Diet GM Hari Pertama

Sejak saya mencapai usia 40 tahun setahun lalu, saya mulai merasa tidak nyaman terutama soal berat badan yang semakin bertambah.

Sebelum usia 40 tahun, berat badan saya stabil di angka normal 50kg. Kadang-kadang naik sampai 52kg. Namun biasanya bisa kembali normal dengan sarapan segelas Nutrishake di pagi hari dan berenang seminggu sekali.

Kondisi ini berubah setelah saya genap berusia 40 tahun. Berat badan saya berangsur-angsur naik dan sulit turun lagi walau sudah coba praktek diet food combining.

Padahal kini saya sudah jarang makan nasi di waktu malam. Walaupun belum bisa meninggalkan karbohidrat sama sekali, setidaknya saya sudah banyak mengurangi asupan karbohidrat dalam menu makan saya sehari-hari. Seringnya saya hanya makan nasi di siang hari.

Saat ini berat badan saya sudah mencapai 58kg. Sebetulnya sih bila dihitung angka Body Mass Index berdasarkan berat dan tinggi badan, saya masih termasuk kategori normal (ideal).

Cara mengitung BMI bisa dilihat dari gambar berikut.

Sumber: Google

Meskipun secara BMI saya masih termasuk kategori ideal, namun pada kenyataannya saya merasa tidak nyaman dengan kondisi badan sekarang ini.

Saya jadi mudah lelah dan mengantuk. Saya juga jadi kurang pede dengan penampilan tubuh saya. Baju-baju yang tadinya tampak longgar dipakai, kini mulai terasa nge-pas di badan.

Akibatnya saya jadi kurang pede selfi seluruh badan heheh πŸ˜€

Padahal mah ada temen yang bilang saya terlihat lebih segar dengan pipi tembem tapi ko ya sayanya yang ga pede.

Oleh karena tidak suka dengan penampilan saya setiap kali bercermin, saya memutuskan untuk mulai diet menurunkan berat badan hingga balik lagi ke angka normal 50kg.

Biar ga usah beli baju baru xixixi…

Saya mulai googling jurus-jurus diet ampuh untuk menurunkan berat badan dengan cepat.

Sampai akhirnya saya menemukan diet GM disini. Saya pilih diet GM karena diet ini cukup dilakukan sekali dalam sebulan. Artinya saya masih bisa makan normal seperti biasa.

Rasanya belum sanggup kalo harus meninggalkan karbohidrat secara total seperti pada diet ketofastosis yang belakangan ini lagi nge-tren.

Lebih tepatnya sih belum rela hehe…

Bayangkan gimana rasanya makan lalapan sambal, jengkol, pete tanpa nasi dan ikan asin? Pastinya kurang nendangΒ  πŸ˜€

Ahh tidaak πŸ˜€

Dan jadilah hari ini ceritanya Diet GM hari pertama.

Untuk hari pertama diet GM saya dianjurkan untuk mengkonsumsi hanya buah-buahan saja, kecuali pisang, terutama semangka dan melon yang banyak mengandung serat dan air. Saya diperbolehkan makan sepuasnya sampai kenyang.

Selain buah-buahan, yang penting juga adalah minum air putih minimal 10-12 gelas sehari.

Di bawah ini food recall hari ini.

Diet GM Hari pertama
07.30 jus delima + semangka + stroberi
09.00 salak 2 bh
10.30 semangka 1 pt besar
11.00 mangga 1 bh
12.00 semangka 1 pt besar
13.00 salak 2 bh
15.30 mangga 1/2 buah
19.00 jus nanas + mangga
20.00 lalap timun + selada + kol + sambal

BB awal hari pertama

Sarapan Hari Pertama

Cemilan Pagi dan Makan Siang

Cemilan Sore

Makan Malam

Lalu gimana rasanya seharian makan buah saja?

Diet GM hari pertama bikin saya kelaparan. Walupun saya sudah kenyang makan buah, tetapi lidahnya yang kelaparan kangen makan enak. Apalagi saya masih memasak menu makan normal untuk anak-anak dan suami.

Jadi ngiler deh lihat anak-anak makan πŸ˜€

Setelah seharian merasa lapar, akhirnya saya ga tahan lagi.Β  Saya tutup diet hari ini dengan makan lalapan timun, daun selada dan kol mentah dicoel sambal walaupun hanya sepiring kecil.

Cemilan Malam

Hihihi…baru juga hari pertama udah bandel πŸ˜€

Ini yang lapar ‘nafsu’ soalnya. Terbukti setelah makan sambal itu saya baik-baik saja, ga kelaparan lagi heheh…

Dan yang paling terasa di hari pertama diet GM ini, saya jadi sering buang ari kecil. Terhitung lebih dari 10 kali saya bolak balik kamar mandi sepanjang hari.

Mungkin proses detoks sedang berlangsung, dan racun-racun dibuang melalui ari seni. Makanya jadi beser.

Alhamdulillah, diet GM hari pertama selesai dilalui walaupun diwarnai dengan insiden kecil tergoda lalap dan sambal πŸ˜€

Nantikan cerita diet saya di hari kedua besok ya.

 

 

 

Facebook Comments

Leave a Reply