Tiga Tahun mbaratna.com

Tepat tanggal 20 Desember lalu mbaratna.com berulang tahun. Ga kerasa ternyata mbaratna.com udah mencapai usia 3 tahun. Usia yang cukup lama untuk umur sebuah blog yang isinya cuma curhatan seorang ibu rumah tangga. Ga jauh dari soal anak dan urusan tetek bengek pekerjaan rumah serta sedikit dari perjalanan bisnis online yang sudah saya tekuni sejak awal blog ini dibuat.

Saya akui ga mudah untuk bisa konsisten meng-update blog ini. Di awal-awal terbentuknya blog ini, saya bisa menulis 2-3 artikel per minggu. Namun makin kesini bisa cuma 2-3 kali per bulan.

Bukan karena ga ada ide tulisan, tapi lebih karena ga banyak waktu luang dengan semakin bertambahnya aktivitas anak-anak. Karena saya harus mondar-mandir antar jemput anak-anak sekolah, les atau mengaji, sehingga kesempatan untuk bisa duduk manis depan komputer terbatas sekali.

Sejak memutuskan untuk berjualan produk khusus pasutri secara online dan kemudian gabung Oriflame via d’BC Network pada tahun 2010 lalu hingga sekarang, selain menulis di blog pribadi ini, saya juga membuat web khusus tentang peluang usaha di rumah, web bisnis madu bidadari, web info gizi anak dan balita, dan web info tanaman herbal.

Selain blog-blog yang saya buat sendiri, saya juga ikut beberapa web bersama yang merupakan bagian dari fasilitas online d’BC Network, khususnya jaringan Mba Dini Shanti sebagai co-founder. Web bersama ini adalah web yang pengisian artikelnya dilakukan secara bersama-sama oleh member-member d’BC Network yang aktif sebagai salah satu cara berpromosi untuk menjaring prospek.

Belum lagi aktivitas online lain seperti aktif di social media, mengikuti berbagai training online dan webinar, prospekting online melalui email dan chatting, serta membina sekitar 200 dowline di jaringan saya yang tersebar mulai dari Pulau Batam, Pekanbaru, Medan, Palembang, Bengkulu, Lampung, Jakarta, Bandung, Bogor, Semarang, Solo, Yogyakarta, Malang, Sidoarjo, Surabaya, Denpasar Bali hingga Manggarai di Nusa Tenggara Timur.

Kelihatannya kerja mudah tapi cukup menyita waktu.

Kalo lihat lagi review tahun 2011 yang saya buat di awal tahun ini, semua target yang saya buat di tahun 2012 tak ada satupun yang tercapai. Keinginan saya untuk bisa mencapai level Senior Manager di tahun ini juga gagal tercapai. Begitu juga dengan target meningkatkan penjualan kedua toko online saya, bidadari shop dan butik jarik pun tidak berhasil.

Kegagalan ini tidak lain karena kesalahan saya sendiri. Kurang optimal dalam berusaha, kurang disiplin, dan yang utama kurang sedekah dan berdoa. Suka menjadikan kesibukan mengurus anak dan rumah sebagai alasan capek. Padahal mah males aja.

Tahun 2013 tinggal menghitung hari. Walaupun saya tidak pernah ikut serta merayakan pergantian tahun baru masehi, tapi saya berharap di tahun depan saya bisa mencapai hal-hal yang belum saya capai di tahun 2012 ini.

Amiiin ya robbal ‘alamiin.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *