Belajar Bisnis Online

Lapor SPT Tahunan Melalui e-Filing

Seperti biasanya mepet akhir bulan Maret saatnya saya lapor SPT tahunan. Emang hobinya kepepet terus nih padahal udah pegang bukti potong pajak dari Oriflame sudah dari 2 minggu lalu. hehehe…

Eh iya looh, walopun bonus saya dari Oriflame belum kena potong pajak, tapi sebagai warga negara yang baik dan taat saya selalu lapor SPT setiap tahun. Dan ini adalah tahun keempat sejak saya punya NPWP sendiri.

Ceritanya nih pagi-pagi berangkat dari rumah. Ga terlalu pagi sih, jam 08.30 mulai jalan. Sampai di Kantor Pajak Bekasi …. ebussyeeeed… ternyata antriannya sudah penuh booo. Saya kebagian no 577.

Alamaakk.. itu orang-orang pada ambil nomor antrian dari subuh kali ya, masa jam 9 udah nomor 500an.

Dan ternyata bukan antri menyerahkan formulir, tapi antri untuk bikin e-Fin. Ada pengumuman bahwa penyampaian SPT untuk form 1770S dan 1770SS tahun 2014 wajib menggunakan e-Filing. Dan e-Fin ini adalah nomor  kode untuk registrasi melaporkan SPT melalui e-Filing. Biar tahun depan ga usah lagi capek-capek antri berjam-jam di kantor pajak.

Bagus juga sih. Bayangkan berapa juta lembar kertas yang bisa dihemat dengan pelaporan SPT secara elektronik seperti ini. Dan saya bisa ngerjainnya cukup dari rumah aja. Lebih praktis dan hemat waktu.

Okeh deh. Setelah dapat nomor antrian saya pulang lagi. Saya perkirakan pasti baru dipanggil sekitar jam 1 siang. Ngapain juga nunggu hampir 3 jam disitu ga ngapa-ngapain. Mendingan saya tunggu di rumah bisa sambil ngerjain to do list yang banyak tertunda 😀

Jam 13.00  saya balik ke kantor pajak lagi. Panggilan baru nyampe no 492. Tuuh bener juga perkiraan saya kan. Akhirnya setelah nunggu 30 menitan nomor saya dipanggil.

Sama mbak petugasnya saya dijelasin bagaimana cara registrasi dan pelaporan SPT-nya nanti. Dalam waktu kurang dari 10 menit saya udah pogong nomor e-Fin dan petunjuk Tata Cara penyampaian SPT Tahunan melalui e-Filing. Lalu balik deh.

Pagi ini saya baru coba registrasi. Setelah aktivasi dan bisa login, lalu melakukan input data sesuai petunjuk. Sempet beberapa kali gagal saat langkah terakhir mengirim SPT. Tapi akhirnya berhasil juga.Yeaaayyy #jingkrak-jingkrak

efiling

Alhamdulillah…beres satu to do list hari ini. Mari lanjut ke to do list berikutnya 😀

 

Tinggalkan Jejak

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: