Horeee Saya Khatam!

Horeee… saya khatam hari ini 😀

Ini pertama kalinya saya khatam tilawah Al Quran hanya dalam waktu satu bulan. Mungkin bagi orang lain yang udah terbiasa, khatam dalam sebulan bukanlah hal yang luar biasa. Tapi bagi saya, ini adalah pengalaman yang sangat istimewa. Sebelum ikut ODOJ, saya ga pernah khatam secepat ini, meski di bulan Ramadhan sekalipun. Biasanya kalo sudah haid, semangat untuk mulai  lagi tilawah jadi turun. Akibatnya ga bisa ngejar juz yang ketinggalan sampai Ramadhan berakhir.

one day one juz

Alhamdulillah, kali ini saya berhasil khatam dalam 30 hari. Walaupun sedang haid, saya tetap memilih untuk tetap tilawah dari aplikasi Quran di android untuk menghindari menyentuh mushaf Al Quran dalam keadaan tidak suci. Dan dengan jurus khatam kacang rebus saya berhasil menyelesaikan tilawah satu juz sehari.

Senangnyaaa 🙂

Meski membaca Al Quran  itu hukumnya wajib bagi seorang muslim dan sudah pasti bernilai ibadah, tetap saja masih banyak orang yang berpendapat negatif mengenai program One Day One Juz. Bahkan ada yang mengharamkan seperti yang pernah saya baca di salah satu situs Islam terkenal. Malah ayah saya sendiri berpendapat lebih baik mempelajari hukum-hukum membaca Al Quran dan memahami makna ayat-ayat Al Quran daripada hanya sekedar khatam satu juz sehari.

Saya tidak menyalahkan ayah saya. Pendapatnya memang ada benarnya. Tapi bukankah ada hadist yang menyatakan bahwa Allah akan memberi ganjaran 10 kebaikan per huruf yang dibaca, baik paham atau tidak paham, dan tetap mendapatkan pahala meskipun terbata-bata saat membacanya.

Alhamdulillah, saya bersyukur saat saya kecil dulu ayah sangat disiplin mengajari saya sehingga saya cukup lancar membaca Al Quran. Bacaan satu juz bisa saya selesaikan dalam waktu  kurang lebih satu jam. Itupun kalo ga ngantuk hehe… Meski demikian tentu saja saya nurut apa kata ayah, bahwa saya tetap harus terus  mempelajari hukum-hukum membaca Al Quran (tajwid) dan memahami maknanya.

Jadi apapun pendapat miring yang orang-orang bilang tentang ODOJ, tidak akan menyurutkan semangat saya untuk tetap melanjutkan program ODOJ ini besok, minggu depan dan seterusnya.

Tetap semangaaatt 🙂

odoj

2 thoughts on “Horeee Saya Khatam!

  1. Mia Sukmiati says:

    Alhamdulillah… barokallah ya teh.. eh mba ratna 🙂
    Mantapppp semangatnya… semoga kita sama2 bisa istiqomah di odoj…lebih kompak…n khatam terus…
    Dgn odoj…hidup terasa berbeda… we love program odoj coz Allah swt…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *