Berlatih Menulis Yuk

Menulis adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang pelaku bisnis online. Sebab melalui media tulisan sesorang bisa menyampaikan ide, produk atau jasa yang ditawarkan kepada orang lain di dunia maya.

Kemampuan menulis bukan hanya bakat yang dimiliki seseorang tetapi bisa dibentuk dengan cara dilatih terus menerus. Rajin membaca berbagai jenis topik bacaan juga dapat mengasah kemampuan menulis seseorang.

Bagi saya, menemukan sebuah ide lalu menuangkannya dalam sebuah tulisan itu susah-susah gampang. Susah kalo pikiran lagi mumet, pusing, stres apalagi sedang PMS :p

Dijamin buntu deh.

Sebaliknya ide itu kadang muncul begitu aja kala saya lagi santai, lagi nongkrong di kamar mandi atau malah lagi “momotoran”. Namun yang tersulit adalah merealisasikannya.

Begitu ide muncul disaat saya tidak dalam kondisi yang memungkinkan untuk menulis, saya terpaksa menundanya. Dan saat saya sudah siap menulis depan komputer, selalu ada aja gangguannya. Entah itu lupa apa yang mau ditulis, koneksi internet mendadak lelet, atau rasa kantuk yang selalu datang saat saya mulai menulis.

Kacau abis dah 🙂

Jadilah kegiatan menulis itu bisa butuh waktu berhari-hari sampai akhirnya jadi dan siap publish :p

Contohnya aja artikel tentang berlatih menulis ini. Saya mendapatkan idenya sudah seminggu lalu. Rasanya kalimat demi kalimat yang akan saya tuliskan sudah memenuhi kepala saya. Tapi sayangnya saya belum menemukan waktu untuk segera menuliskannya hingga dua hari yang lalu. Dan baru sekarang saya bisa menyelesaikannya sampai tuntas.

Berlatih menulis sebaiknya dilakukan secara terus menerus dengan konsisten. Hal ini tidak mudah bagi saya mengingat waktu saya untuk duduk manis depan komputer makin lama semakin berkurang. belajar bisnis online

Kalo waktu awal saya bikin blog ini bisa menulis 2 sampai 3 artikel per minggu. Sekarang saya hanya mampu menulis 3 artikel atau paling banyak 4 artikel setiap bulannya. Belum lagi menulis untuk blog-blog saya yang lain.

Jauh banget dengan Mba Dini Shanti, salah seorang upline saya di Oriflame, yang dalam satu bulan bisa membuat 18 website lengkap!

Pantas memang kalo Mba Dini itu disebut sebagai ibu rumah tangga yang sudah terbukti sukses di bisnis online. Penghasilannya dari Oriflame saja sudah luar biasa fantastis. Dengan level saat ini sebagai Gold Executive Director, sudah mendapatkan cash award 210 juta ditambah mobil BMW X1 gratis, plus perjalanan ke luar negeri gratis hingga 2 kali dalam setahun. Belum lagi bonus bulanannya yang bisa mencapai 100 juta per bulan.

Wuiihh mantaps boo!!

Halah…ini malah ngelantur kemana-mana hihi…

Padahal niat awalnya menulis ini adalah mengajak downline-downline saya di Oriflame, terutama mereka yang sudah memiliki blog, untuk berlatih menulis sesering mungkin.

Ada beberapa tips yang ingin saya bagikan untuk membiasakan diri berlatih menulis.

Pertama, cari tema atau topik yang disukai. Misalnya menulis tentang diri sendiri, keluarga atau hobi. Hal ini bisa memudahkan untuk menemukan ide tentang apa yang akan ditulis. Banyak hal dari kegiatan keseharian yang bisa diceritakan dan dijadikan bahan tulisan.

Kedua, gunakan gaya bahasa tulisan sederhana yang mudah dimengerti. Hindari penggunaan cara penulisan alay dan singkatan karena selain tidak nyaman dibaca juga kurang baik dari segi optimasi SEO. Gunakan kalimat-kalimat pendek untuk memberi pembaca kesempatan mengambil nafas.

Ketiga, baca lagi berulang-ulang sebelum dipublish. Minta bantuan orang lain untuk mereview untuk menghindari kesalahan dalam penulisan.

Untuk keperluan SEO, sebelum menulis memang sebaiknya dilakukan riset kata kunci. Namun hal ini belum terbiasa saya lakukan. Padahal di Cafebisnis, sudah diajarkan riset kata kunci lengkap dengan tools-toolsnya yang bisa membantu menaikkan posisi web di mesin pencari.

Ah, sudah azan subuh nih. Saya harus berhenti sekarang. Lain kali kita sambung lagi ya 🙂

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply