Mendidik Anak Dengan Cinta

Judulnya indah banget yaa… Tapi menulisnya saya merasa berat hati. Karena pada kenyataannya, mendidik anak dengan cinta baru saya ketahui ilmunya, tapi prakteknya agak sulit bagi saya. Terutama bila menyangkut Zhafif, anak saya yang kedua.

Zhafif emang beda banget dengan Hanum, kakaknya yang lebih ngerti, lebih penurut, lebih bisa dibilangin. Mungkin juga karena karakter anak perempuan lebih lembut dibandingkan anak laki-laki. Sehingga Zhafif cenderung lebih keras, suka memberontak, lebih sering membantah jika dinasehati.

Saya sadar banget, Zhafif begitu bukan salahnya tapi karena kesalahan saya sebagai orang tua dalam mendidiknya.  Saya ga sabar dan lebih sering terbawa emosi dalam menghadapi tingkah laku Zhafif yang ga baik. Rasanya setiap hari ada aja kelakuan Zhafif yang bikin saya marah.

Makanya saya salut sama ibu-ibu yang bekerja di luar rumah, mereka musti punya energi ekstra dan stok sabar yang banyak. Sudah seharian sibuk di kantor, sampe rumah masih harus kerja ekstra mendidik anak-anaknya dan bisa sabar menghadapi tingkah laku mereka. Super mom!

Seandainya aja ada sekolah menjadi orang tua yang baik, saya pasti ikutan daftar deh. Sayangnya ga ada sekolah jadi orang tua. Menjadi orang tua itu otodidak, learning by doing. Belajar menjadi orang tua cuma bisa dari pengalaman sendiri atau belajar dari pengalaman orang tua lain.

Usaha terbaik saya saat ini baru sebatas mencari informasi parenting sebanyak-banyaknya. Walaupun saya belum berkesempatan untuk ikut seminar parenting, adanya akses internet di rumah memudahkan saya untuk belajar menjadi orang tua dengan memanfaatkan informasi dari Google.

Berikut adalah beberapa situs yang membahas mengenai parenting yang biasanya saya kunjungi.

www.ayahkita.com : blog Parenting Ayah Edi

www.ayahbunda.co.id : Majalah Ayahbunda online

www.parenting.co.id : Majalah Parenting online

www.muslimahzone.com : aneka informasi Islami online, termasuk mendidik anak secara Islami

Selain baca-baca di media online, saya kadang-kadang beli 1-2 buku, manfaatin voucher gratis dari AIP Survey Online. Sekarang ini saya lagi tertarik ke tema hypnoparenting. Mungkin dengan cara ini saya jadi bisa lebih sabar hehe…

buku

Lalu prakteknya gimana? Yaa bismillah aja deh… Semoga Allah memberi saya kemudahan dan kesabaran dalam mendidik anak dengan cinta.

Semangaaatttt 🙂

 

Leave a Reply