Food Combining : Kombinasi Antara Pati dan Protein

Belajar lagi tentang lebih sehat dengan food combining, saya jadi tahu alasan dibalik mengapa pati dan protein merupakan kombinasi makanan yang tidak baik. Menurut ilmu Food Combining, ini ada hubungannya pengaruh jenis makanan terhadap keseimbangan asam dan basa dalam tubuh yang akan mempengaruhi proses metabolisme dan sistem pencernaan.

Pati dan protein keduanya merupakan jenis makanan yang sulit dicerna. Pati dapat dicerna dengan baik dalam kondisi basa, sebaliknya protein bisa tercerna dengan baik dalam kondisi asam. Bila kedua jenis makanan ini dikonsumsi secara bersamaan justru tidak dapat dicerna dengan baik. Akibatnya kebutuhan zat gizi yang diharapkan diperoleh dari makanan tersebut tidak bisa terpenuhi, yang pada akhirnya akan menimbulkan gangguan pencernaan dan kesehatan seperti meningkatnya asam lambung, naiknya kadar kolesterol dalam darah, masalah obesitas dan sebagainya.

Jadi berdasarkan ilmu Food Combining, agar tubuh tetap sehat perlu menjaga keseimbangan asam dan basa tubuh dengan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Mengurangi konsumsi daging, ikan, roti, susu dan produk olahannya serta makan lebih banyak buah dan sayuran dapat mengurangi resiko terkena penyakit.

Sumber bacaan : The Complete Book of Food Combining, A New Approach to the Hay Diet and Healthy Eating, Dries & Dries, Element. 1998

diet sehat dengan nutrishake

diet sehat dengan nutrishake

 

Facebook Comments

2 thoughts on “Food Combining : Kombinasi Antara Pati dan Protein

Leave a Reply