Resep Makanan

Praktek Membuat Roti Boy Nasi Merah

Punya sisa nasi banyak hampir sebaskom, bingung mau diapain. Karena bocah lanang lagi suka jajan roti boy di kedai roti dekat rumah, akhirnya kepikiran buat roti dari nasi. Bosen juga kan mengolah sisa nasi jadi pempek atau siomay melulu.

Cari-cari deh di google resep roti nasi ketemu disini.  Trus dikasih topping ambil dari salah satu resep roti boy di cookpad.

Awalnya agak sangsi adonan rotinya bakal mengembang sempurna. Pasalnya, ragi yang dipakai sudah lama tersimpan di lemari dapur. Khawatirnya si ragi sudah tidak aktif, apalagi setelah saya coba campur dengan gula dan air hangat tidak muncul buih seperti yang diharapkan.

Selain itu saya juga cuma menggunakan tepung terigu biasa, bukan terigu cakra yang khusus untuk roti. Soalnya nyari di warung-warung dekat sini ga ketemu. Ke pasar juga ga ada. Di minimarket dekat rumah juga ga ada.

Entah karena jadi barang langka, atau harga terigu ikut-ikutan naik seperti harga beras premium seperti saat ini. embuh lah. Jadinya saya pakai stok terigu yang ada aja di dapur.

Tapi bismillah saya paksain aja biki dengan bahan seadanya. Ternyata setelah dipraktekkan adonan rotinya bisa ngembang juga. Tekstur adonan agak kasar karena nasi merahnya kurang halus waktu diblender. Jadi berasa ada butiran dan bintik-bintikk merah di permukaan adonan yang berasal dari nasi merahnya.

Dan jadinya seperti ini.

Dari segi penampilan lumayan lah udah mirip hehe. Tekstur rotinya empuk banget lebih mirip cake kalo kata saya mah. Dan rasanya tawar. Entah saya yang kelewat ga nambahin gula atau emang resep aslinya tanpa gula. Lupa deh.

Masih untung ada isian keju jadi ada asin-asinnya dikit.

Kesimpulannya?

Kurang memuaskan untuk percobaan pertama. Next time harus lebih baik lagi nih. Masih ada sisa nasi sebaskom untuk praktek lagi hihi..

Catatan juga, harus coba resep topping yang lain lagi. Yang ini setelah lama di suhu ruang jadi agak lengket dan basah.

 

 

Tinggalkan Jejak

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: