Download Drama Korea

by mbaratna on February 5, 2013

Menonton drama Korea online memang sudah menjadi bagian dari kegiatan mingguan saya di rumah. Tapiii menonton secara online butuh koneksi yang bagus. Sebab kalo engga, jalannya video tersendat-sendat karena buffering dan menonton pun ga asik lagi jadinya.

Untuk mengatasi buffering itu, saya jadi suka download drama Korea. Dan lagi dengan menyimpan filenya, saya bisa nonton drama Korea tersebut  dengan lancar kapan saja aja saya mau.

Beberapa cara download pernah saya coba.

Pernah pake IDM (internet download manager) tapi program gratisannya cuma berlaku 30 hari dan saya harus cari crack-nya supaya bisa terus download pake IDM secara gratis. Menurut banyak referensi yang saya baca, IDM bisa mempercepat proses download dengan membagi file dalam beberapa bagian dan kemudian menyatukannya kembali pada saat proses download selesai.

Pernah juga coba pake keepvid.com, yang bisa download tanpa harus menginstal programnya tapi harus ada aplikasi java yang harus diinstal. Saya hanya perlu copas link url drama yang saya inginkan di kotak yang tersedia, lalu aplikasi java akan “menangkap” filenya dalam berbagai versi. Lalu saya tinggal memilih versi  manapun yang saya inginkan dan menyimpannya di harddisk.

Namun akhir-akhir ini karena koneksi yang buruk, update java di komputer saya selalu gagal dan sepertinya berpengaruh pada aplikasi java applet untuk keepvid. Alhasil saya ga bisa download lagi menggunakan keepvid.

Kedua cara ini, IDM dan keepvid saya gunakan untuk mendownload drama-drama yang diupload di youtube. Sayangnya, sebagian besar drama Korea yang diupload di youtube sudah terbagi menjadi beberapa bagian, umumnya 4 sampai 6 bagian setiap episodenya, sehingga saya harus mendownloadnya satu per satu, lalu kemudian menyatukannya kembali menjadi satu episode utuh.

Nambah-nambah kerjaan aja :p

Kalopun ada yang diupload 1 episode secara utuh, biasanya cuma untuk drama Korea yang baru tayang di negeri asalnya sana dan hanya bisa didownload paling lama 1 minggu setelah penayangannya, sebelum dihapus karena masalah hak cipta.

Lalu saya ketemu cara baru lagi, yaitu download dengan torrent.  Saya googling sana sini untuk mencari tau apa itu torrent dan bagaimana caranya.

Dari beberapa situs yang saya baca, dijelaskan bahwa mendownload dengan menggunakan torrent itu lebih mudah dan lebih cepat, langsung terhubung dengan banyak sesama pengguna karena tanpa melewati proses rumit network.

Untuk bisa download dengan torrent, saya harus menginstal client bit torrent. Yang paling banyak digunakan adalah utorrent dan bittorent karena lebih mudah penggunaannya dan menggunakan kapasitas penyimpanan yang kecil, dibanding program lainnya.

Mendownload drama Korea dengan torrent banyak kelebihannya. Diantaranya kualitas video yang lebih bagus dan bisa download file berukuran besar tanpa memakan banyak bandwith.

Katanya sih begitu. Sebetulnya saya agak pusing juga dengan berbagai istilah yang ga saya pahami hehehe.

Tapi yang paling saya suka sih, saya bisa download drama-drama Korea favorit yang sudah lama tayang dalam episode lengkap dari awal hingga akhir. Seperti Princess Hours dan My Name Is Kim Sam Soon lengkap dengan subtitlenya dalam Bahasa Inggris.

Nonton lagi ahhh :)

 

{ 5 comments… read them below or add one }

Leave a Comment

CommentLuv badge

Previous post:

Next post: