Mencoba Minum Jus Buah dan Sayuran Mentah

Ceritanya ini mau ngelanjutin episode praktek food combining yang sempat terbengkalai beberapa bulan terakhir ini. Emang godaannya sungguh luar biasa untuk bisa konsisten menerapkan food combining dalam menu makan sehari-hari. Terutama kalo lagi kepengen makan ikan asin, sambal dan teman-temannya…wooohh..lupa deh tu semua ilmu food combining di dapur wkwkwk 😀

Singkat cerita karena suatu ketika kepincut ngeliat DP-nya Mbak Windhie,  teman yang juga cross-line di Oriflame, pasang foto alkali drink yang keliatannya segeeeerr bingits, saya jadi ngiler mau mencoba minum jus buah dan sayuran mentah.

Apalagi setelah saya baca khasiatnya bagus banget buat kesehatan karena sayuran dan buah-buahan kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, enzym dan serat makanan. Manfaat mengkonsumsi jus buah dan sayuran terutama dalam keadaan mentah (dikutip dari http://www.raw-foods-diet-center.com/raw-foods.html) antara lain:

  • membantu menurunkan berat badan
  • meningkatkan kekebalan tubuh
  • melancarkan pencernaan
  • membantu mengatasi alergi
  • menambah energi
  • menurunkan resiko penyakit jantung, diabetes dan kanker
  • membantu tidur lebih nyenyak

Berikut ini dua resep jus buah dan sayuran mentah yang saya coba buat di rumah.

Resep pertama yaitu Alkali Drink atau minuman alkali. Disebut demikian karena bahan-bahan yang digunakan untuk membuat minuman ini merupakan bahan-bahan makanan sumber alkali.

jus sayuran

Bahan :

4 batang seledri
3 lembar daun selada
2 buah mentimun
2 buah jeruk nipis, ambil airnya
1 buah apel (saya ganti dengan 1/2 buah avokad karena ga punya apel di kulkas hehe)
es batu secukupnya

Cara membuat :

Jus selederi, daun selada dan mentimun menggunakan juicer lalu blender bersama avokad, air jeruk nipis dan es batu.

Hasilnya?

Baunya sayur mentah banget 😀 Aroma mentimun langsung tercium, namun begitu dicicipi rasa asam jeruk nipis langsung menyerbu. Walopun rasanya agak asam adanya campuran avokad membuat teksturnya menjadi lembut. Untuk mengurangi rasa asam saya tambahkan 2 sendok makan madu.

Resep yang kedua adalah minuman detoksifikasi atau Detox drink. Dibanding resep pertama, saya lebih suka resep yang satu ini karena rasanya lebih enak. Aroma dan rasa bit yang kuat dicampur dengan jus jeruk membuat minuman ini lebih manis dan menyegarkan. Berikut ini resepnya.

jus sayuran mentah

Bahan :

1 potong bit ukuran sedang
1 buah apel
1 batang wortel
1 gelas kecil jus jeruk

Cara membuat :

Proses bit, apel dan wortel dengan menggunakan juicer lalu campurkan dengan jus jeruk. Dinginkan sebentar supaya lebih enak diminum.

Nah saya sudah mencoba minum jus buah dan sayuran mentah.  Anda mau mencobanya sendiri di rumah?

 

Facebook Comments

Leave a Reply