Belajar Jualan Laris Dari Google

Bulan Desember ini adalah bulan yang bersejarah bagi saya. Pasalnya di bulan inilah, 8 tahun yang lalu tepatnya tanggal 20 Desember 2009, saya pertama kali membeli membeli domain mbaratna dot com.

Saya langsung buka data WHOIS untuk memastikan perhitungan saya sudah benar.

Masya Allah, ga nyangka sudah selama itu saya curcol disini. Banyak  sudah kisah yang saya tuliskan. Mulai dari kisah tentang anak-anak saya, lalu kisah pengalaman saya mulai belajar bisnis online, sampai berbagi resep makanan dan pengalaman berdiet.

Pokoknya kisah dunia-nya Ratna deh hehe…

Sesuai dengan tagline-nya kan yakni “kisah seputar aku, bisnisku dan keluarga kecilku”

Bahkan kalo diingat sejarahnya muncul kata  “Dunia Ratna” sebagai nama situs domain ini pun, sudah mengalami perubahan beberapa kali, sampai akhirnya mentok ga ganti-ganti lagi.

Selain itu, saya juga sering gonta-ganti themes dan layout beberapa kali. Maklum ya, belajar bikin blog sendiri. Belajar otodidak, awalnya dari blogspot kemudian beralih ke wordpress, cuma dari CD panduan wordpress yang saya beli waktu itu.

Jadi semuanya ya dicoba-coba sendiri. Sayangnya saya ga ada jejak gambar dari penampilan blog ini dari awal terbentuknya sampai sekarang. Kalo ada mah seru juga kali ya.

Waduh, pagi-pagi jadi bernostalgia panjang gini 😀

Padahal niat awalnya saya nulis kali ini mau berbagi cerita kalo saya baru beli buku baru.

Belajar Jualan Laris Dari Google

Buku Jualan Laris Dari Google yang ditulis Defriansyah,  seorang praktisi SEO dan penyelenggara Kursus SEO online.

Saya sedikit rada nyesel juga beli buku ini.

Ceritanya waktu ada pemberitahuan pre-order buku ini pertama kali, saya sudah niat mau beli. Tapi saya tunda-tunda sampai akhirnya batas waktunya kelewat.

Begitu ingat, harganya sudah jauh lebih mahal dibanding harga pre-order yang hanya sekitar 90 ribuan. Sementara harga normalnya diatas 250ribuan.

Waduh bete banget.

Nyesel juga kenapa ga buru-buru beli waktu itu.

Pas kebetulan, minggu lalu ada promo diskon 50% untuk semua buku-buku keluaran  Billionaire Store, termasuk buku ini. Akhirnya ya udah, tanpa pikir panjang saya langsung beli saat itu juga.

Tapi setelah paket buku ini datang, saya jadi nyesel lagi.

Kenapa baru sekarang saya kepikiran beli buku SEO ya? Padahal kalo kilas balik ke tujuan dibikinnya blog ini karena saya mau belajar bisnis online. Dan waktu itu, mindset bisnis online yang ada di pikiran saya adalah menghasilkan uang dari internet dengan membangun sebuah website.

Makanya setelah beli domain ini, saya beli domain bidadarishop dot com untuk toko online saya dan domain usahadi-rumah dot com untuk bisnis Oriflame online yang saya jalani.

Mestinya kan setelah belajar bikin blog, belajar SEO adalah langkah selanjutnya yang harusnya saya ambil.

Tetapi saat itu saya malah asik belajar Facebook marketing, seperti cara promosi di Facebook dengan iklan berbayar dan membangun personal branding di akun personal Facebook.

Meski saya tetap aktif menulis di blog, saya melakukannya hanya untuk update konten, tanpa dioptimasi lebih lanjut.

Baru sekarang ini terpikir belajar SEO, setelah saya beberapa kali mendapatkan pembeli paket skincare justru dari Google, bukan dari Facebook.

Maka dari itu saya memutuskan untuk fokus berjualan paket skincare, karena selain marjinnya besar, poin belanja yang saya kumpulkan dari berjualan skincare 20% lebih besar dari poin normal. Sehingga kesempatan saya untuk naik level di Oriflame dengan berjualan skincare menjadi jauh lebih cepat.

Jadi saya bisa double bahkan triple untung. Selain dapat keuntungan 30% dari penjualan paket skincare, saya juga  bisa dapat bonus performa dari naik level. Ditambah lagi bonus-bonus hadiah menarik dari promo Oriflame yang selalu berbeda setiap bulannya.

Asyik deh pokoknya 😀

Untuk pemula, buku ini lumayan lengkap juga membahas dasar-dasar cara membuat website dan  optimasi SEO secara singkat dan jelas, lengkap dengan studi kasus strategi SEO un tuk bisnis kuliner, fashion dan dunia pendidikan.

Sayangnya bisnis kosmetik yang saya cari justru tidak ada.  Tapi mungkin saya bisa aplikasikan dari studi kasus yang diberikan di buku. Tinggal saya sesuaikan saja dengan kondisi bisnis saya sendiri.

Dan sepertinya saya harus nabung lagi untuk membeli buku-buku SEO lainnya untuk melengkapi materi SEO yang saya pelajari.

Belum juga habis dibaca buku yang ini, sudah nafsu mau beli buku yang lain hehehe…

Ya wis deh..mumpung lagi semangat.

Sesemangat menyambut tahun 2018 yang tinggal 2 hari lagi 🙂

Sampai ketemu tahun depan ya…

 

 

 

Leave a Reply