Zhafif Kecanduan Main Game

Tolooongg… saya pussiiiiing…

Saya pusing tujuh keliling sama ulah Zhafif. Sejak diajak temannya main game di rental PlayStation, Zhafif jadi ketagihan. Padahal di rumah sudah saya sediakan komputer untuk Zhafif main game. Tapi Zhafif bilang ia lebih suka main game di rental karena gamenya lebih bagus.

Yang lebih parah, karena kecanduannya ini Zhafif jadi berani mengambil uang dari dompet saya. Karena uang jajannya saya batasi,  Zhafif  awalnya hanya menonton temannya bermain. Lama kelamaan karena sering melihat temannya asyik bermain ia jadi tergoda ingin bermain juga.  Akibatnya Zhafif cari cara untuk mendapatkan uang. Dan rupanya mencuri menjadi cara yang paling mudah buat Zhafif.

zhafifSaya sedih Zhafif sudah menunjukkan tanda-tanda berperilaku buruk. Hukuman yang saya berikan dengan mengurangi uang jajannya, melarang nonton TV dan main game, tidak juga membuatnya jera mencuri.

Malah sepertinya makin menjadi-jadi.  Hukuman itu malah membuat Zhafif makin tidak terbendung keinginannya bermain game di rental. Apalagi teman-temannya juga sering mengajak main bersama.

Pusiiiiing deh saya menghadapi kelakuan Zhafif yang luar biasa ini. Saya udah nasehati baik-baik sampai dimarahin abis-abisan, tetep ga kapok juga. Dan yang bikin saya makin sedih, Zhafif ga merasa bersalah sama sekali. Kalo saya nasehati dia selalu membantah apa yang saya katakan.

Kalo saya lepas kendali, mungkin bisa saya gampar mulutnya saking marahnya. Untungnya saya masih bisa menahan diri.

Saya khawatir sekali, perilaku buruk ini terus terjadi sampai  Zhafif besar nanti.   Saya rasa ini sudah termasuk masalah yang serius karena sudah terjadi berulang-ulang.

Apa ya yang saya lakukan?

Haruskan saya sediakan PS di rumah untuk mencegah Zhafif main di rental? Haruskan saya membawa Zhafif berkonsultasi dengan psikolog?

Pusing!

 

 

 

Leave a Reply