Jualan Online di Marketplace

Gara-gara adik saya menitipkan dagangannya produk Moorlife Wadah Plastik Berkualitas di web toko online saya bidadarishop.com, saya jadi keingetan pengalaman sendiri waktu pertama kali saya jualan online madu bidadari empat tahun lalu.

Waktu itu saya baru belajar ngeblog, masih awam banget,  belum bisa bikin blog secanggih sekarang #deuuh uhuuk…..uhuuk 😀

Eh maaf tapi beneran looh… bukan saya bermaksud sombong. Untuk ukuran ibu rumah tangga kayak saya bikin seperti blog ini sudah cukup canggih dan saya bangga bisa belajar ilmu serumit ini hehe…

Balik lagi ke jualan online di marketplace…

Waktu itu saya juga sudah berjualan di beberapa marketplace seperti kaskus, tokobagus, dinomarket, dan tokopedia. Terakhir saya buka akun juga di berniaga dan yubistore, tapi belum terlalu saya manfaatkan secara optimal.

Gambar berikut ini tampilan toko saya di tokopedia.

bidadarishop tokopedia

Ternyata jualan online di marketplace hasilnya lumayan juga. Saya mendapatkan pembeli dari situs-situs jual beli online tersebut. Apalagi saat ini hampir semua situs-situs jual beli online terhubung dengan web sosial media seperti facebook dan twitter sehingga para penjual bisa mempromosikan dagangannya secara gratis.

Selain fasilitas promosi, situs-situs marketplace ini juga menyediakan fasilitas pendukung untuk memperlancar proses jual beli barang seperti adanya rekening bersama untuk mencegah penipuan, konfirmasi pembayaran, aneka pilihan ekspedisi untuk pengiriman barang, dan sebagainya.

Nah bagi ibu-ibu yang kepingin nyoba berbisnis online, jualan online di marketplace bisa menjadi peluang yang sangat menjanjikan. Apalagi kalo sudah punya produk yang mau dijual tapi ga mau repot bikin web toko online, berjualan di marketplace bisa menjadi solusi termudah.

Tinggal foto produknya sebagus mungkin, upload fotonya ke web marketplace, tambahkan deskripsi dan harga…lalu voilaaa…. toko online Anda sudah jadi dan Anda siap berjualan.

Tapi ingat yaa, harap memperhatikan TOS  (aturan) yang ditetapkan oleh masing-masing marketplace  agar jualan Anda lancar. Jangan juga asal comot foto dari google karena melanggar hak cipta. Sebisa mungkin gunakan foto yang Anda ambil sendiri, bukan scan dari flyer atau brosur.

Selamat berjualan ya 🙂

Facebook Comments

One thought on “Jualan Online di Marketplace

  1. Aisah K says:

    Dulu sy juga jualan disana tapi ga terlalu serius karena lebih serius jualan pakai blog 🙂 selain itu koneksi yg sy pake berat kalau buka tokopedia

Leave a Reply