Ikutan ODOJ 1267

one day one juz

Sudah lama saya mendengar tentang komunitas ini dan me-like Fanpage ODOJ di Facebook. Beberapa kali saya mendapat ajakan bergabung dari broadcast BBM tapi saya belum juga tergerak untuk mendaftar.

Saya pikir tanpa harus bergabung di komunitas pun saya bisa ko menyelesaikan bacaan Al Quran 1 juz setiap hari. Apalagi saya memang berniat memulai tadarusan di awal tahun 2014 ini. Yakin bisa deeh.

Tapi rupanya niat aja ga cukup. Kenyataannya memang tak semudah apa yang saya pikirkan. Mulai dari juz 1 sampai 3 sih masih lancar. Begitu mulai juz 4 bertepatan dengan hari libur, ada aja halangannya. Ada acara keluarga yang bikin saya sibuk seharian, sampe ga sempat tilawah. Besoknya saya harus pergi sampai berjam-jam di luar sesiangan, sampai di rumah sudah disibukkan dengan urusan rumah tangga yang ga ada habisnya, malamnya udah tepar kecapean tidur sampe subuh.

Kalo udah gitu, saya jadi beralasan untuk tidak tilawah. Kurangnya komitmen membuat saya dengan mudahnya untuk menunda tilawah. Jadinya ya gitu deh. Bacaannya jadi kelewat lagi…kelewat lagi. Target 1 hari 1 juz jadi ga tercapai. Kalo begini terus bisa jadi ga ada perbaikan ibadah di tahun 2014.  Akibatnya mungkin rezeki saya ga nambah juga 🙁

Padahal jelas disebutkan dalam Al Quran bahwa salah satu cara menambah rezeki adalah dengan jalan takwa.

Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan Mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. dan Barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah Mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS. Ath-Thalaq: 2-3)

Padahal saya ingiiin banget tahun ini nasib saya berubah. Level saya di Oriflame naik lagi dari manager ke director. Impian saya dapat mobil dan jalan-jalan ke luar negeri gratis bisa terwujud. Tapi saya sadar banget, kalo cara kerja saya tetep sama seperti di tahun 2013, apa yang saya impikan akan tetap menjadi impian belaka. Dan saya juga yakin banget, sekeras apapun usaha saya, jika saya tidak bertakwa seperti yang disebutkan dalam ayat di atas, Allah SWT tidak akan memberikan jalan keluar bagi saya untuk menjemput rezeki dari-Nya.

Maka berangkat dari pemikiran itulah, ketika saya mendapat broadcast ajakan bergabung ODOJ kemarin, tanpa pikir panjang lagi saya langsung mendaftar saat itu juga.

Alhamdulillah sekarang saya terdaftar di grup ODOJ 1267, bersama 29 anggota lainnya yang ternyata berasal dari berbagai kota dengan beragam latar belakang. Ada yang tinggal di Solo, Bekasi, Bandung, Lampung, Yogyakarta, Jakarta dan Tangerang. Ada mahasiswa, pengajar, karyawan, wiraswasta, dan ibu rumah tangga.

Saya berharap dengan bergabung di komunitas ini, semangat saya untuk meningkatkan ibadah, khususnya ibadah membaca Al Quran bisa terus saya lakukan. Dorongan  semangat untuk bisa menyelesaikan tugas tilawah 1 juz per hari, selalu saya dapatkan dari anggota grup yang lain. Dengan begitu mudah-mudahan saya bisa istiqomah khatam Al Quran setiap bulan.

Dini hari tadi saya sudah selesai membaca juz 2 dan sudah lapor  ke penanggung jawab harian. Semoga tilawah juz-juz berikutnya dilancarkan oleh Allah SWT.

Amiin Allahumma amiin 🙂

Ikutan ODOJ juga yuuk!

 

 

 

Leave a Reply