larutan penyegar alami
Info Sehat

Cara Menghilangkan Bau Mulut Ketika Puasa

Cara menghilangkan bau mulut merupakan solusi yang sedang saya cari ketika sedang berpuasa Ramadhan seperti sekarang ini. Memang pada saat berpuasa kondisi mulut yang kering bisa menjadi salah satu pemicu munculnya bau mulut. Akibatnya saya jadi kurang percaya diri. Namun setelah saya baca-baca, cara menghilangkan bau mulut yang utama adalah dengan menjaga kondisi mulut tetap bersih.

Untuk menjaga kondisi mulut tetap bersih, selain dengan rajin menyikat gigi, gusi dan lidah setelah sahur dan berbuka puasa, sebaiknya dilanjutkan dengan membersihkan sela-sela gigi dari sisa-sisa makanan yang mungkin tertinggal dengan dental floss atau benang gigi. Kemudian diakhiri dengan berkumur dengan larutan penyegar untuk mulut lebih bersih dan nafas lebih segar.

Cara menghilangkan bau mulut dengan larutan penyegar yang ada di pasaran sepertinya memberikan efek hasil yang sangat cepat, tapi bisa jadi di dalamnya terkandung alkohol. Akibatnya bakteri mulut yang baik mungkin bisa ikut mati dalam prosesnya. Selain itu kandungan alkohol dalam larutan penyegar bisa menyebabkan iritasi dan membuat kondisi mulut menjadi lebih kering.

Kandungan alkohol dalam larutan penyegar juga malah membuat saya jadi khawatir. Kalau terminum kan haram jadinya. Selain karena kandungan alkoholnya, larutan penyegar yang dijual bebas mungkin juga mengandung zat aditif buatan seperti zat pewarna dan zat perasa yang mudah diserap oleh tubuh dan berbahaya bagi kesehatan.

Untuk menghindarinya, saya ingin mencari cara menghilangkan bau mulut dengan larutan penyegar yang dibuat sendiri dengan bahan alami (DIY – Do it Yourself).  Selain lebih sehat dan alami, larutan penyegar yang dibuat sendiri bisa lebih hemat karena menggunakan bahan-bahan yang tersedia di rumah. Juga bisa disesuaikan baik rasa maupun jumlahnya sesuai dengan selera saya sendiri. Dan pastinya lebih ramah lingkungan.

Browsing sana-sini akhirnya ketemu cara menghilangkan bau mulut dengan larutan penyegar yang mudah dan praktis seperti yang saya kutip dari situs fabhow.com. Bahan-bahannya mudah didapat dan tersedia di dapur. Cara membuatnya juga sangat mudah dan cepat.

DIY Larutan Penyegar Alami dengan Bubuk Kayumanis dan Cengkeh

Kayu manis mengandung polifenol esensial, flavonoid dan antioksidan yang berfungsi sebagai anti inflamasi dan anti mikroba sehingga sangat baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Kayu manis juga merupakan pengawet alami yang dapat memperpanjang umur simpan larutan penyegar alami ini.

Dalam DIY larutan penyegar alami ini juga menggunakan cengkeh dan extract peppermint. Cengkeh berfungsi sebagai anti bakteri yang kuat sedangkan peppermint berguna untuk membantu memebrikan rasa ringan yang menyegarkan.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat larutan penyegar alami ini antara lain:

cara menghilangkan bau mulut
Sumber gambar: www,fabhow.com
  • 1 sendok teh cengkeh
  • 1 sendok teh bubuk kayu manis
  • 1 sendok teh ekstrak peppermint
  • 1 gelas air

Cara membuat:

Langkah 1. Campur semua bahan dan rebus hingga mendidih

cara menghilangkan bau mulut
Sumber gambar: www,fabhow.com
  • Letakkan panci di atas api.
  • Tuang 1 cangkir air ke dalamnya.
  • Tambahkan 1 sendok teh bubuk kayu manis dan cengkeh tanah ke air.
  • Rebus hingga mendidih, lalu biarkan selama 5 menit.
  • Setelah selesai, angkat dan biarkan cairan mendingin.

Langkah 2. Saring cairan ke dalam dan tambahkan ekstrak peppermint

cara menghilangkan bau mulut
Sumber gambar: www,fabhow.com
  • Saring campuran ke dalam wadah.
  • Tambahkan sekitar 1 sendok teh ekstrak pepermin.
  • Aduk rata dan pindahkan larutan ke botol kedap udara untuk disimpan.
larutan penyegar alami
Sumber gambar: www.fabhow.com

Gunakan larutan penyegar ini untuk berkumur setelah menyikat gigi.  DIY larutan penyegar alami  ini baik digunakan selama 8 hingga 10 hari.

Setelah saya mengetahui cara menghilangkan bau mulut dengan larutan penyegar alami ini, saya jadi bisa lebih percaya diri meskipun sedang berpuasa.

Semoga puasanya tetap lancar sampai di akhir Ramadhan nanti.

Amiin ya robbal alamiin.

Tinggalkan Jejak

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: