Trik Sederhana Untuk Tampil Lebih Muda

Menjelang umur 40 tahun, hanya tinggal beberapa bulan lagi saya akan mencapai usia kepala 4!

Wadooow!!

Ga percaya! Perasaan baru kemaren deh lulus SMA xixixi…

Alhamdulillah sih, walopun mulai memasuki usia paruh baya, garis halus di wajah belum nampak karena saya rajin perawatan. Bukan facial ke salon loh ya. Saya bukan tipe orang yang suka mengeluarkan banyak uang di salon. Cukup dengan rutin melakukan perawatan dasar setiap hari di rumah untuk membuat kulit wajah saya bersih, sehat dan bebas kerut. Silahkan baca artikel tahapan perawatan kecantikan disini.

Tapi usia memang ga bakalan bohong. Bukti saya menua sudah mulai saya rasakan. Rambut musti rajin disemir 3 bulan sekali saking udah banyaknya uban. Kalo baca tulisan kecil-kecil uda mulai kabur sehingga sudah harus pake kacamat plus. Dan yang paling banget terasa, cepet capek.

Yah dinikmati saja.

Pas lagi galau begini, ga sengaja nemu artikel di majalah lama  tentang sulap sederhana untuk bisa tampil lebih muda. Saya share disini ah… khusus untuk teman-teman sebaya saya hehe…

1. Riasan Minimalis

Tren warna make up natural memberi keuntungan ekstra bagi wanita, khususnya yang telah berusia 35+, karena memberi efek muda dan segar. Sebaliknya, warna-warna ‘berat’ akan membuat Anda terlihat lebih tua. Cukup fokuskan riasan  pada bagian mata dengan pilihan warna-warna natural. Khusus untuk acara pesta, Anda dapat memoles eyeshadow yang mengandung shimmmer, namun hindari menggunakan banyak warna.

Cocoknya pake rangkaian produk makeup Giordani Gold dari Oriflame yang memberikan kesan segar alami #promosi hehe…

2. Gigi Putih

Seiiring dengan bertambahnya usia, gigi biasanya ikut berubah warna. Konsumsi obat-obatan, minuman seperti kopi, soda, teh, serta nikotin (bila merokok) juga dapat menyebabkan warna gigi lebih cepat keruh bahkan menguning. Namun, jangan khawatir, kini banyak klinik kecantikan gigi yang dapat memutihkan gigi secara instan. Konsultasikan dengan dokter gigi Anda untuk mendapatkan cara yang paling aman dan tepat untuk gigi Anda.

Boleh dicoba nih 😀

3. Memotong Poni

Memotong rambut bagian depan menjadi lebih pendek atau membuat poni akan menyulap penampilan Anda menjadi lebih muda dan segar. Sesuaikan dengan bentuk wajah dan jangan memotongnya terlalu pendek. Poni yang terlalu pendek justru akan membuat wajah Anda kekananakan dan tidak alami.

Kalo trik yang ini kurang pas buat saya karena sehari-harinya saya berkerudung.

4. Ganti Bingkai Kacamata

Anda memang terlihat matang dan profesional dengan kacamata berbingkai stainless steel atau besi. Namun, tak ada salahnya mencoba kacamata berbingkai plastik. Pilih model yang simpel dengan warna gelap agar tetap terlihat dewasa. Detail unik dan tekstur warna kulit penyu juga dapat dijadikan pilihan.

Hmmm… Musti nunggu akhir tahun untuk ganti kacamata dari jatah asuransi kantor suami hehe…

5. Rapikan Alis

Alis yang rapi akan membingkai wajah dengan sempurna. Jika Anda suka alis yang terlihat alami, cukup rapikan bagian-bagian rambut yang tumbuh di luar garis alis. Rapikan dengan cara mencukur atau mencabutnya.

Maaf, kalo trik yang ini saya mah ga setuju. Sudah jelas di agama saya, ada larangan untuk mencukur atau mencabut alis. Saya pilih tampil dengan alis alami apa adanya aja deh. Sekali-kali saya gambar pake pinsil alis atau eyeshadow warna coklat. Walopun ga terlalu bisa :p

6. Lipstik Warna Pastel

Pilihan lipstik warna pastel atau nude akan membuat wjah terlihat lebih segar daripada lipstik warna gelap. Coba dan lihat perbedaannya. Terlihat lebih muda bukan?

Kebetulan, di katalog Oriflame bulan depan ada lipstik baru The One 5-in-1 Colout Stylist Cream Lipstik dengan warna yang cocok. Mau beli aahh…

7. Warnai Rambut

Daripada membiarkan uban menghiasi rambut Anda, inilah saatnya mencoba mewarnai rambut. Jika tidak mau ekstrem, pilih warna coklat. Kini banyak warna kecoklatan dengan berbagai gradasi. Anda dapat mencoba cokelat gelap. coklat keunguan, coklat keemasan, atau coklat kemerahan. Konsultasikan dengan penata rambut untuk mendapatkan warna yang paling sesuai untuk Anda.

Naahh, kalo trik yang ini mah udah saya lakukan secara rutin. Saya biasanya pilih warna merah burgundy dari Garnier atau mahogany dari Oriflame HairX TruColor. Kebetulan lagi, pas waktunya dicat ulang pas produk TruColor lagi turun harga di katalog bulan depan. Ih asyiiikkk!

Begini ini serunya berbisnis dengan mengalihkan belanja bulanan. Modalnya ga terasa! #promosi lagiiii 😀

8. Aksesori? Cukup Tiga!

Sempatkan memeriksa kembali penampilan keseluruhan Anda sebelum berangkat ke pesta. Apakah aksesori membuat penampilan Anda makin sempurna, atau malah mirip toko perhiasan berjalan. Kuncinya mudah saja: cukup pilih 3 jenis aksesori sebagai pelengkap gaya chic Anda. Perlu diingat, clucth atau tas pesta dan sepatu yang memiliki aksen bebatuan, dihitung sebagai satu aksesori. Begitu pula dengan detail busana yang menarik perhatian (kancing besar atau bunga), itu juga dihitung sebagai satu aksesori.

Saya mah bukan termasuk fashionista sih. Jarang banget pake aksesori mewah dan ga punya pula hihi. Palingan bros bunga kecil yang saya sematkan di kerudung.

9. Kuku Pun Perlu Warna

Sesuaikan warna cat kuku dengan warna kulit, karakter dan usia Anda. Maraknya gerai nail art akan membantu meuwujudkan keinginan Anda untuk emiliki kuku cantik. Warna-warna pastel, kecoklatan, gradasi warna pink, bahkan merah bisa Anda coba. Namun, kuteks warna neon atau shock-ing colour, ber-glitter dan warna hitam hanya cocok untuk remaja.

Oriflame punya rangkaian cat kuku The One Long Wear Nail Polish dengan banyak pilihan warna, mulai dari warna kulit tiramisu sampai biru tua deep sea. Saya baru punya 1 warna ungu muda. Mungkin sekarang saatnya untuk coba warna lain, kuning atau oranye misalnya. Seru kali ya 5 jari pake 5 warna 😀

10. Jangan Ragu Pamer Kaki

Rok dengan panjang yang pas, kira-kira menutupi sebagian lutut, akan membuat Anda terlihat lebih muda dan dinamis, dari pada rok yang terlalu panjang (misalnya sebetis). Kaki jenjang ANda akan lebih terlihat, apalagi bila dilengkapi dengan sepatu hak tinggi. Rawat kaki dengan rajin melakukan waxing dan menjaga kelembabannya agar Anda  tak ragu memaerkannya.

Wooaaa… trik yang ini jelas ga mungkin bagi saya hihi…

11. Pilih Celana Jins Yang Tepat

Kenali tubuh Anda dan pakai celana jins dengan ukuran pas. Celanan jins berpotongan klasik adalah pilihan tepat untuk segala bentuk tubuh. Jika Anda memiliki bentuk tubuh buah pir (lebih besar di bgian bawah), hindari jins ketak atau model pensil. Agar terlihat proporsional, pilih celana jins berpotongan bootcut. Tak perlu memaksakan diri mengikuti tren.

Sudah hampir 2 tahun saya ga pernah pakai celana jins untuk keluar rumah. Ceritanya sekarang saya mulai tampil sedikit lebih syar’i. Masih belajar sih hehe…

12. Bongkar Pasang Setelan Kerja

Setelan busanan kerja warna senada kadang terlihat konservatif. Agar tidak membosankan, padukan blazer dengan dress atau bawahan warna yang berbeda. Misalnya, blzer hitam dengan dress bercorak, atau pantalon warna khaki untuk penampilan yang lebih dinamis.

Berhubung saya kerja di rumah, saya jadi ga punya busana khusus untuk kerja. Malah kadang cuma dasteran aja kayak sekarang 😀

Itu salah satu enaknya jadi emak yang sehari-harinya di rumah, tapi punya penghasilan sendiri dengan berbisnis dari mengalihkan belanja bulanan kayak saya hehe.

Demikianlah artikel trik sederhana untuk tampil lebih muda yang saya ambil dari Majalah Pesona Edisi Januari 2010. Semoga bermanfaat buat yang membacanya.

Selamat mencoba 🙂

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply