Hasil UTS Hanum dan Zhafif

Hari ini hasil UTS Hanum sudah dibagikan semua. Alhamdulillah, Hanum yang sekarang duduk di bangku kelas 2 SDN Pulogebang 05 Jakarta memperoleh nilai yang bagus. Nilainya di atas 90 untuk semua mata pelajaran kecuali PKN, dapet nilai 100.

Wooow… hebat juga yaa anakku 🙂

Ternyata secara teori Hanum calon warga negara yang baik hehehe…

Tapiii prakteknya mah, teteeeppp berantem mulu sama Zhafif setiap hari, padahal udah belajar tentang hidup rukun tuh di PKN.

hasil UTS

Nilai UTS sekolah Hanum

Sayangnya nilai-nilai UTS mengaji Hanum ga sebagus nilai-nilai di sekolah. Hanum yang duduk di TPQ B memperoleh nilai paling tinggi 7 pada pelajaran Tahsinul Kitabah dan Tariksh Islam, pelajaran lainnya rata-rata 6,5. Bahkan pelajaran Bahasa Arab cuma dapet nilai 5,5.

Hasil UTS ngaji

Hasil UTS mengaji Hanum

Yaahh, belajarnya ga maksimal sih. Ini karena UTS mengaji berbarengan waktunya dengan UTS sekolah, dimana Hanum lebih mengutamakan belajar soal-soal latihan ulangan untuk pelajaran di sekolah dibanding pelajaran mengaji.

Kebalik ya? Padahal kata ustadz belajar mengaji itu hukumnya wajib ‘ain yang artinya diharuskan untuk semua muslim, sementara belajar pengetahuan umum itu hukumnya fardhu kifayah.

Gapapa deh, supaya tetep dapat pahala, belajar di sekolah diniatkan sebagai ibadah, buat bekal masa depan Hanum juga.

Sementara itu Zhafif yang masih duduk di  kelompok B TK Husnayain, ga ada UTS pastinya. Tapi di tempat mengaji, Zhafif yang masih TPQ A berhasil mengikuti UTS pertamanya dengan sukses. Zhafif bisa dapat 10 pada pelajaran Ibadah Syari’ah.

Hasil UTS Zhafif

Hasil UTS Zhafif

Semula saya agak khawatir gimana Zhafif bisa mengerjakan soal-soal UTS karena Zhafif belum bisa baca tulis. Membaca dengan dieja mungkin bisa sedikit-sedikit. Tapi tidak dengan menulis, baik itu huruf latin ataupun huruf hijaiyah.

Beruntung, ibu guru ngajinya membantu dengan membacakan soal-soal ulangan dan Zhafif menjawab berdasarkan daya ingatnya semata. Apa yang Zhafif pelajari di kelas rupanya nempel juga di otaknya. Terbukti walopun ga belajar, Zhafif bisa mengerjakan soal UTS dengan bantuan ibu gurunya.

Belajar yang rajin ya Hanum … Zhafif…

Belajar dengan baik di sekolah maupun di pengajian. Biar jadi anak-anak yang pinter dan sholeh sholehah. Dan saat dewasa nanti kalian menjadi manusia bertakwa yang bermanfaat buat orang banyak.

Doa ibu selalu menyertai.

 

 

Leave a Reply