menu sahur
Resep Makanan

Menu Sahur Dengan Susu Kocok Campur Oat dan Kurma

Menu sahur di bulan Ramadhan tahun ini agak berbeda dengan Ramadhan tahun-tahun sebelumnya. Biasanya saya mengkonsumsi nasi lengkap dengan lauk pauknya untuk sahur.

Ramadhan kali ini saya rutin minum shake dari campuran oat, kurma dan susu UHT (kadang-kadang diganti susu kedelai) untuk menu sahur.

Dari beberapa referensi yang saya baca, oat termasuk salah satu jenis bahan makanan terbaik untuk sahur. Kenapa? Berikut ini beberapa alasannya.

menu sahur
Sumber gambar: FB Tri Widayanti
  • Oat itu bahan makanan yang sangat baik untuk di konsumsi karena memiliki kandungan protein dan serat larut yang paling tinggi. Karena kandungan serat larutnya, maka fungsi oat seperti sponge yang bisa menyerap kolesterol jahat dalam darah.
  • Kandungan serat oat yang tinggi, akan menimbulkan efek kenyang lebih lama, sehingga lebih tahan lapar bila dibanding dengan memakan makanan olahan yang berbahan dasar tepung gandum atau nasi yang berbahan dasar beras. Maka wajar saja jika oat ini dianjurkan untuk orang yang sedang menjalankan program diet sehat atau puasa.
  • Oat termasuk sumber karbohidrat kompleks yang memiliki nilai GI (Indeks Glikemik) rendah. Indeks Glikemik (GI) adalah nilai yg diberikan untuk makanan kaya karbohidrat berdasarkan efeknya pada gula darah. Pada proses metabolisme, tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna dan menyerap karbohidrat kompleks, sehingga menyebabkan pankreas dapat bekerja lebih lambat.

Pada akhirnya, kadar gula darah dan tingkat insulin menjadi lebih stabil dan ini tentunya tidak hanya baik bagi penderita diabetes, tapi juga untuk semua orang.

Sedangkan kurma kaya akan gula alami seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang dapat meningkatkan energi secara cepat.  Asam amino di dalamnya juga membuat kurma mudah dicerna dan dimanfaatkan oleh tubuh. Tak hanya itu, serat pangan dan karbohidratnya membantu mengenyangkan perut sehingga lebih tahan lapar.

menu sahur kurma
Sumber gambar: koleksi pribadi

Susu membantu memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh selama berpuasa. Kandungan gizi susu yang kaya akan protein, vitamin dan mineral memberi manfaat yang sangat baik bagi kesehatan orang yang berpuasa.

Selain itu mengkonsumsi susu saat sahur akan menambah asupan cairan dalam tubuh dan membantu memperkuat daya tahan tubuh selama puasa.

Bagaimana cara membuat susu kocok campur oat dan kurma yang lezat untuk menu sahur? Berikut ini saya bagi resepnya.

Menu Sahur Susu Kocok Campur Oat dan Kurma

Bahan-bahan:

  • 1 gelas susu UHT / susu kedelai (± 200ml)
  • 4 sendok makan oat instan, beri ½ gelas air panas, sisihkan
  • 5 buah kurma yang telah direndam dalam 1 gelas air (± 200ml) semalaman
menu sahur oat shake
Sumber gambar: koleksi pribadi

Cara membuat:

  • Campur semua bahan dan blender hingga tercampur rata.
  • Sajikan segera.

Saya minum habis satu resep susu kocok ini jadi merasa kenyang tahan lama sampai siang.

Dan bonusnya berat badan juga sudah mulai turun alhamdulillah 😀

Puasa memang diniatkan untuk ibadah karena Allah, tapi berharap ada efek samping badan jadi kurus masih boleh kan yaaa hehe..

Semoga puasanya lancar yaaa 🙂

 

Tinggalkan Jejak

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: