semuanya bisa dilakukan dari rumah aja. Jadi belanja online di marketplace itu lebih hemat waktu dan tenaga.

Apalagi dengan adanya promo-promo menarik dari setiap marketplace. Ada promo gratis ongkir, flash sale, diskon gede-gedean, promo cashback dan macam-macam promo lain untuk menarik pelanggan.

Bukan hanya saya yang ketagihan belanja online di marketplace, termasuk pak suami juga ikut-ikutan minta diajari cara belanja online di marketplace. Sekarang hampir tiap minggu, ada aja abang kurir yang datang antar paket ke rumah hehe 😀

Memang ga semua pengalaman belanja online di marketplace sukses dan menyenangkan. Ada juga dukanya yang bikin saya kecewa berat.

Misalnya aja waktu saya memesan baju gamis syar’i yang cantik, Dari gambar yang ditampilkan sih keliatannya bagus. Eh begitu barangnya datang ternyata tidak secantik yang di gambar. Entah itu jahitannya yang kurang rapi, modelnya yang ga sesuai atau ukurannya kebesaran atau kekecilan. 

Saya pernah juga mengalami, pesan baju warna biru eh yang dikirim warna coklat. Sebal juga kan jadinya. Meskipun ada prosedur pengembalian produk, akhirnya saya simpan aja bajunya. Malas juga harus melewati prosesnya. Karena pasti butuh waktu berhari-hari.

Pernah juga belanja online sepatu wedges yang tampak cantik di foto. Eh waktu diterima beda dengan yang di foto. Sesuai sih dengan harganya yang murah  😀 

belanja online sepatu wedges
Kiri tampilan olshop – Kanan realita

Lain waktu, pernah belanja sepatu olahraga. Setelah diterima, ternyata ukurannya kekecilan. Bisa sih ditukar, tapi biaya ongkir untuk pengembalian dan pengiriman ulang harus saya tanggung sendiri. 

Oleh karenanya, saya harus jeli membaca semua detil sebelum melakukan pemesanan. Membaca deskripsi produk dengan seksama. Ada kalanya penjual memang mencantumkan keterangan bahwa foto yang ditampilkan memang hanya sebagai referensi saja. Produk dibuat menyerupai foto dengan tingkat kemiripan 90%. 

Jangan juga mudah tergiur dengan harga murah. Seperti kata pepatah, ada harga ada rupa. Duit mah ga bakalan boong deh, begitu kata temen saya yang udah biasa jualan baju di rumahnya.

Kalo harga yang ditawarkan sangat murah di bawah standar, jangan harap dapat barang bagus. Kalo engga kualitasnya yang rendah, mungkin itu barang refurbished (barang yang tidak memenuhi standar kualitas, dijual kembali dengan harga murah setelah mengganti komponen yang rusak), atau bisa jadi juga penipuan. Terutama untuk barang-barang elektronik dan ponsel pintar.

Dari pengalaman penuh suka duka berbelanja online di marketplace, saya akhirnya punya kebiasaan khusus. Ketika belanja produk makanan, alhamdulillah belum pernah kecewa. Saya malah punya daftar toko favorit dimana saya sudah menjadi langganan disana. 

Sedangkan ketika belanja produk fashion seperti gamis atau sepatu wedges, saya baca ulasannya dulu sebelum memutuskan untuk membeli. Kalo banyak ulasan negatif, saya ga jadi pesan disitu. Saya cari lagi penjual lain yang menawarkan produk yang sama tapi dengan ulasan yang lebih baik. Kalo perlu saya chat dulu ke penjualnya untuk informasi lebih detil.

Satu hal lagi, untuk produk fashion, terutama sepatu saya lebih suka berbelanja online di situs marketplace yang ada toko riilnya macam Mataharimall. Selain karena saya bisa datang dulu ke toko terdekat untuk melihat produknya secara langsung, di Mataharimall ada program cocok baru bayar.

belanja online sepatu wedges
Program Cocok Baru Bayar di Mataharimall

Dengan program cocok baru bayar ini, saya bisa mencobanya terlebih dahulu sebelum membayar produk yang saya pesan. Kalo ternyata ga cocok, saya boleh membatalkan pesanan. Asyik ya 😀

Dengan begitu saya bisa menghindari pengalaman mengecewakan dari berbelanja online sepatu wedges di marketplace.

Silahkan berkunjung ke Mataharimall untuk info lebih detil syarat dan ketentuan mengenai program ini ya.

Tinggalkan Jejak

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: