resep khas Ramadhan
Resep Makanan

Resep Masakan Khas Ramadhan So Good Sosis Saus Manis

Resep Masakan Khas Ramadhan tahun ini cukup banyak diwarnai dengan masakan serba praktis dan cepat.  Ga cuma untuk menu berbuka, tetapi juga menu untuk sahur setiap hari di bulan Ramadhan.

Apalagi Ramadhan tinggal beberapa hari lagi. Sudah mulai malas masak hehe… Sudah beberapa hari ini saya selalu beli di luar, terutama makanan untuk berbuka. Malah kalau diingat-ingat lagi, rasanya saya baru sekali masak kolak biji mutiara. Itu pun akhirnya saya sulap jadi es podeng karena ga laku hehe.

Selain itu karena anak-anak lebih suka berbuka dengan makanan yang asin-asin seperti menu buka puasa dengan kebab isi sosis, dibanding makanan yang manis. Menu buka puasa Ramadhan tahun ini ga jauh-jauh dari tahu dan bakwan goreng dan es buah untuk melengkapi teh manis panas dan sebutir kurma.

Palingan kalo pas pak suami bisa buka di rumah, saya tambahin bubur kacang hijau favoritnya. Itu juga dapat beli bukan bikinan sendiri hehe…

Ga berbeda jauh dengan menu berbuka, menu sahur juga didominasi dengan nugget, telur dadar atau nasi goreng sesuai keinginan anak-anak.

Saya banyak menggunakan varian produk-produk So Good siap masak seperti nugget, stick dan sosis untuk menu sahur karena praktis dan tidak butuh waktu lama untuk memasaknya. Kadang-kadang dilengkapi dengan sayur sop atau rebusan wortel dan labu siam. Namun lebih sering dimakan langsung dengan nasi hangat.

Kalaupun masak, saya buat yang praktis dan mudah membuatnya. Contohnya Resep Khas Ramadhan So Good Sosis Saus Manis berikut ini.

resep masakan khas ramadhan
Sosis So Good Saus Manis

Membuat Resep Masakan Khas Ramadhan Sosis Saus Manis tidak terlalu sulit. Bahannya juga sederhana dan mudah di dapat. Hanya butuh waktu kurang lebih 10-15 menit untuk membuatnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan hanya terdiri dari beberapa macam saja. Yaitu Sosis So Good Premium, wortel, bawang bombay dan bawang putih serta bumbu pelengkap saus asam manis, kecap dan bumbu bubuk seperti garam, merica bubuk dan oregano kering. Tidak lupa minyak goreng untuk menumis.

Sebelum mulai masak saya persiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Sosis dipotong-potong setebal 1-2 cm kemudian dikerat belah empat. Wortel juga diiris tipis supaya cepat matang ketika dimasak. Bawang bombay berukuran besar dibelah delapan. Lalu bawang putih dicincang kasar.

Potongan sosis dan wortel (Sumber: koleksi pribadi)

Setelah semua bahan siap, mulai lah proses pembuatannya. Minyak goreng dipanaskan dengan api besar. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Kemudian masukan potongan wortel dan sosis, aduk sebentar hingga sosis mengembang dan berubah warna.

Tuang segelas air, masukkan saus asam manis, kecap, garam, merica bubuk dan oregano kering secukupnya, lalu biarkan masak hingga wortel matang. Saya tambahkan sedikit kaldu jamur untuk menambah sedap rasanya. Atau bisa juga menggunakan bumbu penyedap rasa lainnya.

Jika kuah sudah menyusut dan kental, matikan api. Resep masakan khas Ramadhan Sosis So Good Saus Manis siap disajikan dengan nasi hangat.

Gimana, cukup mudah bukan ?

Nah berikut ini saya ringkaskan resep masakan khas Ramadhan Sosis So Good Saus Manis untuk Anda.

Bahan:

1 bungkus (500 gram) Sosis So Good Premium, dipotong setebal 1-2 cm
1 buah wortel ukuran sedang, diiris tipis
1 buah bawang bombay ukuran besar, dibelah 8
2 buah bawang putih, dicincang kasar
2 sdm minyak goreng untuk menumis
1 bungkus saus asam manis kemasan
2 sdm kecap manis
Garam, gula, merica bubuk, oregano secukupnya

Cara Membuat:

  1. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga layu dan harum.
  2. Masukan wortel dan sosis, masak sebentar hingga sosis mengembang dan wortel layu.
  3. Tuang air dan semua bumbu, masak lagi hingga kuah menyusut dan kental.
  4. Angkat dan sajikan dengan nasi hangat.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Jejak

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: