Resep Makanan

Puding Pisang Selai Kacang Skippy

Saya selalu sedia selai Skippy di rumah, tapi biasanya cuma dikonsumsi sebagai pelengkap makan roti. untuk sarapan. Baru tau ternyata banyak sekali cara untuk menikmati lezatnya selai Skippy, ketika saya menerima penawaran Skippy Blog Competition dari Blogger Perempuan Network.

Tanpa pikir panjang saya langsung daftar untuk mengikuti kompetisi tersebut. Menang atau kalah tidak jadi soal. Yang penting saya bisa menyalurkan kreativitas saya dalam hal mengolah makanan.

Meski tidak berharap menang juara 1 dengan hadiah uang 5 juta rupiah. Minimal saya bisa dapat hadiah hiburan Voucher MAP senilai Rp 300.000,-. Itu aja sudah senang banget. Kalo dapet kan lumayan bisa ngajak anak-anak makan di luar sesekali  Ngarep juga dink hehee…

Setelah berhari-hari cari ide resep di Google, akhirnya saya memutuskan untuk membuat camilan Puding Pisang Selai Kacang Skippy.  Kebetulan anak-anak lagi libur sekolahnya, jadi di rumah bawaannya laper pengen ngemil melulu.

Saya pilih puding karena proses membuatnya sangat mudah. Dijamin anti gagal deh. Namanya juga resep coba-coba.  Biasanya trial and error-nya tinggi. Ga cukup hanya praktek satu-dua kali. Harus berkali-kali mencoba baru ketemu resep yang paling tepat.

Saya biasanya selalu berhasil dalam satu kali praktek kalo membuat puding. Tapi kalo bikin jenis makanan lain, misalnya bolu atau roti, mesti ada yang gagalnya. Entah adonan yang bantat atau hasilnya gosong.

Akibatnya bukannya dinikmati oleh keluarga  tapi malah dibuang. Kan sayang 🙁

Tapi insya Allah, kalo buat puding mah biasanya saya selalu berhasil. Meski dibuat tanpa resep sekalipun alias main cemplung bahan sesuka hati. Tanpa takaran hanya pake perasaan hehe…

Hasilnya enak dan anak-anak suka.

Buat saya mah yang penting cuma satu itu. Tidak ada penghargaan lain yang setimpal dengan kepuasan batin yang saya rasakan saat melihat anak-anak makan dengan lahap makanan yang saya  buat. Capek masak juga jadi hilang seketika.

Saya yakin semua Ibu pasti merasakan hal yang sama ya kan 🙂

Tapi ternyata mengumpulkan bahan-bahan untuk membuat Puding Pisang Selai Kacang Skippy tidak semudah yang saya bayangkan.

Selain Selai Skippy yang selalu tersedia di rumah, saya membutuhkan susu UHT cair, puding mix powder, krim kental dan terutama bahan utamanya, pisang.

Yang lucunya, saat mau beli pisang ada aja kejadian aneh. Ga aneh sih sebenernya, cuma lucu aja 😀

Waktu saya ke supermarket untuk membeli susu cair dan puding mix powder, saya berniat beli pisang sekalian.  Pisang cavendish biasanya kan cakep tuh. Saya mau beli itu. Eh ternyata pisangnya belum cukup matang. Kulitnya masih kehijauan. Batal deh.

Lalu saya melihat pisang yang lain. Ada pisang raja tapi saya kurang begitu suka rasanya. Jadi gagal juga.

Lanjut lihat pisang di sebelahnya, dari penampakannya sih sepertinya pisang ambon, tapi tidak ada label harganya. Saya tanya abang pelayan tokonya ini pisang apa, eh dianya ga tau. Lah, gimana mau menentukan harganya kalo nama barangnya aja ga tau. Bisa-bisa salah kasih harga nih pikir saya. Ya udah akhirnya saya ga jadi beli pisang.

Saya mau mampir di abang tukang pisang langganan saja, sepulangnya dari supermarket. Sekalian lewat gitu pikir saya.

Apa yang terjadi?

Pas saya lewat, abang nya ternyata ga jualan sodara-sodaraaa… hahaha… aya-aya wae.

