Update Terbaru WordPress Versi 3.6

Saya baru aja meng-update mbaratna.com ke wordpress versi terbaru, yaitu wordpress 3.6. Dua blog saya lainnya yaitu usahadi-rumah.com dan bidadarishop.com juga sudah diupdate. Beberapa lagi menyusul saya update kalo sudah pulang libur lebaran 😀

update wordpress 3.6Saya sempat browsing yang lain ada yang mengalami error setelah update. Ada yang bermasalah dengan themes yang dipakai, ada yang ga bisa masuk ke dashboard, ada juga yang mengalami plugin error. Macam-macam masalahnya. Mungkin karena belum kompatibel dengan wordpress versi terbaru.

So far blog-blog milik saya belum ada masalah dengan update wordpress terbaru ini. Mudah-mudahan sih lancar-lancar aja. Kalopun nanti ketemu masalah, saya mah tenang-tenang aja. Kan ada Cafebisnis, tempat saya belajar membuat web dengan wordpress pertama kali. Biasanya sih, Mas Lutvi (pemilik dan pengelola Cafebisnis) selalu mengeluarkan update panduan wordpress mengikuti update wordpress terbaru.

Tidak banyak perubahan pada wordpress versi terbaru ini dibandingkan dengan versi sebelumnya. Antara lain memperkenalkan themes template yang baru yang lebih colorful, Twenty Thirteen, yang didesain khusus untuk web dengan banyak tampilan gambar atau video.

tampilan theme twenty thirteen

Pada wordpress versi terbaru ini, lebih support file video dan audio. Selama ini kalo posting video, saya upload dulu di youtube baru kemudian saya embed di blog. Tapi dengan wordpress versi terbaru, kini saya bisa mengupload langsung media video maupun audio dan menampilkannya langsung dalam artikel karena sudah ada built-in HTML5  media player.

wordpress support video

Perubahan lainnya yaitu fungsi revisi yang lebih akurat karena ada fasilitas autosave yang lebih baik, sehingga saya tidak perlu khawatir kehilangan draft tulisan kalo tiba-tiba laptop mati atau listrik padam. WordPress akan menyimpannya hingga ke menit terakhir.

Selain itu juga ada perbaikan yang menyangkut kode-kode HTML, jQueries, Javascript dan sejenisnya. Kalo yang gini-gini saya mah ga pake dan ga ngerti, jadi ya biarkan aja apa adanya.

update wordpress terbaru

Ada satu hal terpenting yang harus dilakukan sebelum melakukan update wordpress versi terbaru, yaitu selalu backup data terlebih dahulu. Jadi kalo ada apa-apa setelah update, misalkan webnya jadi crash, data lama tidak hilang dan web masih bisa diselamatkan kembali ke versi sebelumnya.

Berhubung saya termasuk tipe pemalasss, maunya saya melakukan backup dan update harus bisa dilakukan dengan mudah.  Tugas backup saya alihkan ke plugin yang melakukan backup otomatis setiap seminggu sekali. Lalu dengan satu kali klik, wordpress sudah terupdate ke versi terbaru.

Gampang banget 😀

Happy update yaa

Leave a Reply