Sayur Asem Enak

by mbaratna on September 20, 2012

Bagi saya memasak sayur asem itu gampang-gampang susah. Saya jarang sekali membuat sayur asem di rumah. Soalnya ga laku, ga ada yang makan. Mungkin karena rasanya yang ga enak. Kadang terlalu asem atau malah tidak berasa asem sama sekali. Jadi lebih mirip sayur bening.

Pernah sekali waktu coba pake bumbu siap pakai eeh malah kaya rawon karena kuahnya butek hihi…

Kalo kata ayah saya mah rasanya “munyang manying” teu puguh hahaha…

Tapi hari ini saya akhirnya berhasil loh. Horeeee ….

Selama 8 tahun menikah baru kali ini saya bisa membuat sayur asem yang beneran enak.  Rasanya seperti sayur asem di rumah-rumah makan terkenal itu looh. Asemnya seger, bumbunya pas di lidah. Baru deh pede menyebut diri orang Sunda hehe…

Dengan bahan-bahan sayur asem seharga 3000 perak yang saya beli di tukang sayur langganan, ditambah bumbu-bumbu pelengkap yang tersedia di dapur, jadi deh sepanci sayur asem yang menggugah selera makan saya tadi siang.

Temen makannya sih cuma ada ikan jambal asin goreng dan sambal terasi, tapi suami saya sampai nambah dua kali. Wuiihhh senengnyaa…. capek masak jadi hilang seketika hehe…

Resepnya? Pasti ga aneh sih yaa… wong cuma sayur asem aja. Segitu aja bangga hihi…

Sayur Asem Enak

sayur asem enak

 

Bahan:
1 kantong plastik bahan sayur asem terdiri dari labu siam, pepaya muda, kacang panjang, melinjo, daun melinjo, cuci dan siangi, sisihkan
1 buah jagung manis, dipotong-potong
2 buah asem segar, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun salam

Bumbu yang dihaluskan:
5 buah bawang merah
2 buah cabai merah besar
1 sdm kacang tanah
1 sdt terasi
1 sdm gula merah
½ sdt udang kering
garam secukupnya

Cara Membuat :

  • Rebus terlebih dahulu bahan-bahan sayuran yang agak keras seperti melinjo, labu siam, pepaya muda dan jagung.
  • Setelah matang masukkan daun melinjo dan kacang panjang.
  • Masukkan bumbu halus, lengkuas, asem dan daun salam.
  • Masak sebentar hingga matang.
  • Sajikan hangat.

Selamat makan yaaa :)

{ 3 comments… read them below or add one }

Ilham September 24, 2012 at 9:24 pm

mmm…pasti enak dan seger banget dimakan siang2… saya juga suka sayur asem. :)
Ilham´s last blog post ..Pola Hidup Sehat

Reply

nia April 23, 2013 at 6:26 pm

Kacang tanah + ebinya digoreng dulu atau mentah yah mbak? Trm ksh

Reply

mbaratna April 26, 2013 at 12:19 pm

@nia, masih mentah mba

Reply

Leave a Comment

CommentLuv badge

Previous post:

Next post: