Jurus Khatam ODOJ

Alhamdulillah hari ini sudah dua minggu lebih sejak saya bergabung di ODOJ 1267. Dan alhamdulillah saya belum pernah melelang satu juz pun hingga hari ini saya selesai membaca juz 19. Saya memilih opsi tetap tilawah ketika saya sedang haid, dengan membaca Al Quran di hape sambil mendengarkan audio untuk menghindari menyentuh mushaf Al Quran secara langsung dalam keadaan tidak suci.

Di grup ODOJ 1267 pernah dishare mengenai beberapa jurus khatam sehari satu juz yang saya kutip berikut ini.

Jurus- jurus Khatam sehari 1 juz

1. Jurus jagung

Satu juz ada 10 lembar = 20 halaman. Maka dalam jurus jagung ini, Al Quran dibaca sedikit-sedikit, 1-2 halaman, tapi sering. Boleh dibagi per jam. Jurus ini cocok utk ibu yang memiliki bayi, dan ibu rumah tangga lainnya.

2. Jurus jeruk

Potongan 1 juz yang diambil dalam jurus ini adalah per lembar. Dalam 24 jam, kita bagi menjadi 10 waktu untuk 10 lembar. Ba’da Isya, ba’da Shubuh, jam 9, jam 10, dan 5 waktu selepas Dzuhur.

3. Jurus satai

Potongan juz pada jurus ini dibagi 5 waktu dalam sehari. Setelah sholat Isya, Shubuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib dibaca masing-masing waktu 2 lembar.

4. Jurus pisang

Jurus ini cocok digunakan oleh peserta yang memiliki kesibukan yang luar biasa di siang hari. Maka satu juz tersebut dibagi menjadi 2 waktu. Setelah sholat Maghrib dan setelah sholat Isya (injury time).

5. Jurus makan Kacang Kulit or Kacang Rebus

Kalo makan kacang biasanya ga berhenti makan sampai kacangnya habis kan? Artinya… “ga berhenti tilawah sebelum Khatam 1 juz dalam satu waktu,,, bisa ba’da Isya, bisa pas qiyamul lail or ba’da Shubuh….”

So, pilih jurusmu ya!

ODOJ

sumber gambar : Facebook Page ODOJ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *