Hasil Test Sidik Jari STIFIn

by mbaratna on April 20, 2013

Beberapa waktu lalu, saya dan anak-anak berkesempatan mengikuti tes sidik jari STIFIn. Tes ini dilakukan dengan cara men-scan kesepuluh ujung  jari tangan menggunakan alat khusus. Kemudian dari susunan sidik jari yang terekam tersebut bisa dianalisa dan dihubungkan dengan belahan otak tertentu yang dominan berperan sebagai sistem-operasi dan sekaligus menjadi mesin kecerdasan seseorang.

Dari hasil tes STIFIn diketahui bahwa saya dan Zhafif termasuk ke dalam tipe Thinking Extrovert sedangkan Hanum masuk tipe Intuiting Extrovert.

Ciri kepribadian untuk masing-masing tipe kecerdasan saya kutip dari situs resmi www.stifin.co.id sebagai berikut :

Thinking Extrovert (kecerdasan logic-matematichal)

Kepribadian yang menyukai kemenangan.  Semua orang di hadapannya dianggap lawan yang perlu dikalahkan.  Mereka haus kemenangan, oleh karenanya mereka terkesan ganas, seperti seorang penakluk. Cara berpikirnya sangat empirik merujuk kepada pengalaman logis yang telah dilaluinya. Namun mereka juga suka melakukan kontemplasi bentuk kutub diametral dari kelogisannya. Orangnya punya prinsip yang kokoh dan sekaligus anti dinasehati.

Dalam hal mengelola keuangan mereka memiliki kepandaian untuk mengakumulasi bahkan dengan coverage yang meluas. Kehebatannya terletak kepada perannya yang sangat sirkulatif, dimana-mana memerlukan mereka namun sayangnya mereka seringkali tiba-tiba terputus konsentrasi seperti listrik korslait. Pandai melakukan pemilahan secara kategoris namun orangnya terlalu normatif.  Mereka memiliki siklus hidup yang dinamis dan pandai mencari kekuasaan.  Ambisi kekuasaannya begitu kuat.  Orangnya sangat cerdik sayangnya kurang pandai membaca aspirasi.

Sekolah dan karir yang cocok untuk tipe kecerdasan ini adalah:

SEKOLAH : KARIR :
teknik, ekonomi, matematika, sains, statistika, manajemen, pendidikan, penelitian, elektronika, mesin, manufacturing,  pabrik, produksi, transportasi, perminyakan, pengeboran, pertambangan, sistem korporasi, property, computer programming, kedokteran, dll insinyur, ekonom, dosen, peneliti, fisikawan,  kimiawan, konsultan managemen, manager, dosen/guru, teknokrat, birokrat, produsen pabrik, quality control, ahli strategi, pelatih bola, pembuat kebijakan, system analyst, ahli rekayasa, developer, programmer, dokter/preskriptor dll

 

Intuiting Extrovert (kecerdasan visual-spatial)

Kepribadian layaknya seorang detektif.  Menemukan mana rangkaian peristiwa yang terputus dan mereka pandai merangkainya secara imaginer.  Sebagai seorang detektif, oleh karenanya mereka tidak mau terlalu jauh berkenalan dengan orang lain.  Cukup sebatas kenal saja, karena mereka takut terbebani dengan hubungan yang lebih mendalam. Mereka memberikan standar yang tinggi bagi dirinya untuk menjalani misi pribadinya meskipun kerap kali di beberapa area masih ada bolong-bolong kurang seksama penanganannya.

Kepribadiannya aktif  dan tidak ketinggalan jaman, meskipun juga terkadang mereka kerap kali lari dari dunia realitas dan menjadi orang yang asketis. Kehebatannya adalah kepada penjelajahan intuisinya dan ruang kreativitasnya yang begitu luas, namun tetaplah mereka bukan manusia langka yang terpisah.  Mereka juga memerlukan pesta pelampiasan dengan berhura-hura bersama teman-teman semisinya.

Cara kerjanya seperti seorang assembler ide. Ide-ide besar mereka rangkai dengan idenya sendiri untuk menjadi sesuatu yang lebih berguna.  Sayangnya kepribadian sang assembler ide ini tergantung dengan orang lain, kurang mandiri. Sebenarnya mereka bukanlah orang yang minderan tetapi mereka perlu mendapatkan pengesahan dari orang lain.  Jika sudah menjalankan mesinnya untuk mengejar misi, mereka mampu hidup terasing berpisah dari entitasnya sendiri.

Pemikirannya sistemik, walaupun secara pribadi mereka mengabaikan orang lain.  Sungguh pandai membuat alligning masalah ataupun program namun pada saat yang sama tidak betah berlama-lama dalam status quo.  Mereka selalu menghendaki perubahan. Senantiasa berubah.

Sekolah dan karir yang sesuai dengan tipe IE adalah:

SEKOLAH : KARIR :
kewirausahaan, disain, aneka seni, perfileman, fisika quantum,  reengineering,  proyeksi, peramalan, future trading, investasi, filsafat, perancang pendidikan,  dll pengusaha, produsen, disainer, ahli kreatif berbagai bidang, periklanan, marketing,  grafis, arsitektur, penemu keilmuan, sutradara, pencipta lagu, seniman, pelukis abstrak, pesulap, peramal, pialang saham, investor, filosof,  pakar pembelajaran/ pemodul, event organizer, dll

 

Dengan mengenali tipe-tipe kecerdasan ini, saya sebagai orang tua jadi lebih tau bagaimana mengarahkan Hanum dan Zhafif sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing.

Dan walopun tidak berpengaruh banyak terhadap pemilihan “karir” saya sekarang, paling tidak  hasil tes tersebut telah membuat diri saya lebih yakin bahwa saya sudah berada di jalur yang tepat dengan menjalankan bisnis Oriflame :)

{ 0 comments… add one now }

Leave a Comment

Previous post:

Next post: