Praktek Membuat Ayam Panggang Isi Sayuran Yang Gagal

Berbeda dari biasanya. Kali ini saya ga berbagi resep tapi cuma mau cerita tentang kejadian tragis di dapur saya hari ini. Praktek membuat ayam panggang isi sayuran yang gagal. Beneran tragis kaaan 😀

Entah kena angin apa, saya keidean ingin membuat ayam panggang utuh  yang diisi sayuran. Bosen juga sih ngolah ayam yang cuma itu-itu aja. Ga jauh-jauh dari ayam goreng, ayam kecap dan ayam opor 😀

Begitu pengen ayam panggang, ngebayangin rasanya kayaknya sedap, apalagi dicoel sambal tomat yang segar.  Wah jadi krucukan nih perut saya jadinya.

Maka googling lah saya hingga ketemu satu resep disini yang menurut saya cukup praktis, ga ribet dan bisa dengan mudah diikuti langkah-langkah pembuatannya.

Kebetulan masih punya stok 1 ekor ayam utuh di freezer. Tinggal melengkapi bahan-bahan yang lainnya. Setelah oprak oprek selama kurang lebih 2 jam, ayam panggang utuh isi sayuran pun matang. Dari baunya sih sudah cukup menggugah selera.

Ketika open dibuka …tadaaaa…. ayamnya jebol 😀 Penampakannya ga cantik. Isi sayurannya nongol kelihatan karena kulit ayam yang sobek. Ternyata saya isi sayurannya kebanyakan jadi ketika sayuran matang volumenya membesar isinya menekan kulit ayam hingga robek.

Dan ketika diicip pertama kali…..ih ko ga ada rasanya ya.:D Dagingnya ga juicy dan rasanya anyep. Entah karena bumbunya ga meresap ke dalam daging ayam. Atau malah kurang bumbu. Singkat kata mah : gak enak! 😀

Zhafif bilang rasanya aneh!

Hanum? No comment 😀

Jadi kesimpulannya masak hari ini GAGAL TOTAL maaakkk…

ayam panggang isi sayuran

Penampakan Ayam Panggang Isi Sayuran Yang Gagal 😀

Weeeeks

Kalo mau dianalisis dari kegagalan saya hari ini, ada beberapa kesalahan yang saya lakukan.

#Duileee…gagal masak aja pake dianalisis xixixi

Biarlah yaa..supaya ga mengulang kesalahan yang sama di masa yang akan datang. Atau barangkali ada pemirsah yang mau nyoba resep yang sama juga, bisa berhasil pada percobaan pertama karena belajar dari kegagalan saya hari ini.

Tujuannya mulia ko heheh…

Jadi berikut ini hasil analisis saya.

Kesalahan pertama, saya menggunakan daging ayam beku. Sebaiknya pilih daging ayam segar jangan pake ayam beku. Karena hasil masakan dari bahan segar pasti lebih baik. Daging jadi lebih juicy dan lebih lezat.

Kesalahan kedua, saya memasukkan bahan isian terlalu banyak yang menyebabkan kulit ayam robek karena volume isian mengembang ketika matang. Akibatnya penampakan ayam jadi tidak cantik.

Kesalahan ketiga, saya mengganti mentega dalam resep dengan minyak zaitun. Ini yang mungkin membuat daging ayam terasa hambar atau anyep. Soalnya kebetulan pas mentega di rumah habis hehe…

Begitu lah kira-kira hasil analisis dari praktek membuat ayam panggang isi sayuran yang gagal hari ini.

Tapii…bukan mbaratna namanya kalo ga memodifikasi masakan ga laku biar bisa kemakan lagi 😀  Maka ayam panggang isi sayuran yang gagal itu saya siasati jadi bentuk olahan lain. Yakni ayam suir  bumbu kecap.

Saya keluarkan isinya lalu daging ayam dipisahkan dari tulangnya lalu disuir-suir. Campur daging ayam suir dengan sisa bumbu olesan ayam panggang, ditambah kecap asin dan ditaburi potongan bawang bombay dan sedikit bubuk oregano kering. Lalu dipanggang sebentar.

Hasilnya? Lumayan sedap buat makan malam 😀

ayam suir bumbu kecap

Ayam Suir Bumbu Kecap Sisa Makan Malam

Masih ada sisa makan malam yang ga habis, ayam suirnya saya buat toping untuk bikin piza roti bertabur keju leleh untuk sarapan.

Piza Roti Untuk Sarapan

Alhamdulillah..laku juga 😀

Lalu sisa bahan isian yang masih banyak juga, saya sulap buat camilan di siang hari yang panas. Ga lupa pake saos sambal jangan sampai ketinggalan.

cemilan

Cemilan Lezat di Siang Hari

Praktek masak gagal?

Ga masalah…. di modif aja mak 😀

Selamat berkreasi yaaa 🙂

 

Facebook Comments

Leave a Reply