Zhafif Belajar Puasa

Mengajari Zhafif puasa pertama kali ternyata lebih sulit dibanding saat saya mengajari Hanum. Hingga hari keenam puasa, Zhafif baru mau puasa satu kali. Itupun puasa ga sengaja karena Zhafif asik main sepulang sekolah hingga lupa makan 😀

Saya sampai googling artikel mengenai tips mengajari anak berpuasa untuk mencari cara yang pas agar Zhafif mau puasa karena keinginannya sendiri. Dan cara yang paling ampuh adalah dengan memberinya iming-iming hadiah tambahan uang jajan :p

Mengajari Zhafif berpuasa bukan hanya melatih kesabaran bagi Zhafif  tapi lebih kepada pembelajaran terhadap diri saya sendiri. Saya sering ga sabaran menghadapi tingkah laku Zhafif yang “luaarrr biasaaa”. Tiada hari tanpa ngomel deh pokoknya. Nah, dengan berpuasa saya diharuskan lebih bisa bersabar lagi.

Tapi sebetulnya saya tau banget, bukan anak-anak yang bertingkah laku buruk melainkan saya sebagai orang dewasa yang tidak mampu menahan diri menghadapi mereka. Ini ada kaitannya dengan berbagai masalah bisnis yang sedang saya hadapi sekarang. Saya jadi mudah terbawa emosi. Walopun saya mencoba tetap semangat, akibat dari masalah tersebut sedikit banyak berpengaruh terhadap sikap saya kepada anak-anak.

Laahh… mau cerita Zhafif puasa eh ko malah curcol 😀

Biarin deh.

Mumpung lagi di bulan Ramadhan yang penuh berkah nih, kata ustadz juga doanya orang yang berpuasa itu mustajab banget. Saya juga mau banyak-banyakin doa. Saya berharap dan berdoa memohon petunjuk Allah SWT bagaimana menyelesaikan masalah saya. Saya berdoa semoga Allah mengabulkan semua pengharapan saya. Saya yakin bahwa Allah selalu memberikan jalan terbaik bagi saya.

Amiin ya robbal ‘alamin

 

 

 

3 thoughts on “Zhafif Belajar Puasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *