PR Blog Turun


Google PageRank Checker
Saya baru engeh kalo ternyata PR (page rank) blog ini sudah kembali nol alias turun. Padahal sebelumnya saya berhasil mempertahankan PR 1 hampir selama 2 tahun terakhir. Tapi apa boleh buat takdir mbah Google menentukan lain hehe…

Sebetulnya sih saya ga terlalu peduli PR blog ini turun atau naik. Secara saya lebih mengkhususkan blog mbaratna dot com  ini sebagai jurnal online, tempat saya mencurahkan isi hati (ehhemm) dan berbagi berbagai kisah di kehidupan saya sehari-hari. Bukan untuk kepentingan bisnis online seperti yang saya maksudkan untuk blog saya yang lain.

Kalo ternyata curhatannya ini bisa ada manfaatnya buat pengunjung, saya bersyukur sekali.  Tapi kalopun tidak, ya ga masalah juga buat saya 😀

Baca-baca di blog lain, disebutkan ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan page rank suatu website/blog bisa naik atau turun. Salah satu yang paling menentukan adalah backlink. Sepertinya urusan link me-link antar web ini yang kurang saya perhatikan hingga menyebabkan PR blog menjadi turun.

Saya akui, selama beberapa bulan terakhir, saya jarang menulis. Kalo dulu bisa menulis artikel baru 2-3 hari sekali, sekarang cuma menulis 2-3 artikel dalam sebulan. Males banget sik 😀

Sudah gitu saya jarang jalan-jalan ke blog lain pula. Akibatnya jadi makin jarang deh dapetin backlink yang berkualitas.

Emang bener yaaak, silaturahmi itu mendatangkan rezeki ga cuma berlaku di dunia nyata tapi juga berlaku di dunia maya.

Jadi terima pasrah aja kalo PR blog ini turun karena jarang silaturahmi hehe…

Sepertinya saya harus mulai bebenah to do list lagi. Membuat jadwal berkala kapan harus menulis artikel baru dan kapan harus berkunjung ke blog-blog lain.

Pas dengan momen akhir tahun seperti sekarang, sambil mereview kegiatan setahun terakhir dan membuat resolusi baru di tahun 2014 yang akan datang.

Semangaaattttt 🙂

 

 

Leave a Reply