Jadilah akhirnya saya beli pisang keesokan harinya.

Tidak cuma beli pisang, waktu beli krim kental juga ada sedikit hambatan. Waktu saya lihat-lihat krim kental siap pakai yang dijual tidak ada label halalnya. Ada yang berlabel halal, kemasannya cuma 200ml. Yah sedikit amat, cuma bisa untuk satu porsi mah ga akan cukup atuh.

Akhirnya saya memilih whipping cream berbentuk bubuk. Yang penting ada label halalnya.

Setelah semua bahannya terkumpul barulah saya mulai eksekusi.

puding pisang selai kacang skippy

Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain, susu cair, puding mix powder rasa vanila, susu kental manis, gula halus, vanila bibuk, krim kocok, biskuit coklat rasa kacang, pisang ambon dan ga ketinggalan selai kacang Skippy.

Pertama saya buat adonan pudingnya dulu.

Susu cair, susu kental manis dan puding mix powder dicampur jadi satu lalu dimasak hingga mendidih. Sebaiknya sambil diaduk-aduk ya. Saya sempat tinggal sebentar malah agak jadi agak gosong bawahnya karena adonannya mengendap.

Sementara itu, saya minta tolong Hanum untuk membuat adonan krimnya. Bubuk krim dicampur dengan air es lalu dikocok mixer dengan kecepatan tinggi hingga mengembang. Kalo bikin sendiri tanpa bantuan, sebaiknya bikin adonan krimnya terlebih dahulu, habis itu baru pudingnya. Kecuali yang digunakan adalah krim kocok yang sudah jadi.

Setelah mengental, beri gula halus dan vanila bubuk kemudian diaduk rata. Bisa disesuaikan takaran gulanya sesuai selera ya. Kalo tidak mau terlalu manis jangan terlalu banyak gulanya.

Setelah pudingnya mendidih , tuang sebanyak kurang lebih 2-3 sendok makan ke dalam gelas saji, kemudian lapisi dengan krim, lalu potongan biskuit, lapis dengan krim lagi, lalu potongan pisang, lalu lapisan selai kacang, lalu dilapis dengan krim dan terakhir disiram lagi dengan adonan puding. Beri hiasan potongan pisang, biskuit dan selai kacang di atasnya.

Bagian membuat lapisan puding ini sebaiknya dilakukan dengan cepat, sebelum pudingnya membeku. Urutan-urutanya juga bisa dibuat sesuai selera aja. Kalo sudah selesai, dinginkan dalam lemari es 1-2 jam sampai puding jadi.

Dimakan dalam keadaan dingin lebih nikmat rasanya.

Mudah bukan cara membuatnya?

Cuma sayang ga sempat foto langkah-langkahnya.

Berikut ini resepnya ya.

Puding Pisang Selai Kacang Skippy

Bahan-bahan:

500 ml susu cair UHT
1 bungkus puding vanila mix
175 gr susu kental manis
300 gr krim kocok
55 gr gula halus
1 sdt vanila bubuk
200 gr selai kacang
2 bks biskuit coklat kacang
4 bh pisang ambon ukuran sedang

Cara membuatnya:

  • Adonan puding : campurkan susu cair, susu kental manis dan puding mix, masak hingga mendidih.
  • Adonan krim:  campurkan krim kocok dengan gula halus dan vanila bubuk, aduk rata.
  • Biskuit diremuk kasar.
  • Pisang ambon di potong-potong setebal 1cm.
  • Buat lapisan secara berturutan atau sesuai selera : puding, krim, biskuit, pisang, selai kacang lalu ditutup dengan puding lagi.
  • Hiasi dengan ptongan pisang, biskuit dan selai kacang.
  • Dinginkan 1-2 jam.
  • Siap dihidangkan.

puding pisang selai kacang skippy

Puding Pisang Selai Kacang Skippy YIPPEE™ This is how I enjoy my SKIPPY® Peanut Butter 🙂

Disclaimer : Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Praxis sebagai perwakilan SKIPPY® Peanut Butter Indonesia.

Leave a Reply

%d bloggers like this: