Belajar Aplikasi Bot Manychat Untuk Facebook Messenger

Belajar aplikasi bot Manychat untuk Facebook Messenger merupakan hal baru bagi saya. Awalnya saya tertarik belajar aplikasi bot, gara-garanya setelah mendaftar penawaran aplikasi Facebook Messenger untuk toko online yang saya lihat di iklan Facebook yang kemudian diarahkan ke Facebook Messenger si pemasang iklan.

Di Facebook Messenger itu saya dikasih pilihan-pilihan kata kunci yang memberikan jawaban secara otomatis, bukan dari si pemilik akun Facebook Pemasang Iklan. Jawaban otomatis itu yang belakangan baru saya ketahui dengan istilah bot.

Kayaknya, istilah ‘bot” itu kependekan dari ‘robot’. Yang artinya bukan manusia sungguhan yang membalas pesan tapi sebuah program yang dirancang khusus, untuk berinteraksi dengan pelanggan.

Mirip dengan fungsi email autoresponder tapi bot yang ini bekerjanya di aplikasi Facebook Messenger.

Wah..keren banget kan. Pastinya membantu calon pelanggan mendapatkan informasi sementara  saat saya sedang tidak online.

Minimal mencegah mereka kabur ke toko sebelah hehe..

Saya tertarik banget tuh sebenernya. Apalagi karena saya sudah memutuskan untuk fokus memasarkan Novage Skincare dengan memasang iklan di Facebook.

Tapi sayang harga yang ditawarkan lumayan juga dan saat itu saya belum ada dananya.

Alhamdulillah, Allah Yang Maha Baik menunjukkan kepada saya alternatif penggantinya. Entah gimana ceritanya, tiba-tiba aja saya ketemu dengan situs ManyChat yang bisa membuat aplikasi bot messenger ini dengan layanan gratis.

Memang ada layanan berbayarnya dengan fitur-fitur unggulan. Tapi buat saya, saat ini fitur basic yang free pun sudah lebih dari cukup.

aplikasi bot manychat

Yang paling saya suka dengan aplikasi bot Manychat ini, pengaturannya sangat mudah. Setelah trial error beberapa kali, dalam  waktu singkat saya bisa menguasai fitur-fitur utamanya. Minimal saya paham bagaimana bot yang saya inginkan bekerja dengan baik di saluran Facebook Messenger milik saya.

Ini beberapa contohnya.

aplikasi bot

aplikasi bot

Tuuh lihat deh sendiri… keren banget ya.

Hihi.. biar aja dikatain norak.

Tapi saya bangga banget.  Saya bisa sukses membuat sendiri aplikasi bot di Facebook Messenger ini secara otodidak. Pesan-pesan mulai berdatangan dari iklan yang saya buat sejak kemarin. Tinggal ngatur waktu untuk follow up mereka satu per satu.

Bismillah!

Doakan saya biar bisa closing banyak yaa..hehe…amiin.

Nah kalo ada yang mau pakai juga aplikasi bot ini silahkan langsung aja kesini. Mohon maaf saya ga bisa kasih panduannya. Silahkan coba-coba sendiri, trial dan error sampai ketemu caranya gimana.

Semoga berhasil yaa 🙂

 

 

 

Facebook Comments

Leave a Reply